Jagung Meniran

Posted on

Jagung bukan hanya makanan yang lezat dan populer di seluruh dunia, tetapi juga kaya akan nutrisi yang menguntungkan kesehatan manusia. Ada banyak manfaat sehat dari jagung, dan penting untuk memasukkannya ke dalam makanan kita secara teratur. Berikut adalah 15 manfaat dari mengkonsumsi jagung:

Meningkatkan Kesehatan Mata

Jagung mengandung jumlah yang cukup lutein dan zeaxanthin, dua zat antioksidan yang terbukti efektif dalam menjaga kesehatan mata. Kedua zat ini membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan radikal bebas dan dapat mencegah kerusakan lensa dan retina.

Jagung

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Serat dalam jagung membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) di dalam darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, jagung juga mengandung asam folat dan vitamin B kompleks yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur tekanan darah.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi jagung dapat membantu menurunkan berat badan karena banyak mengandung serat yang membuat kita merasa kenyang lebih lama dan membantu mengurangi rasa lapar.

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Serat dalam jagung juga membantu meningkatkan sistem pencernaan dengan mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan dan meningkatkan kesehatan flora usus.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Jagung juga dapat membantu meningkatkan kesuburan pria dengan mengandung banyak kromium, yang telah terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma dan jumlah sperma yang diproduksi.

Baca juga  Baby Jagung

Meningkatkan Gula Darah

Jagung merupakan sumber karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang stabil karena karbohidrat tersebut terurai perlahan dalam tubuh kita. Oleh karena itu, jagung dapat membantu menjaga kadar gula darah yang stabil.

Mengandung Antioksidan

Jagung mengandung beragam jenis antioksidan seperti asam askorbat, fenolat, dan beta-karoten, yang semuanya dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Membantu Mencegah Diabetes

Serat dalam jagung tidak hanya membantu menjaga kadar gula darah yang stabil, tetapi juga membantu mencegah diabetes dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan risiko resistensi insulin.

Membantu Mencegah Kanker

Antioksidan yang terkandung dalam jagung juga membantu mencegah kanker dengan menetralisir radikal bebas yang dapat merusak DNA. Selain itu, asam folat yang terkandung dalam jagung juga telah terbukti dapat membantu mencegah kanker usus besar.

Membantu Memperkuat Tulang

Jagung mengandung banyak mineral penting seperti fosfor, magnesium, dan seng yang semuanya membantu memperkuat tulang dan mencegah keropos tulang (osteoporosis).

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jagung juga mengandung vitamin C dan asam askorbat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari beragam penyakit dan infeksi.

Meningkatkan Fungsi Otak

Jagung mengandung vitamin B kompleks seperti tiamin, niacin, dan riboflavin yang semuanya terbukti dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan daya ingat.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam jagung juga membantu menjaga kesehatan kulit dengan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan sinar UV.

Meningkatkan Kesehatan Rambut

Jagung juga mengandung vitamin B kompleks yang membantu meningkatkan kesehatan rambut dengan memperkuat akar rambut dan mencegah rambut rontok.

Membantu Menenangkan Saraf

Kandungan magnesium dalam jagung membantu menenangkan saraf dan mengurangi stres serta kecemasan.

Baca juga  Pengendalian Ulat Grayak Pada Jagung

Itulah 15 manfaat dari mengkonsumsi jagung untuk kesehatan kita. Serta merta tidak ada satu jenis makanan yang bisa menjamin kesehatan kita, tetapi kita bisa mendapatkan manfaat sehat dari berbagai jenis makanan dengan memasukkannya ke dalam makanan kita secara rutin dan seimbang. Jagung merupakan salah satu jenis makanan yang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau di supermarket yang terdekat dan tentunya sangat mudah diolah. Mari kita mulai menjaga kesehatan dengan memperkaya menu makanan kita dengan berbagai jenis makanan sehat, salah satunya adalah jagung.

Temukan artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *