Gambar Rancangan Lampu Seri Sederhana, Simak Yuk !

sumber : saintif.com

Rangkaian seri adalah jenis rangkaian listrik yang komponen penyusunnya di susun secara berderet hanya melalui satu jalur aliran listrik.

Dalam belajar perihal listrik, kita mengenal istilah rangkaian listrik. Rangkaian listrik sendiri merupakan sebuah jenis rangkaian yang menggambarkan aliran elektron dari sumber voltase.

Aliran elektron istilahnya biasa disebut sebagai arus listrik. Proses aliran inilah yang biasa kita sebut dengan listrik.

Sebuah rangkaian listrik yang dialirkan oleh suatu fasilitas yang memiliki kandungan penghantar arus listrik seperti bahan konduktor.

Sebuah rangkaian mempunyai beberapa desain jalur aliran listrik. Rangkaian listrik ini dibagi jadi dua yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel.

Mengenai rangkaian seri, berikut ulasan lengkap disertai pembahasannya.

Baca juga : Lampu Indikator Mobil Menyala Terus, Apakah berbahaya?

Pengertian Rangkaian Seri

Rangkaian listrik seri ialah jenis rangkaian listrik yg komponen penyusunnya di susun secara berderet, hanya melalui satu jalur aliran listrik saja.

Dengan kata lain, rangkaian ini merupakan jenis rangkaian yang disusun tanpa adanya cabang. Untuk lebih jelasnya mencermati gambar dibawah berikut.

sumber : saintif.com

Gambar diatas adalah contoh ragkaian seri. Terdapat tiga lampu sebagai resistor pada satu jalur kabel dengan satu sumber arus yaitu baterai yang dirangkai agar mampu membentuk kronologis seri.

Berikut contoh lain dari rangkaian seri.

Rangkaian seri dengan tiga resistor dan 6 baterai sebagai sumber arus listrik.
sumber : saintif.com

Ciri-ciri Rangkaian Seri

Ciri-ciri rangkaian seri adalah semua komponen listrik yang dapat dipasang disusun secara berderet atau berurutan. Kabel penghubung seluruh komponen berikut tidak miliki percabangan sepanjang rangkaian,  hanya ada satu jalur yang dilewati oleh arus.

sumber : saintif.com

Akibatnya, arus listrik (I) yang mengalir di beberapa titik didalam rangkaian yg sama besarnya, tetapi  potensialnya berbeda. Artinya seluruh komponen yang terpasang akan mendapat arus yang sama juga.Hambatan rangkaian seri memiliki hambatan yg lebih besar dibandii

Rumus Rangkaian Seri

Hambatan total (Rtotal) ini disebut hambatan pengganti. Sebuah perbedaan potensial atau tegangan totalnya (VTotal) dari sebuah rangkaian listrik seri ialah sebuah hasil dari jumlah antara beda potensialnya pada tiap-tiap resisteor.

Total hambatan atau resistor pada rangkaian seri adalah jumlah total resistor.

Gambar Rancangan Lampu Seri Sederhana

Berikut adalah beberapa contoh gambar rancangan lampu seri sederhana yg bisa jadi inspirasi buat kamu, simak yuk :

sumber : google.com
reverensi : google.com
sumber : google.com
sumber : google.com