Penyebab dan dampak alih fungsi lahan bagi masyarakat sekitar August 2022
Dampak alih fungsi lahan

Penyebab dan dampak alih fungsi lahan bagi masyarakat sekitar

Dampak alih fungsi lahan

Dampak alih fungsi lahan bagi masyarakat sekitar yang perlu anda ketahui. Dari tahun ke tahun hampir semua daerah di indonesia mengalami pengurangan lahan pertanian akibat pertumbuhan penduduk. Lahan pertanian yang tadinya digunakan sebagai sumber bercocok tanam sekarang banyak yang dimanfaatkan sebagai rumah penduduk. Hal ini tentunya akan menjadi masalah tersendiri bagi kehidupan masyarakat tersebut. 

Dampak alih fungsi lahan

Salah satu yang menjadikan kurangnya lahan pertanian adalah alih fungsi lahan itu sendiri. Alih fungsi lahan merupakan salah satu akibat dari perluasan sebuah wilayah. Tentu dengan adanya alih fungsi lahan ini akan menimbulkan beberapa dampak dimana sebagian besar dari dampak tersebut merupakan hal yang negatif.

Berikut beberapa dampak alih fungsi lahan yang perlu anda ketahui:

1. Menurunkan kesejahteraan petani

Diantara dampak alih fungsi lahan yang pertama adalah menurunnya kesejahteraan petani. Hal ini bisa terjadi akibat dari adanya perubahan lahan yang tadinya mereka kelola menjadi dikelola oleh orang lain.

Selain itu dengan adanya alih fungsi lahan maka akan ada pergeseran pekerjaan dari pertanian menuju non pertanian. Sehingga hal ini menjadikan para petani menjadi menganggur atau terpaksa harus menjalani pekerjaan lain yang mungkin saja bukan menjadi keahliannya.

2. Resiko adanya lahan yang tidak terpakai

Salah satu kekhawatiran sendiri dari alih fungsi lahan adalah adanya lahan yang justru malah tidak terpakai atau menganggur. Hal ini dikarenakan terkadang para investor salah perhitungan sehingga beberapa lahan justru malah tertidur atau tidak dimanfaatkan.

Jika hari ini terjadi tentu akan ada banyak kerugian misalnya saja berkurangnya lapangan pekerjaan serta penurunan jumlah bahan pokok. Padahal potensi lahan tersebut sangat besar sekali untuk dimanfaatkan jika saja dikelola dengan baik dan benar.

3. Berkurangnya bahan pokok

Dampak alih fungsi lahan yang kedua adalah berkurangnya bahan pokok akibat penyempitan lahan pertanian. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa sebagian besar makanan yang saat ini kita konsumsi adalah hasil dari pertanian di wilayah kita. 

Jika alih fungsi lahan terjadi maka tentu akan mempengaruhi jumlah makanan atau bahan pokok yang dikonsumsi. Dengan adanya kekurangan ini terkadang negara harus melakukan impor dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

4. Terancamnya keseimbangan ekosistem

Dampak alih fungsi lahan yang selanjutnya adalah mengancam keseimbangan ekosistem. Diakui atau tidak dengan adanya lahan-lahan tersebut pastinya ada beberapa hewan yang hidup di sekitarnya. Dengan alih fungsi lahan maka dikhawatirkan hewan tersebut akan mengalami pengurangan populasi. 

Hal ini tentunya akan berdampak kurang baik bagi kelangsungan ekosistem di sekitar. Selain itu dengan dimanfaatkannya lahan sebagai ladang pertanian terkadang juga dapat mencegah banjir.

5. Meningkatnya harga bahan pokok

Meningkatnya harga bahan pokok sebagian diakibatkan oleh adanya alih fungsi lahan besar-besaran. Hal ini diakibatkan lahan yang tadinya digunakan untuk bercocok tanah justru dialihkan fungsinya. Akibatnya bahan pokok akan menjadi langka dan membuat harganya menjadi semakin mahal.

Ini tentu akan menjadi masalah tersendiri bagi masyarakat. Untuk itu sebaiknya alih fungsi lahan harus dilakukan dengan benar dan mempertimbangkan dampak yang mungkin bisa terjadi.

6. Meningkatkan laju urbanisasi

Sebagian besar lahan pertanian biasanya terletak di daerah pedesaan. Jika ali fungsi lahan dilakukan maka tidak menutup kemungkinan masyarakat desa akan mulai berpindah ke kota untuk mencari pekerjaan.

Hal ini pastinya akan memberikan masalah terutama dalam mendapatkan pekerjaan. Selain itu dengan arus urbanisasi yang tidak terkontrol dikawatirkan akan meningkatkan angka kriminalitas dan kesenjangan sosial. Dampak positif dan negatif mobilitas sosial bagi masyarakat

Penyebab alih fungsi lahan

Meningkatnya pertumbuhan penduduk

Peningkatan pertumbuhan penduduk mau tidak mau akan memaksa mereka memperluas area pemukiman. Hal ini sedikit banyak akan berdampak pada lahan pertanian yang akan di alih fungsikan sebagai rumah penduduk. Jadi penyebab utama alih fungsi lahan adalah pertumbuhan penduduk yang pesat

Tingginya biaya pertanian

Mahalnya harga yang dikeluarkan untuk mengelola sebuah lahan bisa menjadi kan para petani memilih mengalihfungsikan lahan tersebut. Mereka mencoba untuk memanfaatkan lahan bukan sebagai media untuk bercocok tanam tetapi lebih pada fungsi lainnya.

Beberapa hal yang dapat meningkatkan produksi pertanian diantaranya adalah biaya irigasi benih pertanian serta harga pupuk. Akan tetapi untungnya pemerintah menyediakan pupuk bersubsidi.

Menurunnya harga jual produk pertanian

Di samping mahalnya biaya ya pertandingan salah satu yang mendorong terjadinya alih fungsi lahan adalah menurunnya harga jual produk pertanian. Hal ini jelas dengan mahalnya biaya pertanian disertai dengan turunnya harga jual produk pertanian, maka akan membuat biaya pengeluaran dan pemasukan menjadi tidak seimbang.

Akibatnya alih fungsi lahan pertanian pun tidak bisa terelakkan. Jadi peran pemerintah dalam menjaga keseimbangan harga bahan pokok menjadi sangat penting, dalam rangka untuk menghindari alih fungsi lahan tersebut.

Kurangnya minat generasi muda dalam mengelola pertanian

Saat ini profesi menjadi petani mungkin adalah salah satu pekerjaan yang kurang diminati khususnya bagi para pemuda. Tentunya hal hal ini bisa berdampak pada terjadinya alih fungsi lahan. 

Salah satu alasan kenapa anak muda kurang begitu minat dengan pertanian adalah karena kurangnya penghasilan darinya. Jadi mereka masih menganggap profesi menjadi petani kurang menguntungkan terutama di era modern.

Hal ini sangat jauh berbeda dengan negara-negara maju seperti jepang di mana profesi petani menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menguntungkan. Sehingga banyak masyarakat yang masih bertahan untuk mengelola lahan mereka untuk pertanian.

Mengingat ada beberapa dampak negatif dari alih fungsi lahan, tentunya pemerintah harus memberikan undang-undang khusus mengenai lahan mana saja yang tidak boleh di alih fungsikan. Hal ini bertujuan untuk mencegah berkurangnya bahan pokok dan hilangnya lapangan pekerjaan bagi para petani.

Demikian tadi ulasan mengenai dampak alih fungsi lahan yang perlu anda ketahui. Semoga informasi diatas membuat anda lebih memahami mengenai dampak dari alih fungsi lahan tersebut bagi kehidupan masyarakat sekitar.