Budidaya Adalah…

Posted on

budidaya adalah

Budidaya – Pada dasarnya, budidaya adalah sebuah istilah yang berkaitan dengan suatu proses memperbanyak sumber daya hayati, yang biasanya ada dalam bidang peternakan, perkebunan dan pertanian.

Budidaya ini kerap dijadikan sebagai sebuah ladang bisnis yang ampuh untuk mendapatkan banyak keuntungan yang berlimpah. Di Indonesia sendiri, telah banyak kegiatan budidaya yang digeluti masyarakat, seperti budidaya kebun teh, budidaya ikan mas dan budidaya lainnya.

Hasil panen dari budidaya tersebut nantinya dapat disalurkan lagi ke penjual lain untuk diolah menjadi produk tertentu. Tidak hanya itu, kegiatan budidaya juga dianggap efektif untuk menjaga kelangsungan hidup aneka ragam hayati. Sehingga, dapat meminimalisir terjadinya kelangkaan pada suatu hayati tertentu.

Namun, kegiatan budidaya perlu dilakukan secara tepat supaya tidak mengakibatkan kerugian tertentu. Entah itu kerugian pada alam ataupun kerugian pada pemilik budidaya itu sendiri.

Nah, pada ulasan kali ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai pengertian sebenarnya dari budidaya, lengkap dengan manfaat, tujuan, jenis serta contoh-contoh budidaya yang ada di dalamnya.

Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Pengertian Budidaya Adalah …

Jadi, budidaya adalah sebuah usaha yang dilakukan secara terencana dan juga tersusun rapi. Tujuannya yaitu untuk dapat memelihara dan juga mengembangbiakan suatu hewan atau tanaman tertentu supaya tetap terjaga kelestariannya.

Serta, agar memperoleh hasil yang bermanfaat serta berguna untuk memenuhi kebutuhan hajat setiap manusia. Pengertian lain dari budidaya yaitu sebuah upaya mengembangbiakan hewan maupun tumbuhan yang dilakukan oleh para petani atau para peternak.

Para petani biasanya akan membudidayakan tanaman pangan seperti tanaman buah-buahan dan sayuran, hingga tanaman-tanaman hias yang cantik.

Sementara untuk para peternak, biasanya akan menjalankan budidaya hewan ternak yang biasa dijadikan sebagai salah satu sumber makanan, mulai dari hewan sapi, ikan, ayam, bebek atau hewan ternak lainnya. Hasil dari budidaya tersebut nantinya dapat dijual supaya mereka bisa memperoleh keuntungan tertentu.

Menurut Para Ahli, Budidaya Adalah …

Setiap para ahli di bidangnya mempunyai pendapat atau pandangan tersendiri dalam mengartikan budidaya, dan berikut ini adalah pengertian budidaya menurut para ahli:

1. Chairun Hanum

Chairun Hanum mengungkapkan bahwa budidaya merupakan sebuah upaya yang mampu menghasilkan bahan pangan maupun produk agroindustri lainnya dengan memanfaatkan sumber daya tumbuhan dan juga menjadikan tanaman hortikultura, tanaman perkebunan, dan juga tanaman pangan sebagai objek budidaya.

2. Sunjian

Sunjian menjelaskan bahwa budidaya merupakan pengembangan pertanian yang dilakukan oleh masyarakat supaya dapat memperoleh hasil yang mampu memenuhi kebutuhan pokok manusia.

3. PP RI No 18 Tahun 2010

Berdasarkan PP RI No 18 Tahun 2010 tentang Usaha Budidaya Tanaman, budidaya merupakan sebuah kegiatan pengembangan dan juga pemanfaatan sumber daya nabati yang dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan teknologi, modal, atau sumber daya lainnya supaya dapat menghasilkan sebuah produk barang yang mampu memenuhi kebutuhannya.

Salah satu contohnya yaitu budidaya tanaman hias yang dapat dipakai untuk mendekorasi seperti cemara, bunga mawar, bunga melati, tanaman pakis haji dan palem kipas. Contoh lainnya yaitu budidaya tanaman pangan seperti kentang, wortel, tanaman sawi, bayam, bayang, dan tanaman lainnya.

Baca Juga: Budidaya Ikan Gurame

Manfaat Budidaya

Peternak dan petani adalah profesi yang selalu identik dengan kegiatan budidaya. Biasanya, para petani akan melakukan kegiatan budidaya pada buah-buahan, sayur-sayuran, tanaman pangan, hingga tanaman hias tertentu.

Sementara untuk para peternak, biasanya akan melakukan kegiatan budidaya pada hewan ternak seperti domba, ikan tawar, ayam, sapi, kambing atau ikan hias.

Dengan adanya kegiatan budidaya ini, para peternak dan petani dapat memperdagangkan hasil produksi dari budidayanya supaya bisa mendapatkan keuntungan. Nah, menurut pengertian budidaya di atas, maka terdapat berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan kegiatan budidaya.

Pertama, mereka yang melakukan budidaya pastinya akan memperoleh keuntungan dari sisi ekonomi, ataupun dari sisi konsumsi untuk dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pangan. Kedua, mereka juga akan memperoleh hasil yang optimal dari hasil produksi budidaya yang berkualitas.

Ketiga, kegiatan budidaya dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengelola sumber daya alam yang ada secara lebih optimal. Kegiatan budidaya yang berkaitan dengan tanaman akan ikut membantu menciptakan udara yang bersih serta lingkungan hidup yang lebih sejuk.

Baca Juga: Budidaya Keroto

Macam-Macam Budidaya

Dalam proses pelaksanaannya, terdapat beragam jenis budidaya yang paling banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia untuk memperoleh hasil yang optimal. Macam-macam budidaya tersebut yaitu:

budidaya adalah

1. Budidaya Tanaman Pangan

Sesuai dengan namanya, kegiatan budidaya ini dilakukan demi menghasilkan produk pangan utama, seperti produk yang dapat menghasilkan sumber protein dan karbohidrat.

Banyak masyarakat yang menjalankan budidaya jenis ini karena hasilnya memang mampu memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan dan juga mempunyai nilai ekonomis tertentu.

Tidak hanya itu, budidaya tanaman pangan juga menjadi budidaya yang paling menguntungkan apabila dibandingkan dengan jenis budidaya yang lainnya. Beberapa contoh dari budidaya pangan yaitu budidaya tanaman kacang tanah, gandum, singkong, padi, jagung, ubi jalar, dll.

2. Budidaya Tanaman Sayur

Tujuan dilakukannya budidaya tanaman sayur yaitu demi mendapatkan produk bahan pangan dengan memanfaatkan sumber daya tanaman yang sebelumnya telah ditanam.

Hasil produk dari budidaya tanaman sayur ini biasanya menghasilkan beberapa jenis tanaman yang dapat dikonsumsi. Beberapa contoh dari produk tanaman sayur ini yaitu sayur kangkung, sayur seledri, sayur bayam, sayur kol, sayur selada, dll.

Baca Juga: Budidaya Lopster Air Tawar

3. Budidaya Tanaman Buah

Selain menjalankan kegiatan budidaya tanaman sayuran, banyak para petani lainnya yang melakukan kegiatan tanaman buah. Umumnya, budidaya tanaman buah akan menghasilkan produk buah-buahan yang segar yang dapat diperdagangkan.

Ada banyak sekali jenis buah pada budidaya yang satu ini, misalnya adalah buah strawberry, buah jambu, buah anggur, buah jeruk, buah mangga, buah naga, buah melon, buah apel dan buah lainnya.

4. Budidaya Perikanan

Budidaya perikanan adalah kegiatan mengembangbiakan dan juga memelihara ikan jenis tertentu supaya dapat memperoleh hasil yang lebih bermanfaat. Ada dua jenis ikan yang umum dibudidayakan, yaitu ikan untuk dikonsumsi dan juga ikan hias. Misalnya yaitu ikan mas, ikan lele, ikan mujair, ikan cupang, ikan nila, ikan koi, ikan gurame, ikan arwana, dll.

Kegiatan budidaya perikanan ini juga tidak terbatas pada jenis ikan tertentu. Tetapi, masih ada lagi organisme airnya yang banyak dibudidayakan oleh para petani, seperti kerang, udang, lobster dan tumbuhan lainnya seperti rumput laut.

Baca Juga: Budidaya Ayam Telur

budidaya adalah

5. Budidaya Hewan Ternak

Budidaya hewan ternak yaitu sebuah kegiatan mengembangbiakan serta memelihara jenis hewan ternak tertentu supaya dapat memperoleh keuntungan dan juga manfaat lain.

Umumnya, beberapa jenis hewan ternak yang dibudidayakan dan dikembangbiakan oleh masyarakat Indonesia yaitu kambing, kerbau, bebek, ayam, sapi, domba, burung, angsa, dll.

Tujuan Budidaya

Menurut penjelasan mengenai budidaya diatas, maka tujuan budidaya yaitu untuk memperoleh penghasilan sendiri, membuka lapangan kerja yang luas, mengembangkan potensi tanaman hias dan makanan lain, menjadi sumber penghasilan, supaya para konsumen lebih mengenal tanaman hias dan tanaman pangan dari berbagai daerah, supaya dapat melakukan bisnis dengan baik,  dan melakukan kegiatan tanaman hias.

Tidak hanya itu, tujuan budidaya juga untuk mempromosikan ekspansi dan juga peluang bisnis serta pekerjaan yang tepat, menjaga kedaulatan dan keamanan pangan, meningkatkan perlindungan tanaman serta menyediakan kebutuhan bahan baku.

Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Alam Beserta Jenis, Manfaat, & Sifatnya…

Kesimpulan

Berdasarkan apa yang telah kita bahas diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa budidaya merupakan proses yang dilakukan secara terencana guna memelihara dan juga mengembangkan tanaman maupun hewan supaya mereka tetap hidup secara berkelanjutan dan bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Manfaat dari melakukan budidaya pun sangat banyak, seperti memperoleh keuntungan ekonomi, mendapatkan produk berkualitas, atau dapat mengelola sumber daya alam lainnya.

Beberapa jenis dari kegiatan budidaya yaitu budidaya sayuran, budidaya perikanan, budidaya tanaman pangan serta budidaya hewan ternak.

Itulah penjelasan mengenai budidaya ini. Semoga ulasan artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menginspirasi Anda dalam berbisnis.