10 Cara merawat kulit wajah agar lebih putih dan cerah

cara merawat wajah
Cara merawat kulit wajah
image from maxpixel.net

Cara merawat kulit wajah agar lebih putih dan cerah secara alami serta tidak terlhat kusam, menggunakan 10 bahan alami di sekitar anda. Siapapun Anda pastinya ingin selalu memiliki kulit yang sehat dan juga terawat. Memiliki kulit yang sehat dan juga cantik secara alami tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri kita terutama bagi wanita. Perawatan kulit perlu dilakukan terutama saat di mana banyak sekali polusi dan makanan yang kita konsumsi ternyata dapat mengurangi kesehatan kulit.

Ada banyak produk kecantikan yang menawarkan berbagai macam manfaat termasuk memutihkan kulit secara alami, mengurangi minyak, dan mencegah munculnya jerawat. Akan tetapi, alih-alih merawat kulit produk kecantikan tersebut ternyata memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan kulit karena mengandung bahan kimia.

 

Cara merawat kulit wajah secara alami

Nah bagi Anda yang ingin merawat kulit wajah agar tetap cantik dan cerah secara alami berikut tipsnya untuk anda:

1. Masker pepaya

Pepaya memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kita. Berbagai macam nutrisi tersebut mampu membersihkan, merawat, dan meremajakan kulit secara alami.
Caranya: hancurkan 1 buah pepaya dengan menggunakan blender sampai benar-benar halus. Jika anda sudah mendapatkan tekstur yang diinginkan, gunakan sebagai masker wajah. Melakukannya secara rutin akan membantu Anda mendapatkan kulit wajah yang putih dan terbebas dari kotoran.

2. Masker apel

Cara merawat kulit wajah agar terlihat putih dan cerah alami yang selanjutnya adalah menggunakan masker apel. Caranya haluskan 1 buah apel kemudian tambahkan dengan 2 sendok teh madu murni. Aduk hingga menjadi pasta sekarang aplikasikan masker tersebut di wajah anda. Diamkan selama 20 menit setelah itu bilas sampai bersih.

3. Timun dan gula

Kombinasi antara mentimun dan gula juga cukup efektif untuk merawat kulit wajah agar terlihat putih dan cerah secara alami. Mentimun berguna sebagai scrub yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat mengurangi kecerahan kulit wajah.
Caranya: parut satu buah mentimun berukuran sedang. Tambahkan satu sendok makan gula di dalamnya setelah itu terapkan pasta ini ke wajah. Lakukan sedikit pemijatan kemudian biarkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air.

4. Tepung jagung dan bubuk oatmeal

Campur bahan-bahan seperti tanah liat, oatmil, tepung jagung, putih telur, dan air mawar. Tambahkan 1 tetes minyak geranium dan minyak neroli ke dalam campuran bahan-bahan tadi. Oleskan secara tipis ke wajah anda dan biarkan sampai mengering. Langkah terakhir bersihkan dengan air.

5. Kunyit dan tepung beras

Kunyit dianggap sebagai bahan perawatan kecantikan yang sangat baik. Selain membantu memutihkan wajah secara alami, kunyit juga dapat mengurangi kotoran sekaligus menyamarkan noda hitam di wajah.
Caranya: ambil setengah cangkir tepung beras kemudian tambahkan dengan 2 sendok teh bubuk kunyit, serbuk kayu cendana, dan minyak almond. Aduk kesemutan bahan tadi hingga membentuk sebuah pasta. Gunakan secara teratur ke wajah anda untuk membuatnya tampak cerah dan sehat secara alami.

6. Buah pisang

Haluskan satu atau dua buah pisang berukuran sedang menggunakan garpu. Tambahkan sedikit susu setelah itu gunakan sebagai masker wajah. Melakukannya dengan teratur setidaknya dua kali dalam seminggu membantu merawat kulit wajah anda agar terlihat lebih cerah dan sehat secara alami.

7. Minyak zaitun dan garam kosher

Anda bisa membuat paket perawatan kulit kusam menggunakan minyak zaitun dan garam kosher. Caranya campur minyak zaitun dengan perbandingan 3 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan garam kosher. Setelah itu gosokkan ke wajah anda secara lembut dengan gerakan melingkar (hindari area sekitar mata).

8. Lemon dan susu

Cara merawat kulit wajah secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan lemon dan susu. Caranya campur 4 sendok makan susu tanpa lemak dengan satu sendok makan sendok teh lemon. Agar anda mendapatkan tekstur yang lebih kental tambahkan tepung beras. Gunakan sebagai masker wajah kemudian bilas setelah 10 menit.

9. Madu

Kemampuan madu dalam meningkatkan kesehatan kulit sudah tidak diragukan lagi. Madu memiliki banyak manfaat diantaranya adalah mencegah dan menghilangkan jerawat. Selain itu, madu juga berguna melembabkan sekaligus mengencangkan kulit secara alami.

Cara merawat kulit wajah agar terlihat putih dan bersih dengan madu adalah: cukup oleskan madu ke seluruh bagian wajah termasuk leher. Biarkan di kulit anda selama 15 sampai 20 menit. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Tomat

Haluskan beberapa butir tomat hingga teksturnya menyerupai pasta, setelah itu balurkan ke seluruh bagian wajah anda. Bersihkan wajah anda terlebih dahulu menggunakan air sebelum menerapkan masker tomat agar kotoran yang menempel bisa dihilangkan.

Baca juga artikel seputar: Top 30 Cara memutihkan wajah secara alami, cepat dan efektif

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah secara alami. Selain itu, kandungan antioksidan dalam tomat juga sangat penting sekali untuk melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Jadi menggunakan tomat sebagai bahan perawat wajah bisa meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit anda.

Demikian tadi cara merawat kulit wajah agar terlihat putih dan tidak kusam. Kira-kira mana yang menurut anda lebih mudah untuk diterapkan? Pastikan anda konsisten dalam menerapkan tips di atas.