Bawang Putih Impor Dari China

Posted on

Brotuwa gais, kalian semua pasti sudah tahu kan kalo impor bawang putih dari China udah disetop? Gue sih bingung harus gimana, kan tanpa bawang putih hidup gue jadi payah banget ya. Terus tadi gue pengen beli bawang putih eh harganya malah naik gila-gilaan. Apa daya, namanya juga negara sedang menghadapi masalah, ya roda perekonomian jadi berputar-putar mengikuti aturan buyar.

Ini Dia Penyebab Meningkatnya Harga Bawang Putih

bawang-putih

Nah, kalo kalian masih penasaran juga kenapa harga bawang putih kok bisa naik, tenang gue bakal jelasin. Jadi, di Indonesia bawang putih ini termasuk komoditas impor yang berasal dari beberapa negara, salah satunya adalah China. Dalam beberapa minggu belakangan ini, negara tersebut membatasi ekspor bawang putihnya, salah satunya ke Indonesia. Terus kenapa mereka membatasi ekspor? Kalo yang gue dengar sih, kalo di China lagi ada virus ASF yang menyerang babi, nah hasil limbah babi tersebut dipakai buat pupuk bawang putih. Jadi, pemerintah China memutuskan untuk membatasi ekspor bawang putih demi kepentingan dalam negeri mereka.

Nah, kalo lebih simpelnya lagi, jadi bawang putih yang biasanya bukan cuma dari China tapi juga dari negara-negara lain, sekarang jadi enggak bisa impor lagi dari China. Padahal, impor dari negara lain belum tentu bisa mengimbangi kebutuhan dalam negeri kita. Kalo kebutuhan dalam negeri udah terpenuhi, dan kalo harga bawang putih bisa naik terus menerus, nanti gue aja yang mulai diet bebas bawang putih. Kalian gimana?

Baca juga  Anatomi Daun Bayam

Bawang Putih Sumber Kesehatan

bawang-putih

Coba bayangan deh, gimana dunia tanpa bawang putih? Gue rasa semua masakan pasti jadi kurang enak deh. Tapi apalagi ya manfaat dari bawang putih selain menambah rasa pada masakan kita? Nah, kalo kalian enggak tahu, gue bakal kasih tau aja ya.

Bawang putih selain enak juga ternyata kaya akan nutrisi, dan bahkan dianggap sebagai bahan makanan bernutrisi tertinggi di dunia. Kandungan nutrisi di dalamnya yaitu vitamin B1, B6, C, dan E, bersama zat besi, kalori, lemak, protein, dan kalsium. Selain itu, bawang putih juga terkenal kaya dengan sifat antimikroba, antijamur, antitumor, anti-kolesterol, dan bahkan dapat menurunkan tekanan darah. Amazing banget kan?

Jadi, gimana tuh coba hidup tanpa bawang putih? Duh, hidup gue jadi kurang bahagia nih. Mending deh gue mending cari bawang putih yang lebih murah, daripada beneran harus hidup tanpa bawang putih. Kalian gimana?

Simak Tips Mengakali Harga Bawang Putih yang Mahal

bawang-putih

Nah, kalo kalian masih galau gimana cara mengatasi harga bawang putih yang mahal dan enggak mau jauh-jauh membeli sayuran lain, jangan khawatir. Gue punya beberapa tips untuk mengakali harga bawang putih yang mahal.

  1. Mencari bawang putih di pasar tradisional atau tukang sayur yang biasanya lebih murah dibandingkan di supermarket
  2. Belanja pada pagi atau sore hari, karena harga bawang putih biasanya lebih murah pada jam-jam tersebut
  3. Beli bawang putih secukupnya saja sesuai kebutuhan, jangan terlalu banyak karena bisa jadi harganya akan naik lagi.
  4. Kalo kalian gak mau ribet atau repot, bisa beli bawang putih kering yang biasanya lebih tahan lama dan harganya lebih stabil.
Baca juga  Cara Menanam Labu Kuning Agar Berbuah Lebat

Nah, berkat tips-tips ini, harga bawang putih yang naik bukanlah momok yang menakutkan lagi ya. Tetap semangat, terus mencintai bawang putih Indonesia!

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *