Hiu putih VS paus orca (paus pembunuh) dua predator terganas di lautan

Fauna
Hiu putih
Hiu putih

Hiu putih VS paus orca (paus pembunuh) dua predator terganas di lautan dengan gigi-gigi tajam dan ukuran yang sangat besar. Hiu putih dan paus orca (paus pembunuh) adalah kedua predator yang paling ganas di lautan. Dengan ukurannya yang besar kedua hewan ini menempati urutan teratas rantai makanan di samudra. Meskipun hiu putih dan paus orca sangat jarang bertarung tetapi akan sangat seru sekali jika keduanya bertemu dan saling adu kekuatan.

 

Tentang paus orca

Paus orca atau lebih dikenal dengan paus pembunuh merupakan salah satu predator terbesar di lautan. Meskipun disebut paus akan tetapi sebenarnya hewan ini masih satu jenis dengan lumba-lumba, maka tidak heran jika banyak yang menggunakan paus orca untuk pertunjukan sirkus. Karena masih satu keluarga dengan lumba-lumba membuat paus orca memiliki kecerdasan yang sama dengan jenis lumba-lumba.

paus orca
paus orca

Paus orca disebut-sebut menempati urutan teratas rantai makanan di lautan. Ukurannya yang sangat besar menjadikan paus orca bisa dengan mudah memangsa hewan-hewan kecil yang menjadi makanannya. Secara umum paus orca memakan ikan-ikan kecil untuk mengenyangkan perutnya, akan tetapi terkadang paus orca juga memburu mamalia lainnya seperti anjing laut, singa laut, dan paus jenis lainnya. Paus orca bisa tumbuh hingga panjang 10 m dengan berat mencapai 3-5 ton. Hewan ini biasanya lebih suka berkelompok dalam mencari mangsanya dibandingkan berburu sendirian.

 

Tentang hiu putih

Apa yang terlintas di pikiran anda saat mendengar nama hiu putih?. Pasti anda akan membayangkan sesosok monster laut yang ganas dan suka menyerang manusia. Padahal faktanya hiu putih sebenarnya tiduk suka makan manusia, mereka hanya menyerang karena manusia disangka sebagai anjing laut yang menjadi mangsa favoritnya.

Hiu putih menjadi salah satu predator mematikan di lautan karena ukurannya yang sangat besar, lebih besar dibandingkan jenis hiu lainnya. Hiu putih memiliki gigi-gigi tajam yang dapat merobek mangsanya dengan mudah, bahkan gigi dari hiu putih disebut-sebut sama tajamnya dengan gergaji, dengan ukuran panjang gigi mencapai 7 cm. Hiu putih sudah disebut dewasa saat sudah mencapai usia 15 tahun.

Hiu putih memiliki ukuran panjang sekitar 6 meter dengan berat maksimal mencapai 2,2 ton. Meskipun diberi nama hiu putih sebenarnya warnanya tidak 100% putih melainkan ada warna abu-abu dibagian atas hiu ini, warna putih hanya terdapat pada bagian bawah hiu putih.

 

Hiu putih VS Paus orca

Setelah kita mengetahui sekilas mengenai hiu putih dan paus orca, kira-kira mana diantara keduanya yang lebih kuat. Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai paus biru vs megalodon sekarang kita akan mengulas sedikit tentang dua predator terganas yaitu paus orca dan hiu putih. Paus orca memiliki ukuran lebih besar dibandingkan hiu putih, akan tetapi hiu putih memiliki gigi yang lebih tajam. Dari sini tampaknya akan sangat seru sekali jika kedua predator laut ini bertemu.

Menurut para peneliti pada tahun 1997 lalu menemukan bahwa di lepas pantai California Amerika seekor paus orca ditemukan telah menyerang seekor hiu putih lalu memangsanya. Hal ini menunjukkan bahwa hiu putih ternyata bukan predator teratas daftar rantai makanan di lautan. Selain ukurannya yang lebih besar, paus orca juga hidup secara berkelompok sehingga mereka akan lebih mudah dalam menghadapi serangan hiu putih. Nah menurut kamu kejadian paus orca menyerang hiu putih tersebut apakah cuma kebetulan saja?.

Demikian tadi informasi mengenai hiu putih vs paus orca, semoga dapat mengobati rasa penasaran Anda.