Penyakit Kubis Dan Obatnya

Posted on

Pertumbuhan tanaman dapat menjadi suatu hal yang sangat mengasyikan buat sebagian orang. Terkadang, kesenangan dalam menanam sebuah tanaman terhambat oleh munculnya berbagai macam penyakit. Salah satu contohnya pada tanaman kubis. Seperti apa saja sih penyakit yang biasa menyerang kubis dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita bahas lebih lanjut!

Hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman bukanlah hal yang asing lagi bagi para petani. Terkadang, para petani merasa sangat sulit untuk mencegah serta mengatasi masalah hama dan penyakit tersebut. Tapi, jangan khawatir! Kali ini kita akan membahas mengenai apa saja sih hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman kubis dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Penyakit karat pada kubis

Penyakit karat pada kubis disebabkan oleh cendawan paradigma yang menyerang jaringan tumbuhan kubis pada daun dan batang. Lalu bagaimana cara mengatasi penyakit karat pada kubis?

Untuk mengatasi penyakit karat pada kubis, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan pada tanaman kubis agar terhindar dari kelembapan serta kelembaban yang berlebihan. Selain itu, pemberian pupuk pokok pada kubis juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tanaman.

2. Penyakit busuk batang pada kubis

Penyakit busuk batang pada kubis disebabkan oleh cendawan pythium, phytophthora, dan rhizoctonia yang menyerang rimpang kubis. Dampak dari penyakit ini adalah kehancuran pada rimpang kubis, hal ini bisa mengakibatkan tanaman tidak tumbuh dengan optimal.

Untuk menghindari penyakit busuk batang pada kubis sebaiknya hindari penggunaan lahan yang sama untuk penanaman selama dua musim berturut – turut. Selain itu, perlu diperhatikan kualitas air yang di gunakan untuk memberi air pada tanaman, harus memenuhi standar dan tidak terkontaminasi oleh bakteri dan jamur.

Baca juga  Cara Menanam Sawi Putih

3. Penyakit bulai pada kubis

Penyakit bulai pada kubis disebabkan oleh beberapa jenis jamur yang menyerang tanaman kubis pada area batang dan daun. Dampak dari penyakit bulai pada kubis adalah terhambatnya proses fotosintesis yang menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi tidak optimal.

Untuk menghindari penyakit bulai pada kubis, perlu diperhatikan kedalaman penanaman bibit kubis yang ideal serta hindari penggunaan pupuk berlebihan. Selain itu, bisa juga diberikan cairan daun yang dibuat dari bahan-bahan alami untuk meningkatkan ketahanan tanaman.

4. Hama ulat pada kubis

Hama ulat pada kubis sangat merusak dan bisa menghambat pertumbuhan kubis secara signifikan. Hal ini disebabkan oleh ulat yang memakan jaringan pada daun kubis serta gagang buah.

Untuk menghindari hama ulat pada kubis, bisa diberikan insektisida yang di campur dengan cairan daun. Selain itu, perlu di perhatikan juga kualitas air yang digunakan untuk memberikan nutrisi pada tanaman kubis, air yang kurang baik kualitasnya bisa menyebabkan munculnya hama ulat pada kubis.

Nah, itulah tadi beberap hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman kubis. Semoga tips dan trik yang telah kami sajikan di atas bisa memberikan manfaat bagi para petani kubis di seluruh Indonesia. Yuk, jaga kebersihan tanaman kubis dan selamat mencoba!

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *