Cara membuat masker daun kelor untuk kulit wajah August 2022
Cara membuat masker daun kelor

Cara membuat masker daun kelor untuk kulit wajah

Cara membuat masker daun kelor

Cara membuat masker daun kelor untuk kulit wajah serta manfaatnya yang sangat luar biasa yang patut diperhitungkan.

Penggunaan masker alami baru-baru ini semakin digandrungi oleh para kaum wanita. Hal ini dikarenakan mereka sudah mulai sadar mengenai efek samping yang ditimbulkan dari perawatan kecantikan berbahan kimia.

Salah satu masker wajah yang sering dilirik oleh kaum wanita adalah daun kelor. Daun kelor memang diyakini memiliki banyak sekali kegunaan salah satu diantaranya dapat meningkatkan kesehatan kulit wajah. Sehingga tidak mengherankan jika masker daun kelor semakin diminati. 

Lantas tahukah anda apa saja manfaat masker daun kelor serta bagaimana cara membuatnya?. Berikut kami sajikan mengenai tips dan cara membuat masker daun kelor yang nantinya bisa anda terapkan ke kulit wajah.

Cara membuat masker daun kelor

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat masker daun kelor adalah mempersiapkan bahan nya terlebih dahulu. Bahan yang anda pilih haruslah daun kelor yang masih segar dan tidak tampak kusut. Setelah anda mendapatkan daun kelor yang diinginkan jemurlah daun kelor tersebut di bawah terik sinar matahari hingga benar-benar kering.

Langkah selanjutnya tumbuk daun kelor hingga menjadi bubuk lalu kemas dalam sebuah wadah tertutup. Jika sudah selesai daun kelor tersebut bisa anda manfaatkan sebagai masker wajah. 

Beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam memilih daun kelor :

Untuk memilih daun kelor yang berkualitas tentu lah harus dimulai dari proses penanaman nya terlebih dahulu. Daun kelor yang dipilih haruslah daun kelor yang benar-benar sehat dan usahakan juga alami, artinya tidak tersentuh oleh pestisida dan sejenisnya. 

Cara membuat masker daun kelor dengan bahan lain

Selain digunakan secara langsung daun kelor juga bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya. Tentu salah satu tujuan pencampuran ini adalah agar manfaatnya menjadi lebih maksimal. 

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai tambahan masker daun kelor.

Daun kelor dan air mawar

Untuk membuat masker daun kelor pertama-tama siapkan bubuk daun kelor yang telah anda buat tadi setelah itu tambahkan sedikit air. Aduk antara bubuk daun kelor dan air tersebut hingga teksturnya menyerupai pasta. Setelah itu baru tambahkan air mawar secukupnya. 

Aduk kembali ketiga bahan tadi hingga merata setelah itu gunakan sebagai masker wajah. Terapkan secara hati-hati dan perlahan ke kulit wajah anda hingga leher atau bagian lainnya yang anda inginkan. Diamkan sesaat setidaknya 10 menit lalu bersihkan wajah anda hingga benar-benar bersih.

Daun kelor dan madu

Bahan campuran terbaik yang bisa anda gunakan sebagai tambahan masker daun kelor adalah madu. Madu diperkaya dengan multivitamin dan mineral yang kesemuanya sangat dibutuhkan untuk menutrisi kulit. Sehingga saat dikombinasikan dengan daun kelor maka manfaatnya akan jauh lebih banyak.

Cara membuat masker daun kelor dan madu sangat mudah. Pertama-tama siapkan setengah sendok makan bubuk daun kelor kemudian masukkan ke dalam sebuah wadah kaca. Tambahkan 1 sendok makan madu dan sedikit air lalu aduk ketiga bahan tadi hingga teksturnya menyerupai pasta.

Langkah selanjutnya aplikasikan ke kulit wajah dan tunggu paling tidak 10 hingga 15 menit. Jika dirasa selesai anda bisa membersihkan wajah anda dengan membilasnya menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin paling tidak dua kali seminggu agar manfaatnya bisa lebih maksimal.

Daun kelor dan jus lemon

Perlu anda ketahui salah satu manfaat masker daun kelor adalah mencerahkan kulit wajah secara alami. Untuk membuat efek pencerah ini semakin maksimal maka anda perlu menambahkan lemon ke dalamnya. Sama halnya dengan daun kelor, lemon merupakan sumber vitamin C yang diketahui sangat baik untuk mencerahkan kulit.

Cara membuat masker dari daun kelor dan lemon adalah, tuangkan 1 sendok makan daun kelor ke dalam mangkuk kecil kemudian tambahkan air ke dalamnya. Aduk hingga merata lalu tambahkan setengah sendok makan jus lemon. Aduk kembali hingga ke semua bahan tadi menyatu dengan baik. 

Jika ke semua bahan sudah benar-benar tercampur anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Seperti biasa tunggu terlebih dahulu setidaknya 15 menit agar kandungan nutrisi di dalam masker tersebut bisa terserap sempurna. Jika sudah, anda bisa membersihkannya seperti biasa.

Manfaat masker daun kelor

Setelah anda mengetahui mengenai bagaimana cara membuat masker dari daun kelor lantas apakah anda tahu apa saja manfaat yang didapat dari masker tersebut?. Untuk meyakinkan anda mengenai manfaat masker daun kelor berikut kami sajikan informasi seputar manfaat dan kegunaan daun kelor sebagai bahan perawatan kecantikan.

Melawan jerawat

Daun kelor diketahui memang memiliki efek antibakteri yang dipercaya cukup ampuh dalam menghilangkan jerawat di wajah. Efek menguntungkan ini tentunya sangat di inginkan terlebih bagi yang memiliki jerawat.

Selain murah penggunaan daun kelor juga lebih aman dibandingkan dengan obat penghilang jerawat yang terkadang memiliki efek samping yang tidak sedikit. 

Mengecilkan pori-pori kulit

Memiliki kulit dengan pori-pori besar tampaknya akan sedikit mengganggu. Pori-pori kulit yang terlalu besar memang terkadang membuat wajah terlihat kurang halus. Sehingga banyak orang yang mencoba untuk mengecilkannya menggunakan masker wajah. Akan tetapi sayangnya tidak banyak masker wajah yang bisa bekerja maksimal sehingga bahan alami sangat dibutuhkan untuk menggantikannya.

Salah satu pilihan yang cukup menarik yang bisa anda coba adalah menggunakan masker daun kelor. Selain diketahui bekerja cukup baik efek samping masker daun kelor juga tidak terlalu mengganggu sehingga anda patut mempertimbangkannya.

Untuk cara penggunaannya sendiri anda bisa mengikuti tips di atas. Pastikan anda tidak terlalu sering menggunakan masker daun kelor meskipun memiliki banyak manfaat. Hal ini untuk menghindari efek samping masker daun kelor yang terkadang dirasakan saat terlalu sering menggunakan bahan yang satu ini.

Memperlambat penuaan

Tua merupakan hal yang pasti akan menimpa setiap orang. Akan tetapi sebenarnya kita bisa memperlambat prosesnya dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Termasuk anda bisa menggunakan masker wajah dari daun kelor untuk membuat kulit anda tampak lebih muda.

Penggunaan daun kelor untuk membuat kulit tampak lebih muda sebenarnya tidak mengada-ngada, karena diketahui dalam daun kelor sendiri memang terdapat beberapa antioksidan. Perlu anda ketahui jika antioksidan merupakan senyawa yang sangat penting untuk mencegah penuaan. Kebanyakan penuaan kulit diakibatkan oleh radikal bebas yang bisa dihambat dengan antioksidan.

Untuk itu salah satu manfaat masker daun kelor adalah membantu membuat kulit lebih muda dengan cara mengurangi kerutan dan garis-garis halus di wajah. 

Detoksifikasi kulit

Banyaknya racun di dalam tubuh juga menjadikan kulit anda tidak sehat. Jadi salah satu tips yang bisa dilakukan untuk membuatnya tampak lebih sehat adalah dengan cara melakukan detoksifikasi.

Ternyata daun kelor memiliki manfaat detoksifikasi tersebut. Konsumsi daun kelor atau menggunakannya sebagai masker wajah keduanya sama-sama memiliki efek yang menguntungkan untuk kecantikan. Jadi anda benar-benar bisa memanfaatkan tanaman yang satu ini sebagai bahan perawatan kecantikan dan kesehatan anda.

Nah demikian tadi rangkaian cara membuat masker daun kelor serta manfaat yang didapat dari penggunaannya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan anda mengenai penggunaan bahan-bahan alami sebagai masker wajah.