Cara Membuat Coto Makasar, Yang Gurih dan Super Lezat..

Posted on

Cara Membuat Coto Makasar

Cara Membuat Coto Makasar-Siapa sih yang tidak kendal dengan makanan tradisional khas Makassar yaitu Coto Makassar, Sulawesi Selatan. Coto Makassar berbahan dasar jeroan sapi yang direbus lama dan campuran daging sapi lainnya, kemudian dicampurkan ke dalam racikan bumbu rempah yang khas.

Tidak hanya itu, olahan jeroan dan daging sapi hal yang demikian kemudian dicampurkan dengan kuah santan gurih yang menyegarkan. Coto Makassar ini kian sedap disantap dengan ketupat atau buras.

Konon Coto Makassar sudah ada semenjak zaman kerajaan gowa, pada awalnya Coto Makassar dibuat menggunakan daging sapi yang dihidangkan khusus untuk keluarga kerajaan.

Bagian jeroan sapi, yang sudah diolah dengan bumbu yang sama dengan ditambah tahu untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem kerajaan. Sehingga ketika ini Coto Makassar dapat ditemui dengan sajian daging sapi, jeroan sapi, maupun campuran keduanya.

Coto Makassar ini seperti kuliner wajib yang wajib dicoba ketika anda sedang berwisata di Kota Makassar. Tidak lengkap jika kamu tidak mencicipi sajian Coto Makassar yang populer di daerahnya. Namun jika penasaran, anda dapat membuat sendiri sajian Coto Makassar di rumah.

Cara membuat Coto Makassar cukup mudah, hanya menggunakan bumbu-bumbu yang diperlukan, dapat diperoleh dengan mudah di pasar tradisional.

Coto makassar termasuk salah satu masakan legendaris khas Indonesia yang tetap eksis sampai saat ini. Makanan yang sudah ada semenjak kerajaan gowa abad ke-16 ini dulunya menggunakan 40 ragam rempah.

Salah satu rempah-rempahnya yaitu, lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, dan sebagainya. betfinal عربي Bumbunya memang banyak, melainkan membuatnya tidak sulit. المراهنة Simak resep coto makassar yang enak di bawah ini!

1. Bahan-bahan Membuat Coto Makassar

Cara Membuat Coto Makasar

Bahan-bahan :

  • 1 kg daging sapi, cuci bersih
  • 5 batang serai, memarkan
  • 2.000 ml air cucian beras putih
  • 5 lembar daun salam
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 250 gram kacang tanah, goreng dan haluskan
  • 5 cm jahe, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan

Bahan bumbu halus (haluskan):

  • 1 sendok teh merica butiran
  • 10 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 8 butir kemiri sangrai
  • 1 sendok makan ketumbar, sangrai
  • 1 sendok teh jintan, sangrai

BACA JUGA : Cara Bikin Bolu Pisang Yang Enak, Ini Resepnya…

2. Cara Membuat Coto Makasar

  1. Rebus daging sapi menggunakan air cucian beras bersama dengan lengkuas, jahe, daun salam, dan serai. Masak sampai daging empuk.
  2. Potong dadu daging, lalu tiriskan. Jangan dibuang dulu air rebusannya.
  3. Panaskan minyak, lalu tambahkan bumbu halus. Tumis sampai harum dan matang. Masukkan bumbu halus ke dalam air rebusan.
  4. Panaskan dengan menambahkan kacang tanah goreng. Rebus sampai mendidih dan matikan kompor.
  5. Siapkan piring untuk menyajikan, kemudian tambahkan irisan daun bawang, seledri, dan garam. العاب ربح مال حقيقي Tambahkan potongan daging dan tuangkan air kaldu ke dalamnya.
  6. Taburi bawang merah goreng dan jeruk nipis.

3. Tips Memasak Coto Makassar

Cara Membuat Coto Makasar

Memasak coto makassar memang gampang, melainkan membutuhkan waktu yang cukup lama. Kau bisa mengaplikasikan panci presto untuk mempercepat waktu memasaknya, daging bisa matang secara menyeluruh.

Apabila kamu ingin menambahkan jeroan, sebaiknya direbus di dalam wadah terpisah dengan air lazim. Hal ini dikarenakan agar cita rasa kaldunya tidak rusak.

Siap masak coto makassar? Yuk cobain sekarang juga !

Semoga artikel ini memudahkan anda belajar memasak, dan meningkatkan kreatifitas, kami juga menyediakan ribuan artikel mernarik lainya untuk anda baca setiap harinya. Yuk Baca !