Jurnal Telur

Posted on

Tidak dapat dipungkiri, telur merupakan makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain karena harganya yang terjangkau, kandungan nutrisi pada telur juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat telur, jangan lewatkan Jurnal Telur yang tersedia dalam format PDF.

Asupan Nutrisi pada Telur

gambar telur

Telur mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Setiap butir telur mengandung kadar protein mencapai 6 gram, vitamin B12, riboflavin, folat, serta mineral seperti selenium, besi, dan fosfor. Dalam satu telur juga terdapat lemak sehat berupa lemak tak jenuh sebesar 3,7 gram, yang merupakan sumber energi bagi tubuh.

Manfaat Telur untuk Kesehatan Tubuh

Selain mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, telur juga memiliki beragam manfaat kesehatan, di antaranya:

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Telur mengandung seng dan vitamin A, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, maka tubuh kita dapat lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit.
  • Meningkatkan Kesehatan Mata: Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam telur dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kedua nutrisi tersebut merupakan antioksidan yang baik untuk melindungi jaringan mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan radikal bebas.
  • Meningkatkan Kesehatan Jantung: Asupan kolesterol pada telur memang terbilang cukup tinggi, namun demikian, kolesterol dalam telur sebagian besar adalah kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) cholesterol. Sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi jantung dari berbagai macam penyakit.

Cara Konsumsi Telur yang Baik

Meski kandungan nutrisi dalam telur sangat bermanfaat bagi tubuh, namun cara pengolahan dan konsumsinya juga harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa cara konsumsi telur yang baik:

Baca juga  Telur Ayam Leghorn
  • Konsumsi Telur Mentah Tidak Direkomendasikan: Telur mentah dapat membawa risiko infeksi bakteri, seperti Salmonella. Oleh karena itu, telur sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
  • Konsumsi Telur Setengah Matang atau Matang Sempurna: Telur yang dimasak setengah matang atau matang sempurna lebih aman untuk dikonsumsi, karena bakteri yang terkandung di dalamnya akan mati saat proses pemasakan.
  • Pilih Telur dari Peternakan yang Terpercaya: Telur dari peternakan yang terpercaya memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih aman untuk dikonsumsi.

Kesimpulan

Telur merupakan makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi pada telur seperti protein, vitamin, dan mineral dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan meningkatkan kesehatan jantung. Namun, perlu diingat bahwa cara pengolahan dan konsumsinya juga harus diperhatikan agar telur tidak membawa risiko terhadap kesehatan. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih telur dari peternakan yang terpercaya dan selalu memasaknya dengan baik sebelum dikonsumsi.

Baca artikel lainnya seputar Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *