Fungsi Kuning Telur Pada Kue Kering

Posted on

Ngomongin kue kering, nih ada tips unik nih buat teman-teman. Soalnya, tahu nggak sih kalau kuning telur tuh punya banyak manfaat buat kue kering. Bukan hanya menjadi bahan utama aja, kuning telur juga memiliki fungsi lain di dalam adonan kue kering, lho.

Pertama, Menjadi Emulsifier

Fungsi Kuning Telur Pada Kue Kering

Kalo nggak tahu emulsifier itu apa, jangan khawatir ya, aku jelasin dulu. Emulsifier adalah zat yang berfungsi untuk mengikatkan bahan-bahan yang memiliki sifat tak sama, misalnya lemak dan cairan. Nah, kuning telur ini termasuk salah satu jenis emulsifier yang cocok banget buat adonan kue kering. Kuning telur mampu menyatukan bahan yang tadinya tak bisa menyatu. Makanya, telur sering banget jadi bahan penting buat bikin kue kering, pastinya kuenya jadi lebih enak.

Kedua, Menambah Warna Kekuningan

Telur Kuning Pada Adonan Kue Kering

Warna kuning di adonan kue kering biasanya berasal dari telur kuning, lho. Ada yang sudah tahu tentang hal ini atau belum ya? Nah, jangan heran ya kalau adonan kue kering bikinan orang lain punya warna kuning keemasan yang cantik, sementara punyamu terlihat biasa aja. Jangan khawatir, kuncinya adalah jangan pelit kuning telur, ya. Pakai deh telur kuning dalam jumlah yang cukup. Selain itu, kuning telur juga menghasilkan aroma yang lezat dan menggugah selera loh.

Ketiga, Meningkatkan Protein Adonan

Kuning Telur Bagian Dalam

Kalau bicara soal kue kering, nggak bisa dipungkiri kalau kandungan protein itu penting banget. Nah, telur kuning juga punya kandungan protein yang cukup tinggi loh, sekitar 3,6 gram. Kandungan protein yang tinggi ini juga menghasilkan kue-kue yang nggak mudah hancur dan lebih crispy.

Baca juga  Selamatkan Anak Ayam

Keempat, Membuat Adonan Kue Lebih Kental

Proses Mengocok Adonan

Saat mengaduk adonan kue kering, biasanya kita butuh yang namanya bahan pengikat untuk menjaga kekokohan adonan. Nah, fungsi kuning telur selanjutnya adalah memperkuat adonan dan menjaganya agar nggak cepat hancur. So, kalau nggak ingin adonan kue keringmu hancur dan rapuh, jangan lupa ya pakai telur kuning dalam jumlah yang cukup.

Kelima, Memberikan Sifat Mengembang

Kue Kering Tepung Beras dengan Kuning Telur

Untuk membuat kue kering yang empuk dan mengembang, kita membutuhkan suatu zat yang bisa menghantarkan udara ke dalam adonan. Nah, telur kuning ini bisa banget loh dijadikan bahan yang sangat berguna untuk menyebarkan udara ke dalam adonan. Jadi, kalau kamu mau bikin kue kering yang besar dan empuk, jangan lupa ya tambahkan beberapa kuning telur untuk membuat adonan mengembang dan lebih empuk.

Itulah tadi beberapa fungsi unik dari kuning telur pada kue kering. Jangan lupa untuk selalu mencoba resep yang tepat agar kue yang kamu buat lezat dan cantik. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu!

Baca artikel lainnya tentang Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *