Manfaat buah raspberry untuk kesehatan
image from freegreatpicture.com

17 Manfaat buah raspberry untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Posted on
Manfaat buah raspberry untuk kesehatan
image from freegreatpicture.com

Manfaat buah raspberry untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat menakjubkan. Raspberry kaya akan kandungan vitamin, antioksidan, senyawa fenolik, dan juga serat makanan. Buah ini memiliki rasa yang sangat lezat dan juga manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan beberapa antioksidan penting dalam buah raspberry berperan dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit kanker dan virus.

Minyak dari buah raspberry bahkan sering digunakan sebagai pelindung kulit dari sengatan sinar matahari. Buah raspberry memiliki rasa manis dan mudah meleleh di lidah karena karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang benar-benar manis. Meskipun secara umum buah raspberry memiliki warna merah akan tetapi kadang ada beberapa jenis raspberry yang memiliki warna sedikit ungu, pink, kuning, oranye, bahkan putih.

Kandungan nutrisi buah raspberry

Buah raspberry memiliki sejumlah antioksidan polifenol yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita rasberry makan tergolong sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan serat tertinggi. Kandungan serat dalam raspberry mencapai 20% dari berat buah tersebut. كيف تربح في مراهنات كرة القدم

Raspberry juga sumber vitamin C, mangan, zat besi, asam folat, vitamin B, tembaga, asam ellagic, anthocyanin, asam gallic, quercetin, sianidin, katekin, pelargonidin, kaempferol, dan asam salisilat. Namun beberapa jenis raspberry seperti yang berwarna kuning dan pucat memiliki konsentrasi antioksidan yang lebih rendah dibandingkan yang berwarna merah. Dengan kandungan antioksidannya yang lengkap tersebut menjadikan buah raspberry sebagai salah satu makanan untuk melawan kanker.

Manfaat buah raspberry untuk kesehatan

Berapa manfaat buah raspberry untuk kesehatan diantaranya:

1. Membantu menurunkan berat badan

Buah raspberry mengandung tinggi serat dan kaya akan kandungan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan saat menjalani diet. Dengan kandungan seratnya yang mencapai 20% dari berat buahnya menjadikan buah raspberry sebagai salah satu jenis buah diet sehat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat dapat membantu mencegah sembelit dan perut buncit. Jadi serat adalah komponen yang sangat berharga dalam menjalani program diet.

Baca juga  Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Baca Lengkapnya!

2. Membantu mencegah keriput

Manfaat buah raspberry untuk kecantikan wajah anda adalah membantu mengurangi keriput. Buah raspberry bertindak sebagai agen anti penuaan alami yang melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan polusi yang dapat membahayakan kesehatan kulit anda. Dengan cara mengurangi keriput dengan mengkonsumsi buah raspberry maka wajah anda akan terlihat awet muda. Buah raspberry mengandung vitamin C yang juga berguna menjaga elastisitas kulit anda sekaligus membantu meningkatkan regenarasi sel.

3. Mencegah degenerasi makula

Selain mengurangi keriput salah satu manfaat buah raspberry untuk mencegah penuaan adalah memperkecil resiko degenerasi makula. Mengkonsumsi 1 porsi buah raspberry segar setiap harinya terbukti dapat membantu mengurangi resiko degenerasi makula. Degenerasi makula merupakan kondisi medis di mana penglihatan seseorang mulai menurun seiring bertambahnya usia. العاب كازينو مجاني Degenerasi makula terjadi akibat hilangnya penglihatan pada titik tengah medan visual yang disebabkan oleh kerusakan pada retina.

Buah raspberry dapat mencegah degenerasi makula karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat lengkap. Antioksidan merupakan senyawa penting yang berguna melindungi retina dari kerusakan.

4. Mencegah kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa buah raspberry memiliki sifat antikanker yang sangat kuat. Dalam penelitian tersebut mengungkap bahwa buah raspberry dapat menghambat proliferasi sel kanker dan perkembangan tumor di berbagai bagian tubuh termasuk di usus besar.

Manfaat raspberry untuk kesehatan ini didapat dari kandungan antioksidannya seperti asam ellagic. Senyawa ini merupakan komponen fitonutrien dari buah raspberry dengan zat kunci seperti kaempferol, kuersetin dan molekul berbasis sianidin. Di mana beberapa senyawa tersebut ditemukan pada warna alami yang dimiliki raspberry.

5. Mencegah infeksi

Kandungan antosianin dalam rasberry bertanggung jawab atas sifat antioksidan dan sifat antimikroba yang dimilikinya. Dengan mengkonsumsi buah raspberry secara rutin akan membantu anda mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur berlebih di dalam tubuh. Pertumbuhan bakteri sering menyebabkan infeksi pada miss v yang kadang bahkan dapat menyebabkan IBS (Irritable Bowel Syndrome). Selain itu buah raspberry juga mengandung tinggi vitamin C yang dapat menjaga tubuh kita dari serangan virus dan bakteri.

Baca juga  Manfaat Kacang Tanah Rebus yang Sayang Jika Dilewatkan. Check It!

6. Meningkatkan kesehatan tubuh secara optimal

Beberapa jenis buah termasuk blackberry raspberry, dan buah anggur mengandung enzim yang disebut metalloproteinase. Enzim ini sangat penting dalam pengembangan dan renovasi jaringan sehingga jika tubuh kita mengalami masalah maka beberapa enzim tersebut dapat bertindak sebagai katalisator untuk memperbaiki nya. Selain itu, kandungan nutrisi yang lengkap di buah raspberry seperti riboflavin, asam folat, magnesium, mangan, niasin, kalium, dan tembaga yang tinggi akan membuat tubuh anda mendapatkan kecukupan nutrisi. Dengan nutrisi yang cukup maka kesehatan anda bisa terjaga dengan baik.

7. Baik untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui

Raspberry mengandung asam folat cukup tinggi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Asam folat berguna untuk menciptakan sel yang mencegah cacat pada pada bayi. Sedangkan beberapa nutrisi penting lainnya dalam rasberry membantu melancarkan produksi ASI ibu menyusui. Selain itu buah raspberry juga membantu dalam proses persalinan sekaligus mengurangi rasa mual pada awal masa kehamilan. bet 365

8. Melancarkan siklus menstruasi

Buah raspberry bisa dimanfaatkan sebagai teh herbal yang berguna mengatur siklus menstruasi. Selain melancarkan, salah satu manfaat raspberry untuk wanita adalah mencegah menstruasi yang tidak normal.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Raspberry kaya akan kandungan antioksidan dan juga fitonutrien penting. Senyawa tersebut berguna memperkuat sistem kekebalan tubuh sekaligus membantu tubuh dalam melawan serangan penyakit. Tidak berhenti sampai di situ, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah raspberry juga menjadi pelindung tambahan bagi tubuh dalam melawan serangan bakteri dan virus yang dapat merugikan kesehatan.

10. Sumber nutrisi yang melimpah

Dalam buah raspberry terdapat beberapa kandungan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh diantaranya seperti fitonutrien, antioksidan, vitamin B, vitamin C, niasin, asam folat, magnesium, kalium, riboflavin dan masih banyak lagi. Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, sangat dianjurkan mencukupi kebutuhan nutrisi mereka salah satunya mungkin bisa dengan mengkonsumsi buah raspberry secara rutin.

Baca juga  Manfaat Jamu Kunir Asem Untuk Kesehatan Tubuh, Check It!

11. Sumber serat makanan

Buah raspberry setidaknya mengandung sekitar 20% serat makanan dari berat buahnya. Serat makanan berguna mengatur pergerakan khusus untuk membuang kotoran. Kekurangan serat dapat mengakibatkan masalah kesehatan pencernaan seperti sembelit bahkan mengarah pada kanker usus besar.

12. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

Buah raspberry mengandung kalium dan serat yang ke-2 nutrisi tersebut sangat baik untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular anda. Kalian bertindak sebagai penyeimbang tekanan darah dan menstabilkan detak jantung. Sedangkan serat makanan berguna menurunkan kolesterol yang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Selain di atas, raspberry masih ada beberapa manfaat raspberry untuk kesehatan yang lainnya beberapa di antaranya adalah:

13. Mengurangi risiko penyakit diabetes
14. Sumber energi tubuh
15. Meningkatkan kesehatan mata
16. Membantu proses metabolisme tubuh
17. Mencegah kerusakan organ hati
18. Membantu pengeluaran limbah dari dalam tubuh
19. Melawan efek buruk radikal bebas
20. Meningkatkan kesehatan kulit anda

Demikian tadi daftar mengenai manfaat buah raspberry untuk kesehatan, selain di atas tentu masih ada banyak lagi manfaat buah raspberry yang belum tercatat dalam artikel ini.