Jamur Tidak Beracun

Posted on

Ada banyak jenis jamur yang sangat nikmat untuk dimasak dan dihidangkan di atas meja makan. Namun, ternyata ada juga beberapa jenis jamur yang sebaiknya tidak kita konsumsi karena beracun dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Inilah 7 jenis jamur beracun yang harus dihindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jamur Amanita Phalloides

Jamur Amanita Phalloides

Jamur Amanita Phalloides merupakan jenis jamur beracun yang paling mematikan. Jamur ini umumnya ditemukan di hutan-hutan di wilayah Eropa, tetapi kini sudah menyebar ke seluruh dunia. Bahkan, hanya satu butir saja dari jamur ini bisa menyebabkan keracunan yang sangat fatal dan mematikan.

Jamur Cortinarius Rubellus

Jamur Cortinarius Rubellus

Jamur Cortinarius Rubellus umumnya ditemukan di daerah-daerah beriklim sedang atau dingin. Jamur ini cukup berbahaya dan seringkali ditemukan di hutan-hutan dan di padang rumput. Keracunan jamur ini bisa menyebabkan gangguan liver yang serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari jamur yang satu ini.

Jamur Amanita Muscaria

Jamur Amanita Muscaria

Jamur Amanita Muscaria memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik dengan warna cokelat yang cerah dan lingkaran putih besar yang menonjol di atasnya. Namun, jamur ini ternyata sangat berbahaya karena bisa menyebabkan keracunan yang cukup parah jika kita mengonsumsinya. Beberapa gejala keracunan yang muncul antara lain mual, muntah, diare, dan kejang-kejang.

Jamur Gyromitra

Jamur Gyromitra

Jamur Gyromitra umumnya tumbuh di daerah-daerah yang lembap seperti hutan dan daerah perkotaan. Jamur ini cukup berbahaya karena mengandung racun yang bisa menyebabkan kerusakan hati dan saraf-saraf. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menghindari jamur yang satu ini dan membatasi konsumsi jamur dalam jumlah yang wajar.

Baca juga  Jamur Multiseluler

Jamur Inocybe

Jamur Inocybe

Jamur Inocybe umumnya ditemukan di taman, kebun, dan hutan. Meskipun tidak seterkenal beberapa jenis jamur beracun lainnya, namun jamur ini memiliki racun yang cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kerusakan pada hati dan ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Jamur Paxillus Involutus

Jamur Paxillus Involutus

Jamur Paxillus Involutus umumnya ditemukan di hutan-hutan dan daerah beriklim sedang. Meskipun terlihat tidak berbahaya, namun jamur ini mengandung racun yang cukup kuat dan bisa menyebabkan kerusakan hati yang serius. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menghindari jamur yang satu ini dan membatasi konsumsi jamur dalam jumlah yang wajar.

Jamur Tricholoma Equestre

Jamur Tricholoma Equestre

Jamur Tricholoma Equestre umumnya ditemukan di hutan-hutan dan daerah yang lembap dengan kondisi tanah yang subur. Meskipun tidak seterkenal beberapa jenis jamur beracun lainnya, namun jamur ini mengandung racun yang cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kerusakan hati jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menghindari jamur yang satu ini dan membatasi konsumsi jamur dalam jumlah yang wajar.

Itulah 7 jenis jamur beracun yang sebaiknya tidak kita konsumsi. Sebagai penutup, jangan lupa selalu memeriksa keamanan dari jamur yang akan kita konsumsi dan hindari memakan jamur yang belum sepenuhnya matang karena dapat menyebabkan keracunan serius.

Baca postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *