Syarat Tumbuh Tomat

Posted on

Oi teman-teman, pernah nggak sih berkeinginan untuk tumbuh-tumbuhan sendiri di rumah? Kalau pernah, mungkin kamu perlu mengetahui beberapa tips agar tanaman yang kamu tanam bisa tumbuh dengan baik. Nah, kali ini, saya mau berbagi sedikit informasi tentang cara menumbuhkan tomat yang baik dan beragam jenisnya, supaya perut kalian nggak pernah kekurangan sumber vitamin C!

Pertama-tama, Kita Harus Kita Mengetahui Syarat Tumbuhnya Tomat!

Tomat

Tomat adalah tanaman menggemaskan yang bisa ditanam di dalam pot atau kebun. Agar tanaman tomat kita tumbuh dengan baik, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Pertama, suhu terbaik untuk menumbuhkan tomat adalah antara 20 hingga 30 derajat Celsius. Selain itu, tomat juga memerlukan penyinaran yang cukup, minimal 8 jam setiap harinya. Kita juga harus memilih jenis tanah yang gembur dan kaya unsur hara seperti pupuk organik agar tomat kita bisa tumbuh dengan baik.

Berbagai Jenis Varietas Tomat yang Banyak Ditemukan

Tomat Cerry

Pertama-tama, ada tomek ulet atau cherry tomato. Tomat kecil yang satu ini termasuk sebagai jenis tomat yang paling mudah ditemukan di pasar dan mudah tumbuh di dalam pot. Selain itu, cherry tomato juga memiliki kandungan asam amino dan serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain cherry tomato, ada juga pink tomato yang memiliki cita rasa yang manis karena kadar potasium dan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Pink tomato bisa tumbuh baik di iklim yang sedikit panas, dan sangat baik untuk dijadikan bahan baku masakan.

Baca juga  Terong Lucu

Kemudian, ada juga tomat Roma yang memiliki bentuk lonjong dan rasa yang manis. Tomat ini biasanya digunakan sebagai bahan baku masakan Italia. Untuk tumbuhnya, kita bisa menempatkannya di area yang mendapat cukup sinar matahari langsung.

Tak ketinggalan, ada juga tomat beefsteak yang bentuknya pipih dan kerucut. Tomat ini termasuk jenis tomat besar dan memiliki daging yang cukup tebal. Kita bisa menambahkan bumbu atau mentega pada tomat ini untuk membuatnya lebih lezat.

Tomat Heirloom

Terakhir, ada tomat heirloom yang bentuknya unik dan berbagai macam warna. Tomat ini bisa ditanam di kebun dan cocok untuk dijadikan koleksi karena jenisnya yang unik. Beberapa varian dari tomato heirloom antara lain seperti yellow pear, green zebra, dan black Krim. Tomat heirloom biasanya perlu penyiraman yang cukup dan di tumbuhkan di tanah yang subur.

Kesimpulan

Nah, itu dia sedikit informasi tentang cara menumbuhkan tomat yang baik dan berbagai jenis tomato yang bisa kalian tumbuhkan! Yuk, kita jaga kesehatan dengan menambahkan sayuran dalam makanan kita, apalagi selama kita sedang di rumah aja, sehat selalu!

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *