Jamur Tudung Pengantin

Posted on

Hai Saudara-saudara, kalian pasti tahu dong apa itu jamur? Ya, itu lho, mahluk hidup yang memiliki bentuk yang aneh-aneh dan biasanya dimasak untuk menjadi makanan. Tapi, kali ini saya ingin ngomongin jamur dengan bentuk yang super duper unik, yaitu Jamur Tudung Pengantin!

Tampilan Jamur Tudung Pengantin

Jamur Tudung Pengantin

Keren banget kan tampilannya? Dari namanya aja udah jelas ye, kalau jamur ini bikin kita ingat sama pengantin. So, jamur ini sejenis jamur yang biasanya tumbuh di lingkungan yang lembab. Kelihatannya sih simple, tapi jamur ini sebenernya memiliki banyak sekali manfaat lho, di antaranya adalah sebagai obat dan bisa juga buat pengganti daging bagi yang vegetarian.

Mengolah Jamur Tudung Pengantin

Jamur Tudung Pengantin Diolah

Nah kalau udah tau manfaatnya, yuk kita liat bagaimana jamur ini diolah! Biasanya, masyarakat Tionghoa menggunakan jamur ini untuk membuat Kue Lakit, yaitu kue tradisional berbahan dasar tepung ketan yang diisi dengan Jamur Tudung Pengantin dan dimasak di atas daun pisang. Selain itu, jamur ini juga bisa dijadiin sate jamur atau tumis jamur. Kalian bisa coba sendiri di rumah nih buat masakin jamur ini.

Harus Hati-hati Saat Mengambil Jamur Ini

Jamur Tudung Pengantin Beracun?

Tapi, kalian harus hati-hati nih kalau mau ngambil jamur ini di alam. Karena beberapa waktu lalu sempat beredar foto yang memperlihatkan jamur ini ada versi yang beracun. Kalau jamur ini belum matang dan kena air, toksin dari dalam tubuh jamur ini masih bisa membuat perut kita terasa sakit. Jadi, pastikan kalian sudah mengenal betul bagaimana jamur ini berbentuk dan ada baiknya konsultasikan dengan orang yang sudah paham di bidang ini.

Baca juga  Kelompok Jamur Yang Sporanya Memiliki Flagel Adalah

Parahnya Harga Jamur Tudung Pengantin

Jamur Tudung Pengantin yang Mahal

Nah sekarang kita sampai pada topik yang menyedihkan. Siapa di sini yang suka masak? Pasti pernah dong lihat jamur ini di pasar-pasar tradisional atau supermarket. Nah, saking uniknya jamur ini membuat harganya jadi relatif mahal. Harganya bisa mencapai Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu per kgnya. Jadi kalau kalian pengen mencoba masak dengan jamur ini, mending mampir di pasar tradisional ya. Beli yang hamper busuk dengan harga yang terjangkau hehe.

Nah, begitulah serba serbi tentang Jamur Tudung Pengantin. Unik, lezat, bermanfaat, dan relatif mahal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa utamakan kehati-hatian ya kalau mau mencobanya.

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *