Manfaat Daun Jarak Pagar yang Belum Diketahui Banyak Orang. Check It!

Posted on

manfaat daun jarak pagar

Manfaat Daun Jarak Pagar – Apakah Anda tahu daun jarak? Untuk beberapa orang mungkin bahwa daun jarak adalah salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai obat-obatan. Daun jarak ini diketahui mempunyai berbagai kandungan yang berkhasiat bagi tubuh.

Mulai dari kandungan fitonutrien, nicotiflorin, alkaloid, astragalin, kaempderol, dan quercetin. Beberapa kandungan dalam daun jarak ini dikatakan dapat mengatasi berbagai gangguan penyakit. Tidak heran, jika untuk mengobati bermacam penyakit, daun jarak seringkali dijadikan bahan alami dan tradisional.

Seperti untuk meredakan kondisi demam pada si kecil, meredakan perut kembung, sampai mengatasi masalah ambeien atau susah buang air besar. Bukan cuma itu, terdapat beberapa manfaat daun jarak bagi kesehatan tubuh yang tidak kalah penting.

Manfaat daun jarak bagi kesehatan berikut ini, bisa dibuat referensi dan rekomendasi sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi bermacam gangguan kesehatan. Selain itu, supaya bisa dikonsumsi sebagai obat, kami juga merangkum bagaimana cara mengolah daun jarak dengan baik.

Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat daun jarak pagar yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini! 

manfaat daun jarak pagar

Sumber: https://www.bukalapak.com

Beberapa Manfaat Daun Jarak Pagar untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu

1. Meredakan Sariawan

Manfaat daun jarak bagi kesehatan yang pertama yaitu berkhasiat untuk meredakan sariawan. Manfaat in bisa didapat dari getah daun jarak. Diinfokan dari Liputan6.com, getah daun jarak ini dapat meredakan peradangan pada sariawan.

Caranya sangat mudah, Anda cukup meremas-remas bagian ujung daun dan batang daun jarak untuk mengeluarkan getahnya. Setelah muncul getah, secara perlahan oleskan getah tersebut pada bagian mulut yang terkena sariawan. Anda cukup mengoleskan sedikit saja, sampai perlahan sariawan akan berkurang.

2. Mengatasi Perut Kekenyangan

Manfaat daun jarak bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat mengatasi perut kembung. Anda bisa menempelkan atau mengoleskan daun jarak pada bagian perut yang sedang terasa kembung, untuk mendapatkan manfaat ini.

Sebelumnya, siapkan sebagian lembar daun jarak yang masih utuh dan cuci dengan air bersih. Selanjutnya, pada permukaan daun jarak berikan sedikit minyak kayu putih. Lalu oleskan daun jarak pada bagian perut dan sekitar dada.

Cara ini bisa memberikan rasa hangat pada tubuh. Untuk hasil yang baik, Anda bisa melakukan metode ini sebelum tidur dan diperkenankan selama semalaman.

3. Menurunkan Demam pada Bayi

Manfaat daun jarak bagi kesehatan yang tidak kalah menarik merupakan bisa digunakan untuk menurunkan panas demam si kecil. Apabila Anda menemui kondisi si kecil yang tiba-tiba demam, daun jarak bisa menjadi penolong pertama untuk meredakan gejala demam si kecil.

Caranya cukup mudah, siapkan 2–3 lembar daun jarak utuh dan cuci dengan air sampai bersih. Pada permukaannya, oleskan sedikit minyak kayu putih. Lalu selama 2 menit panaskan daun jarak di atas api. Pastikan semua permukaan daun bisa dipanaskan secara merata.

Setelah itu, letakkan daun jarak tersebut pada bagian punggung dan perut bayi. Anda bisa menempelkan daun jarak pada tubuh bayi lalu pasang bedong untuk menahannya supaya tidak berubah posisi. Ini menjadi salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah demam pada si kecil.

4. Mengatasi Sembelit

Manfaat daun jarak bagi kesehatan rupanya juga berkhasiat untuk mengatasi ambeien atau susah buang air besar. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda wajib memilih daun jarak yang masih segar. Caranya, cuci bersih beberapa helai daun jarak yang telah dipilih.

Kukus di atas api sampai matang, dan daun jarak bisa dikonsumsi sebagai lalapan atau pendamping makanan. Dengan begitu, keadaan sulit ambeien bahkan bisa langsung teratasi.

manfaat daun jarak pagar

Sumber: https://www.dekoruma.com

5. Menghilangkan Kurap

Manfaat daun jarak bagi kesehatan selanjutnya merupakan dapat menghilangkan gangguan kulit kurap. Dalam hal ini, daun jarak mempunyai kandungan minyak alami yang mempunyai senyawa aktif asam undesilenat. Senyawa ini bisa bekerja meredakan berbagai gejala yang terjadi pada penderita kurap.

Cukup mudah caranya, siapkan beberapa lembar daun jarak yang telah dicuci bersih. Kemudian selama beberapa jam, rendam daun jarak dengan minyak kelapa. Selanjutnya, panaskan minyak dan daun jarak selama beberapa saat.

Apabila sudah, oleskan daun jarak ke permukaan kulit yang terkena kurap. Lalu tutup dengan menggunakan kain katun atau handuk. Biarkan selama semalaman, dan perlahan kurap bisa sirna dengan sendirinya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cara ini bisa dilakukan rutin setiap hari.

6. Mengatasi Rematik

Manfaat daun jarak bagi kesehatan juga bisa mengatasi gangguan rematik. Manfaat ini bisa didapat dengan mengoleskan air rebusan daun jarak pada bagian tubuh yang terkena rematik. Sebelumnya, siapkan daun jarak 5–8 lembar dan cuci sampai bersih.

Kemudian tambahkan sedikit air hangat dan tumbuk daun jarak sampai halus. Apabila sudah, oleskan daun jarak yang telah dihaluskan ke bagian tubuh rematik. Cara ini bisa dilakukan minimal 3 kali sehari sampai gejala rematik bisa mereda.

7. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Manfaat daun jarak bagi kesehatan yang cukup penting selanjutnya tidak lain bisa menstabilkan kadar gula darah. Hal ini bisa didapat dengan mengkonsumsi air rebusan daun jarak secara rutin setiap hari. Caranya sangat mudah, cukup merebus beberapa lembar daun jarak yang telah dicuci bersih.

Setelah mendidih, masukkan ke dalam gelas dan tunggu beberapa saat supaya lebih hangat. Dan air rebusan daun jarak bisa langsung diminum. Untuk mencegah naiknya kadar gula darah dalam tubuh, ramuan ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

8. Menyembuhkan Kerusakan Hati

Manfaat daun jarak bagi kesehatan yang terakhir yaitu berkhasiat untuk memperbaiki kerusakan hati. Hal ini telah digambarkan dalam sebuah penelitian, bahwa ekstrak daun jarak secara efektif bisa mengatasi kerusakan hati yang disebabkan oleh galactosamine.

Bukan cuma itu, ekstrak daun jarak juga berkhasiat untuk mengatasi masalah peradangan pada tubuh. Salah satu manfaat daun jarak ini sangat sayang jika dilewatkan karena baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi untuk Wanita sebagai Media Kecantikan. Check It!