Kandungan bawang putih

8 Kandungan bawang putih dan manfaatnya untuk kesehatan

tanaman
Kandungan bawang putih
image: pixabay.com

Kandungan bawang putih yang sangat luar biasa serta manfaatnya untuk kesehatan yang cukup mengagumkan termasuk mencegah kanker dan penyakit jantung.

Bawang putih adalah bumbu dapur yang yang paling dikenal terutama oleh ibu-ibu. Bukan hanya berguna sebagai penyedap makanan, ternyata bawang putih juga memiliki banyak manfaat dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Kandungan bawang putih

Bawang putih telah lama digunakan selama berabad-abad yang lalu di beberapa negara seperti Eropa, Asia dan Afrika. Bumbu dapur ini memang menjadi salah satu penyedap makanan yang yang paling terkenal. Lantas tahukah Anda apa saja kandungan bawang putih sehingga membuatnya begitu terkenal?. Berikut ulasannya untuk anda:

1. Mengandung betakaroten

Kandungan bawang putih yang pertama adalah betakaroten. Betakaroten merupakan nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mata. Hal ini dikarenakan betakaroten merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk meningkatkan produksi vitamin A. Vitamin A merupakan nutrisi penting untuk mata yang berguna menjaga kesehatannya plus berperan sebagai antioksidan. Antioksidan berguna melindungi mata dari kerusakan dan efek merugikan lainnya.

2. Mengandung kalsium

Pastinya anda tidak asing dengan nutrisi yang satu ini. Ya kalsium memang menjadi salah satu nutrisi paling terkenal. Hal ini dikarenakan kalsium sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang. Jika Anda berniat untuk mencegah resiko penyakit osteoporosis mengambil asupan kalsium yang cukup sangat dianjurkan. Salah satu langkah yang bisa Anda coba adalah dengan mengkonsumsi bawang putih. Jika anda tidak suka dengan rasanya nya mungkin menambahkannya ke dalam masakan bisa menjadi pilihan yang baik.

3. Terdapat beberapa zat besi

Mungkin bawang putih bukan sumber utama zat besi akan tetapi mengkonsumsinya secara rutin bisa menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda. Zat besi adalah mineral yang sangat penting sekali terutama dalam menciptakan sel darah merah. Sel darah merah yang cukup dapat memastikan tubuh anda mendapatkan Oksigen yang baik. Jadi dengan mencukupi kebutuhan zat besi maka kesehatan anda secara keseluruhan akan terjaga dengan baik.

4. Mengandung protein

Protein adalah nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan massa otot. Bawang putih mengandung beberapa protein meskipun jumlahnya mungkin tidak terlalu banyak. Konsumsi bawang putih secara rutin akan membantu Anda meningkatkan asupan protein nabati. Protein jenis ini relatif lebih baik karena memiliki efek samping lebih rendah dibandingkan protein hewani.

5. Mengandung tinggi vitamin C

Mengkonsumsi bawang putih secara rutin sering dikaitkan dengan peningkatan sistem imun tubuh. Hal ini bukannya tanpa alasan, karena di dalam bawang putih terkandung vitamin C yang merupakan nutrisi utama untuk meningkatkan sistem imun. Sistem imun yang kuat membuat tubuh anda menjadi lebih mampu dalam menangkis serangan dari virus atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

6. Mengandung kalium

Dalam bawang putih berukuran 100 g setidaknya mengandung sekitar 401 mg kalium. Kalium adalah nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kalium diketahui dapat membantu menstabilkan Irama jantung sehingga mencegah dari berbagai macam penyakit kardiovaskular. Untuk itu konsumsi bawang putih yang cukup sangat penting sekali untuk membuat jantung anda bekerja dengan baik.

7. Mengandung enzim alami

Beberapa kandungan enzim alami yang terdapat dalam bawang putih berguna meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga sangat baik untuk menunjang kesehatan anda secara keseluruhan. Bagi Anda yang sering mengalami masalah pada metabolisme tidak ada salahnya untuk menambahkan bawang putih ke dalam resep sehat harian Anda.

8. Mengandung asam folat

Kandungan bawang putih yang tidak kalah penting adalah asam folat asam folat merupakan jenis vitamin B9 yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil. Memenuhi kebutuhan asam folat harian sering dikaitkan dengan rendahnya resiko bayi lahir cacat. Meskipun demikian, bagi ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengambil bawang putih dalam jumlah yang banyak. Hal ini bertujuan untuk mencegah efek samping bawang putih yang mungkin bisa ditimbulkan terhadap ibu hamil.

Manfaat bawang putih

Melihat dari kandungan bawang putih di atas pastinya kita akan bisa menebak jika rempah yang satu ini memiliki banyak manfaat. Nah bagi Anda yang penasaran berikut informasi mengenai manfaat bawang putih untuk kesehatan:

Menurunkan kolesterol

Bawang putih disebut-sebut dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan saat mengkonsumsi bawang putih maka LDL akan berkurang hingga 15%. LDL merupakan jenis kolesterol jahat yang biasanya berefek sangat merugikan bagi tubuh. Salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol adalah penyakit jantung.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada kesehatan. Untungnya di antara kandungan bawang putih yang cukup baik adalah terdapatnya kalium di dalamnya. Kalium berfungsi menstabilkan tekanan darah sehingga mencegah beberapa jenis penyakit seperti jantung dan stroke. Bagi Anda yang sedang berjuang dengan penyakit darah tinggi tidak ada salahnya dengan rutin mengkonsumsi bawang putih tentunya dengan dosis yang sesuai.

Obat bagi infeksi paru-paru

Cukup mengejutkan jika bumbu dapur yang satu ini ternyata dapat mengobati penyakit infeksi paru-paru tetapi Kenyataannya memang di dalam bawang putih terdapat beberapa zat antimikroba dan antibakteri yang yang bisa meringankan penyakit infeksi paru-paru. Meskipun demikian, untuk melihat sejauh mana tingkat keefektifan bawang putih dalam mengobati infeksi paru-paru perlu diteliti lebih lanjut. Agar nantinya pengobatan menggunakan bawang putih bisa diterapkan secara luas untuk penyakit tersebut.

Mencegah penyakit kanker

Jika Anda mendengar penyakit kanker pastinya akan terbayang sebuah penyakit yang mematikan. Ya kanker memang menjadi salah satu momok paling menakutkan karena penyakit ini memang cukup sulit untuk disembuhkan secara total. Meskipun demikian, sebenarnya penyakit kanker bisa dicegah, salah satunya dengan mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih diketahui memang memiliki beberapa senyawa yang berguna mencegah beberapa jenis kanker termasuk kanker payudara.

Mencegah penyakit alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah jenis penyakit yang sering dialami oleh mereka yang memasuki usia lanjut. Penyakit Alzheimer umumnya disebabkan oleh oksidatif yang tidak terkontrol. Anda bisa mencegah penyakit alzheimer dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi antioksidan termasuk bawang putih. Kandungan vitamin yang lengkap dalam bawang putih termasuk betakaroten dan vitamin C berperan penting sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit Alzheimer.

Meningkatkan imunitas

Salah satu kandungan bawang putih yang cukup baik adalah Vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan penting yang berguna melindungi tubuh dari efek merugikan radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin C dalam bawang putih juga berperan meningkatkan sistem imun tubuh. Itu artinya dengan rutin mengkonsumsi bawang putih akan membuat anda tidak mudah sakit.

Mengobati sinusitis

Efek antibakteri yang dimiliki oleh bawang putih berperan aktif dalam mengobati penyakit sinusitis. Penyakit ini merupakan salah satu gangguan pernapasan yang cukup mengganggu aktivitas seseorang. Dengan mengkonsumsi bawang putih akan membuat nafas menjadi lebih lega terutama saat seseorang terkena sinusitis.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai kandungan bawang putih serta manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan.