Bagian Bawang Merah

Posted on

Ini adalah 7 contoh perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan yang sangat menakjubkan. Mari kita bahas satu per satu.

Perkembangbiakan dengan Umbi Lapis

perkembangbiakan dengan umbi lapis

Perkembangbiakan dengan umbi lapis adalah suatu proses tumbuhnya tanaman melalui tumbuhnya umbi. Umbi lapis pada bawang atau bawang merah menjadi biji yang memungkinkan tanaman baru tumbuh.

Perkembangbiakan Tunas Akar

perkembangbiakan tunas akar

Perkembangbiakan tunas akar adalah proses tumbuhnya tunas pada akar. Tunas ini kemudian akan menanamkan dirinya ke dalam tanah untuk berkembang menjadi tanaman baru.

Perkembangbiakan Rhizoma

perkembangbiakan rhizoma

Perkembangbiakan rhizoma adalah proses tumbuhnya akar pada akar baik pada tanaman tersebut. Akar baru ini akan membantu tanaman untuk menyerap nutrisi dan air dari tanah lebih baik. Pada beberapa tanaman seperti jahe, rimpang yang tumbuh akan membuahkan jahe baru.

Perkembangbiakan Stolon

perkembangbiakan stolon

Perkembangbiakan stolon adalah proses tumbuhnya tangkai di permukaan tanah. Tangkai ini kemudian akan mengembangkan tunas baru di ujungnya dan akan menempel ke dalam tanah untuk berkembang menjadi tanaman baru.

Perkembangbiakan Daun

perkembangbiakan daun

Perkembangbiakan daun adalah proses tumbuhnya tanaman baru dari potongan daun tanaman yang sudah ada. Potongan daun kemudian disimpan di tanah dan akan menjadi tanaman baru.

Perkembangbiakan Bambu

perkembangbiakan bambu

Perkembangbiakan bambu biasanya dilakukan melalui stek atau pemisahan. Bambu diambil dari bagian yang sudah cukup tua untuk dipotong dan ditanam kembali di lokasi yang baru. Setelah beberapa waktu, bambu akan tumbuh dan berkembang menjadi tanaman dewasa.

Perkembangbiakan Bulbil

perkembangbiakan bulbil

Perkembangbiakan bulbil terjadi ketika umbi kecil tumbuh pada batang tanaman ketika tangkai tumbuh. Umbi tersebut kemudian akan berkembang menjadi tumbuhan baru.

Baca juga  Tanam Terong Di Polybag

Semua contoh di atas merupakan bukti betapa luar biasanya alam dan perkembangan tumbuhan. Bagaimana tumbuhan bisa mengembangkan dirinya dengan cara yang sangat mengagumkan. Mari kita hargai alam dan teruslah belajar tentang betapa luar biasanya segalanya.

Simak artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *