Ayam Kalkun Betina

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan hewan burung kalkun, salah satu burung pemakan biji-bijian yang sudah dikenal sejak zaman purbakala. Tetapi Anda tahu tidak? Ada dua jenis ayam kalkun yang sering dipelihara sebagai kalkun pedaging di Indonesia, yaitu kalkun jenis Bronze dan Narragansett Turkey. Bahkan, jumlah peternak ayam kalkun jenis Bronze dan Narragansett Turkey di Indonesia kini semakin bertambah.

Ayam Kalkun Jenis Bronze

ayam kalkun jenis bronze

Ayam kalkun jenis Bronze (Meleagris gallopavo) berasal dari Amerika Serikat bagian Timur dan dibawa ke Inggris oleh Christopher Columbus pada tahun 15-an. Ayam kalkun jenis Bronze memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kalkun jenis Narragansett.

Kalkun jenis Bronze memiliki pohon bulu yang bagus dan penetasan telur yang baik. Selain itu, ayam kalkun jenis Bronze juga dikenal mempunyai karakter yang ramah, sehingga mudah untuk memeliharanya.

Ayam Kalkun Jenis Narragansett Turkey

ayam kalkun jenis narragansett

Sementara itu, ayam kalkun jenis Narragansett berkembang biak di wilayah pantai New England, Amerika Serikat. Kalkun Narragansett Turkey (Meleagris gallopavo) pertama kali diperkenalkan oleh para nelayan kecil dari Inggris yang menyeberang ke Amerika Serikat.

Kalkun Jenis Narragansett Turkey memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis kalkun lainnya. Pertama, ayam kalkun jenis Narragansett memiliki berat tubuh relatif ringan namun mempunya kualitas rasa daging yang sangat baik. Ayam kalkun jenis ini memiliki sifat yang jinak sehingga sangat cocok dipelihara sebagai hewan peliharaan keluarga.

Kedua, kalkun jenis Narragansett Turkey memiliki warna bulu yang menarik dan eksotis. Warna bulunya yang abu-abu, hitam, putih, dan coklat membuat ayam kalkun jenis ini terlihat cantik dan menarik.

Baca juga  Jenis Ayam Broiler

Indukan Betina

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, maka untuk menyambung nasab keturunan kalkun jenis Bronze dan Narragansett turkey, sepenuhnya bergantung pada telur yang dihasilkan oleh indukan betina.

Maka, tak heran jika para peternak sangat selektif dalam memilih indukan betina sebagai media atau penopang matriks biji-bijian. Dalam hal ini, kualitas telur dipilih secara seksama dengan memperhitungkan tingkat keshammilan dan performa reproduksi telur tersebut.

Dalam hal memilih indukan betina yang baik, para peternak biasanya mengetahui berdasarkan warna leher kalkun, suaranya yang tenang dan kasih sayangnya pada lingkungan sekitar.

Peternak juga diharuskan menyediakan tempat yang memadai seperti terpal yang dimodifikasi atau sawah yang cocok sebagai tempat bertelur kalkun.

Kesimpulan

Kalkun jenis Bronze dan Narragansett Turkey mempunyai karakteristik yang berbeda namun sama-sama menjadi andalan peternak kalkun di Indonesia. Kalkun jenis Bronze mempunyai ukuran yang besar dan ramah, sementara kalkun jenis Narragansett Turkey mempunyai berat tubuh relatif ringan tetapi mempunyai kualitas rasa daging yang sangat baik. Penting untuk memilih indukan betina yang baik jika ingin mendapatkan keturunan kalkun yang berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para peternak kalkun di Indonesia.

Simak postingan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *