Cara Buat Sambal Ayam Bakar

Posted on

Sambal bawang adalah salah satu saus yang paling digemari di Indonesia. Rasanya pedas dan sedikit manis, sesuai untuk dipadukan dengan aneka jenis makanan seperti sate, nasi goreng, bakso, dan masih banyak lagi. Nah, jika Anda ingin mencoba membuat sambal bawang sendiri di rumah, berikut ini adalah cara yang dapat Anda coba.

Langkah 1: Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum mulai membuat sambal bawang, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan yang diperlukan:

  1. 10 buah cabe rawit merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 siung bawang merah
  4. 1 sendok makan kecap manis
  5. 1 sendok teh gula jawa
  6. 5 sendok makan minyak goreng
  7. Garam secukupnya

Pastikan bahan-bahan yang disiapkan segar dan bersih.

Langkah 2: Cuci dan Potong Bawang

Pertama-tama, cuci bersih bawang putih dan bawang merah, lalu potong menjadi bagian kecil-kecil agar mudah dihaluskan. Sama halnya dengan cabe rawit, potong menjadi bagian kecil-kecil, dan jangan lupa untuk membuang bijinya terlebih dahulu.

Langkah 3: Tumis Bawang dan Cabe Rawit

Setelah bahan-bahan di atas sudah dipotong dan disiapkan, langkah berikutnya adalah menumis bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit. Tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan, lalu masukkan bahan-bahan yang sudah dihaluskan ke dalamnya. Tumis bahan-bahan tersebut hingga tercium aroma yang sedap.

Langkah 4: Tambahkan Gula Jawa dan Kecap Manis

Setelah bahan-bahan mulai harum, tambahkan gula jawa dan kecap manis ke dalam wajan. Aduk rata hingga gula jawa larut dan bahan-bahan tercampur sempurna.

Baca juga  Cara Menjadi Agen Telur

Langkah 5: Koreksi Rasanya

Setelah semua bahan tercampur dengan sempurna, cicipi sambal bawang yang sudah Anda buat. Jika rasanya belum pas, Anda bisa menambahkan garam secukupnya. Setelah rasa pas, matikan api.

Langkah 6: Sajikan Sambal Bawang

Sambal bawang siap disajikan. Anda bisa menyimpannya dalam wadah kaca atau toples untuk digunakan di masa mendatang. Sambal bawang yang dibuat sendiri di rumah tidak hanya lebih sehat dan enak, tetapi juga lebih murah dibandingkan membeli sambal di luar. Jadi, selamat mencoba!

sambal bawang

Pilihan Makanan yang Cocok dengan Sambal Bawang

Sambal bawang dapat menjadi saus yang pas untuk banyak jenis makanan. Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang cocok dengan sambal bawang:

  • Sate kambing
  • Nasi goreng
  • Mie goreng
  • Oseng-oseng tempe
  • Bakso

Campurkan sambal bawang ini dengan makanan yang Anda suka, dan rasakan sensasi pedas dan nikmatnya saus yang satu ini.

Simak tulisan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *