Bonsai Kamboja

Posted on

Bonsai adalah seni merawat tanaman untuk menyerupai sebuah pohon asli yang dipotong dalam bentuk miniatur. Banyak jenis tanaman yang dapat disulap menjadi bonsai, salah satunya adalah Adenium dan Kamboja. Namun, perbedaan klasifikasi bonsai Adenium dengan bonsai Kamboja ternyata cukup mencolok.

Perbedaan Habitat

Perbedaan Klasifikasi Bonsai Adenium dengan Bonsai Kamboja

Adenium dan Kamboja berasal dari daerah yang berbeda. Adenium berasal dari Afrika tropis dan Timur Tengah, sedangkan Kamboja berasal dari daerah subtropis Asia Timur. Karena itu, Adenium lebih cocok ditempatkan di daerah beriklim panas seperti daerah tropis atau gurun. Sementara itu, Kamboja lebih cocok ditempatkan di daerah yang lebih sejuk seperti daerah subtropis.

Perbedaan Ciri-ciri Tanaman

Perbedaan Klasifikasi Bonsai Adenium dengan Bonsai Kamboja

Adenium dan Kamboja memiliki ciri-ciri tanaman yang berbeda. Adenium memiliki batang yang tebal dan akar yang terlihat jelas, sedangkan Kamboja memiliki batang yang agak tipis dan akar yang tidak terlihat. Daun Adenium berbentuk seperti sabit dengan ujung tumpul, sedangkan daun Kamboja berbentuk bulat dengan ujung meruncing. Bunga Adenium memiliki bentuk yang runcing dengan kelopak bunga yang tipis, sedangkan bunga Kamboja berbentuk bulat dengan kelopak bunga yang relatif tebal.

Perbedaan Pemangkasan

Perbedaan Klasifikasi Bonsai Adenium dengan Bonsai Kamboja

Pemangkasan merupakan salah satu prosedur penting dalam merawat bonsai. Ada beberapa perbedaan dalam pemangkasan bonsai Adenium dan Kamboja. Pada Adenium, bagian batang yang tidak diinginkan harus dipangkas secara tegas, sedangkan pada Kamboja, pemangkasan harus lebih hati-hati karena batangnya yang tipis. Selain itu, pemangkasan pada Adenium dilakukan pada bulan-bulan tertentu yang terkait dengan fase pertumbuhan tanaman, sedangkan pemangkasan pada Kamboja tidak begitu terikat dengan fase pertumbuhan.

Baca juga  Bentuk Bonsai Serut

Perbedaan Kriteria dalam Penilaian

Perbedaan Klasifikasi Bonsai Adenium dengan Bonsai Kamboja

Secara umum, kriteria penilaian bonsai Adenium dan Kamboja adalah sama, yaitu bentuk, ukuran, kesatuan, tekstur, dan warna. Namun, ada perbedaan dalam kriteria tertentu dalam penilaian keduanya. Adenium lebih dinilai berdasarkan pada keberadaan batang utama yang kuat dan terlihat jelas, sedangkan Kamboja lebih dinilai berdasarkan pada kualitas daun dan bunga.

Itulah beberapa perbedaan klasifikasi bonsai Adenium dengan bonsai Kamboja. Kedua jenis bonsai ini memang memiliki karakteristik yang unik dan memiliki tantangan sendiri dalam merawatnya. Namun, dengan pengetahuan yang baik, Anda dapat membuat bonsai Adenium atau Kamboja yang menakjubkan!

Baca artikel lainnya seputar Bonsai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *