Ayam Putih Kuning

Posted on

Apakah kamu tahu bahwa ada jenis ayam bernama Kedu Putih? Betapa menariknya dunia ternak memang. Nah, kali ini kami akan mengajak kamu untuk sedikit mengenal jenis ayam yang satu ini. Simak ulasannya di bawah ini:

Ayam Jenis Kedu Putih

Ayam jenis kedu putih

Kedu Putih merupakan salah satu jenis ayam asli Indonesia yang mempunyai beberapa keunggulan. Ayam ini mempunyai bulu berwarna putih bersih dengan rupa tubuh yang ramping dan lincah. Ayam Kedu Putih biasanya memiliki leher dan punggung yang agak kelihatan membungkuk ke depan. Ciri-ciri lainnya dari ayam ini yaitu dada yang agak menonjol dan membuat kepala ayam ini terihat ke bawah.

Sebenarnya, ayam jenis Kedu ini berasal dari provinsi Jawa Tengah. Selain Kedu Putih, pada umumnya ada empat jenis ayam lain dari daerah tersebut, yaitu Kedu Hitam, Kedu Hitam-Putih, Kedu Coklat dan Kedu Lelakon. Namun, Kedu Putih adalah yang paling digemari karena keindahan bulu dan keunikan bentuknya.

Keunggulan Ayam Jenis Kedu Putih

Ayam jenis kedu putih

Seperti yang sudah disebutkan, ayam Kedu Putih mempunyai beberapa keunggulan. Pertama-tama, tentu saja keindahan bulu dan bentuk tubuhnya yang unik dan indah. Selain itu, ayam jenis ini juga memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik. Karena ayam Kedu Putih adalah salah satu ayam asli Indonesia, ia mampu tumbuh dan berkembang dengan baik di bumi Nusantara.

Selain itu, ayam Kedu Putih juga mempunyai keunggulan lain, yaitu performa dalam bertelur yang cukup bagus. Meskipun ayam ini dikenal sebagai ayam hias, namun jumlah telur yang dihasilkan oleh ayam Kedu Putih bisa dibilang cukup memuaskan. Jadi, jika kamu menginginkan ayam hias yang cantik dan bisa menghasilkan telur, ayam Kedu Putih bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga  Cetakan Telur Gabus

Ragam Budidaya Ayam Kedu Putih

Ayam jenis kedu putih

Jika kamu tertarik untuk merawat atau memelihara ayam Kedu Putih, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam hal budidaya ayam Kedu Putih. Perlu dicatat bahwa ayam Kedu Putih termasuk jenis ayam area lokal yang cukup sulit membesarkannya. Jadi, jika kamu ingin membudidayakan ayam Kedu Putih, kamu perlu lebih berhati-hati dalam menjaga kondisi kandang, pemberian pakan dan lain-lain.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa ayam jenis Kedu Putih tidak cocok untuk di ternak secara massal. Ayam Kedu Putih lebih cocok untuk di ternak dalam jumlah kecil-kecilan dengan merawatnya secara lebih intensif dan penuh kasih sayang. Jangan lupa, dalam hal mengembangbiakan ayam Kedu Putih, kamu perlu memilih jantan dan betina yang berkualitas untuk mendapatkan potensi hasil yang maksimal.

Penutup

Ayam jenis kedu putih

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai ayam jenis Kedu Putih. Walau merupakan ayam hias yang indah, namun ayam jenis Kedu Putih mempunyai keunggulan lain seperti performa telur yang cukup memuaskan. Jadi, jika kamu tertarik untuk memelihara ayam Kedu Putih, perlu diingat bahwa budidaya ayam Kedu Putih memerlukan perhatian dan kasih sayang yang lebih intensif. Semoga bermanfaat!

Simak postingan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *