Meja Makan Di Bawah Tangga

Posted on

Dear teman-teman, hari ini aku ingin membahas tentang meja makan dari bahan kayu. Mungkin banyak dari kita yang menggunakan meja makan dari bahan lain seperti plastik atau metal, namun apa itu meja makan kayu dan apa keuntungan menggunakan meja makan dari bahan kayu?

Meja Makan Kayu

Meja makan kayu adalah meja makan yang terbuat dari bahan kayu solid atau kayu lapis. Kayu yang digunakan bervariasi dari jenis kayu jati, trembesi, atau kayu lainnya. Meja makan kayu memiliki tampilan yang lebih natural dan ekologis dibandingkan dengan meja makan dari bahan lainnya.

meja makan kayu jati jepara

Apa itu Meja Makan Kayu?

Meja makan kayu adalah meja makan yang terbuat dari bahan kayu. Kayu yang digunakan dapat bervariasi dari kayu jati, trembesi, atau kayu lainnya. Meja makan kayu memiliki tampilan yang lebih natural dan ekologis dibandingkan dengan meja makan dari bahan lainnya. Meja makan kayu banyak ditemukan pada rumah-rumah tradisional maupun modern.

Mengapa Memilih Meja Makan Kayu?

Memiliki meja makan kayu mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh meja makan dari bahan lainnya.

Kelebihan

  1. Lebih natural dan berkesan elegan
  2. Berkarakter dan tahan lama
  3. Cocok untuk semua jenis dekorasi ruangan
  4. Bebas dari bahan kimia berbahaya
  5. Dapat diolah menjadi berbagai model dan jenis
Baca juga  Meja Makan Murah Dibawah 1 Juta

Kekurangan

Seperti benda apapun, meja makan kayu pun mempunyai beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh konsumen

  1. Memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kualitas dan daya tahannya
  2. Harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan meja makan dari bahan lainnya
  3. Berat dan sulit untuk diangkut

Jenis-Jenis Meja Makan Kayu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, meja makan kayu dapat dibuat dari berbagai jenis kayu yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis meja makan kayu yang populer:

Meja Makan Kayu Jati

meja makan jati

Meja makan kayu jati adalah salah satu jenis meja makan kayu paling populer di pasaran. Kayu jati dikenal secara umum karena kualitas kokohnya, tahan lama dan keindahannya, serta memiliki kandungan minyak alami yang membantu menjaganya dari kerusakan.

Meja Makan Kayu Trembesi

meja makan trembesi

Trembesi adalah kayu untuk meja makan yang sedang naik daun. Kayu ini dianggap sebagai alternatif yang lebih terjangkau dan ramah lingkungan dari kayu jati, sementara masih menawarkan estetika yang indah seperti kayu jati.

Cara Kerja Membuat Meja Makan Kayu

Meja makan kayu dapat dibuat dengan menggunakan beberapa cara, tergantung pada jenis dan ukuran meja makan yang diinginkan. Berikut adalah cara pembuatan meja makan kayu:

Pemilihan Kayu

Pertama-tama, pastikan kayu yang dipilih memiliki kualitas yang baik. Ini melibatkan pilihan baik dari segi cita rasa estetika dan daya tahannya dalam waktu yang lama. Kayu Jati dan Trembesi berkualitas bagus.

Perencanaan Desain

Setelah memiliki kayu yang sesuai, maka ke tahap merancang bentuk dan desain meja. Ini melibatkan merencanakan dimensi dan persyaratan spesifik meja. Setelah desain diperhitungkan, mulailah memotong kayu menjadi ukuran yang tepat.

Pembuatan Potongan Kayu

Meja makan akan memiliki beberapa bagian terpisah yang kemudian akan digabungkan menjadi satu bagian. Ini melibatkan potongan kayu yang kemudian dirancang menjadi papan bawah, kaki, dan bisbol meja.

Baca juga  Taplak Meja Makan Persegi Panjang

Pengerjaan Bahan Kayu

Setelah semua potongan kayu telah siap, mulailah merampingkan, memangkas dan menghaluskan setiap bagian kayu. Kemudian, lakban proses dan finishing sesuai dengan gaya dan kebutuhan pengguna. Biasanya, kayu dilapisi dengan lapisan atau lapisan finishing yang dapat melindungi dari kelembaban dan pengaruh buruk dari lingkungan sekitarnya.

Pembuatan Pas Aduan

Pada tahap pas aduan, bagian-bagian kayu kemudian diadu dan digabungkan dengan menggunakan sekrup dan perekat kayu. Ada beberapa cara untuk menahan bagian kayu agar saling terhubung yang meliputi cara ekor, cara suntik, dan flat joint.

Pembersihan Meja Kayu

Setelah meja selesai terbuat, pastikan untuk membersihkannya secara teratur. Ini meliputi penggunaan pengharum kayu dan membersihkan noda atau debu setiap kali digunakan. Penting juga untuk mendapatkan perawatan menyeluruh setidaknya setahun sekali dengan melakukan penyegelan ulang dan tata ulang lukisan agar tampilan kayu tetap terjaga.

Keuntungan Menggunakan Meja Makan Kayu

Keuntungan utama menggunakan meja makan kayu adalah estetika dan daya tahannya yang mumpuni. Meja makan kayu dapat bertahan bertahun-tahun dan tetap menjaga tampilan naturalnya. Selain itu, meja makan kayu juga dapat diproduksi dalam berbagai model dan jenis seperti meja makan kayu Jati dan Trembesi.

Manfaat

  1. Mencegah dampak negative lingkungan
  2. Memberikan kesan elegan dalam interior rumah
  3. Tidak mengandung bahan-bahan kimia
  4. Sangat tahan lama jika dirawat dengan benar
  5. Memiliki nilai jual yang tinggi jika hendak dijual kembali

Demikianlah ulasan mengenai meja makan kayu. Semoga ulasan ini dapat membantu teman-teman dalam memilih meja makan yang sesuai dan penting dalam mempertimbangkan pemilihan meja makan yang memiliki keunggulan yang didalamnya. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga  Makan Siang Di Meja Kantor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *