Lama Penetasan Telur Itik

Posted on

Telur adalah salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi sebagai menu sarapan atau sebagai bahan utama dalam berbagai hidangan. Agar telur tetap segar dan bisa bertahan lebih lama, kita harus menyimpannya dengan benar di dalam lemari es.

Berapa Lama Sebaiknya Telur Disimpan di Dalam Lemari Es?

telur dan kaleng cat

Meskipun telur memiliki kulit keras di bagian luar, namun ada kemungkinan kuman bisa masuk ke dalamnya melalui pori-pori kulit tersebut. Oleh karena itu, kita perlu menyimpan telur di dalam lemari es agar bisa lebih awet dan tidak cepat rusak.

Telur sendiri sebenarnya memiliki jangka waktu kadaluarsa yang dibedakan berdasarkan cara memasaknya. Telur mentah atau yang belum dimasak memiliki umur simpan yang lebih pendek daripada telur yang sudah direbus atau dijadikan omelet. Berikut adalah estimasi jangka waktu penyimpanan telur yang disarankan:

  • Telur mentah: 3 – 5 minggu
  • Telur rebus: 1 minggu
  • Telur goreng atau dijadikan omelet: 2 – 3 hari

Estimasi tersebut tentunya dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi penyimpanan, seperti suhu lemari es, kelembaban, dan kebersihan wadah tempat menyimpan telur. Selain itu, kita juga sebaiknya menghindari menyimpan telur bersama dengan bahan makanan atau minuman yang mengandung aroma kuat atau tajam, karena telur dapat menyerap aroma tersebut.

Cara Membedakan Telur Segar dan Telur Tidak Segar

telur segar dan telur tidak segar

Membedakan telur segar dan tidak segar juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kita. Telur segar umumnya memiliki kulit luar yang rapat dan lentur, sedangkan telur yang sudah tidak segar akan terasa ringkih saat dipegang. Selain itu, kita juga bisa mencoba memasukkan telur ke dalam wadah air:

  • Telur segar akan tenggelam di dalam air dan berada di dasar wadah dengan posisi horizontal.
  • Telur yang sudah agak tidak segar akan mengambang dalam air dengan ujung yang menyatu ke atas.
  • Telur yang sudah tidak segar akan mengambang dengan ujung yang menyatu ke atas.
Baca juga  Ayam Suniaratu

Jika kita sudah mencoba cara tersebut namun masih ragu, sebaiknya tidak mengonsumsi telur tersebut agar terhindar dari risiko kesehatan.

Bagaimana Cara Menyimpan Telur dengan Benar?

wadah penyimpanan telur

Berikut adalah beberapa tips cara menyimpan telur dengan benar di dalam lemari es:

  • Simpan telur dalam wadah yang bersih dan kering, sebaiknya yang memiliki aturan khusus penyimpanan telur.
  • Simpan telur dengan posisi pointy end atau ujung yang runcing menghadap ke bawah. Hal ini bisa membantu menjaga kualitas telur karena cairan di dalamnya akan terdistribusi secara merata.
  • Simpan telur di dalam bagian lemari es yang tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu ideal untuk menyimpan telur adalah antara 4 – 7 derajat Celsius.
  • Hindari menyimpan telur bersama dengan bahan makanan atau minuman yang memiliki aroma kuat atau tajam.
  • Pastikan wadah penyimpanan telur selalu dalam keadaan bersih dan kering. Jika ditemukan cairan atau noda pada wadah tersebut, sebaiknya segera dibersihkan.

Dengan mengikuti tips di atas, kita bisa memperpanjang umur simpan telur dan menjaga kualitasnya. Selalu periksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan telur sebelum membeli dan gunakan telur yang sudah tidak layak konsumsi dengan baik.

Itulah beberapa informasi penting mengenai berapa lama sebaiknya telur disimpan di dalam lemari es dan bagaimana cara menyimpannya dengan benar. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua dalam menjaga kesehatan dan kesegaran bahan makanan di rumah.

Simak postingan lainnya seputar Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *