Efek samping masker temulawak

4 Efek samping masker temulawak untuk kulit wajah

Efek samping masker temulawak

Efek samping masker temulawak untuk kulit wajah serta tips untuk menghindarinya agar tidak berdampak semakin buruk. Di zaman modern yang saat ini penggunaan bahan kimia untuk kecantikan semakin mewabah tentunya harus menjadi perhatian tersendiri. 

Sehingga banyak orang yang mencoba memilih perawatan kecantikan berbahan alami. Salah satu bahan perawatan kecantikan yang patut dicoba adalah masker temulawak. Temulawak diketahui mengandung berbagai macam kandungan nutrisi yang baik untuk kecantikan kulit. 

Salah satu kandungan yang terdapat dalam temulawak tersebut adalah minyak atsiri. Minyak ini diketahui dapat bertindak sebagai antioksidan yang berguna menangkal efek radikal bebas. Seperti yang sudah kita ketahui dengan bebas dapat menyebabkan penuaan. 

Sehingga banyak orang menggunakan temulawak karena ingin mendapatkan manfaat dari efek antioksidan tersebut. Akan tetapi sebelum anda menggunakan temulawak sebagai masker wajah ada baiknya untuk mengetahui apa saja efek samping masker temulawak tersebut. 

Efek samping masker temulawak

Karena pasalnya penggunaan temulawak terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif sangat kurang cocok. Berikut selengkapnya mengenai efek samping masker temulawak untuk kulit wajah anda:

  1. Kulit wajah terasa panas

Salah satu efek samping masker temulawak yang perlu anda waspadai adalah munculnya rasa panas pada permukaan kulit. Hari ini biasanya terjadi saat anda memiliki alergi terhadap bahan yang terdapat di dalam temulawak tersebut. 

Jadi meskipun temulawak sebenarnya merupakan bahan alami bukan berarti penggunaannya benar-benar 100% aman untuk kulit anda. Cara terbaik untuk menghindari efek samping masker temulawak ini adalah dengan melakukan tes terlebih dahulu pada bagian kulit selain wajah. Misalnya saja anda bisa menempelkan masker temulawak pada tangan untuk melihat reaksi yang ditimbulkan. 

Jika kulit tangan anda tidak terasa panas atau tidak ada energi lainnya maka anda bisa menggunakan masker temulawak ke kulit wajah.

  1. Efek pengelupasan pada kulit

Salah satu manfaat masker temulawak yang paling banyak dicari oleh kaum wanita adalah kemampuannya dalam menghaluskan kulit. Meskipun hari ini tampaknya sangat baik akan tetapi di sisi lain juga memberikan efek samping berupa pengelupasan kulit. 

Pengelupasan kulit ini sebenarnya berdampak positif yaitu membuat kulit menjadi lebih halus. Akan tetapi di sisi lain juga menimbulkan efek samping tersendiri seperti kulit menjadi lebih sensitif terutama dengan sinar matahari. 

Untuk itu sebaiknya saat setelah menggunakan masker temulawak cobalah untuk melindungi wajah anda dari sengatan matahari langsung. Atau kalau bisa sebaiknya anda tidak keluar rumah terlebih dahulu setelah menggunakan masker temulawak.

  1. Memicu munculnya jerawat

Jerawat pada dasarnya dapat muncul pada kulit wajah akibat kotoran atau bakteri. Selain itu tersumbatnya pori-pori kulit wajah juga dapat menjadi faktor penyebab munculnya jerawat. Akan tetapi ternyata penggunaan produk kecantikan yang bercocok tanam dan juga bisa memicu munculnya jerawat.

Salah satu produk kecantikan yang ternyata bisa menimbulkan jerawat jika kulit wajah anda kurang cocok adalah masker temulawak. Sebenarnya untuk yang satu ini anda tidak perlu khawatir karena tidak semua orang akan mengalami jerawatan setelah menggunakan masker yang berbahan temulawak.

Akan tetapi jika anda tergolong sebagai orang yang kurang cocok maka sebaiknya hentikan penggunaan masker temulawak tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek samping dari masker temulawak yang lebih parah.

  1. Risiko mengalami flek hitam

Kebanyakan flek hitam di picu oleh sinar matahari. Hari ini tentunya harus menjadi perhatian jika anda melakukan proses pengelupasan kulit. Saat menggunakan masker temulawak maka terkadang kulit akan mengalami pengelupasan. 

Hal ini pada gilirannya akan membuat kulit menjadi lebih mudah terbakar yang akhirnya menimbulkan flek hitam di wajah. Kulit yang mengalami pengelupasan memang biasanya lebih sensitif dan juga tipis dibandingkan sebelumnya. Jadi wajar jika kontak langsung dengan sinar matahari akan membuatnya lebih mudah mengalami flek hitam. 

Tips menggunakan masker temulawak

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum menggunakan masker temulawak adalah mengetahui apakah kulit anda sensitif atau tidak. Jika sensitif sebaiknya hindari penggunaan masker temulawak pada kulit wajah. Karena dikhawatirkan efek samping masker temulawak di atas dapat menimpa kulit wajah anda.

Yang kedua sebaiknya gunakan pelembab setelah menerapkan masker temulawak kulit wajah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi efek pada kulit wajah anda tidak cocok dengan masker temulawak. Selain itu terkadang penggunaan masker wajah tertentu juga justru membuat kulit menjadi sedikit kering karena efek pengelupasan. 

Seperti yang sudah kita ketahui di atas panggung salah satu efek samping yang ditimbulkan dari masker temulawak adalah mengelupaskan kulit. Jadi untuk mengantisipasi munculnya efek samping lebih lanjut sebaiknya hindari kontak langsung dengan sinar matahari. 

Saya pengelupasan terjadi konflik akan jauh lebih sensitif daripada biasanya. Untuk itu kontak dengan sinar matahari di kabupaten justru akan membuat kulit menjadi lebih terasa panas atau terbakar.

Demikian tadi informasi mengenai efek samping masker temulawak yang perlu anda ketahui. Sebelum menerapkan apapun untuk kulit wajah anda sebaiknya cari informasi sebanyak-banyaknya. Agar anda tidak salah dalam memilih produk kecantikan tersebut.