Perbedaan Kubis Dan Kol

Posted on

Kamu suka makan sayuran? Yuk, coba deh konsumsi kubis. Bukan cuma enak, tapi kubis juga punya manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Misalnya, kubis bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena kanker. Nah, kali ini kita akan membahas 4 jenis kubis beserta manfaatnya.

Kubis hijau (green cabbage)

Kubis hijau

Kubis hijau adalah jenis kubis yang paling sering ditemukan di pasar. Warna hijaunya yang khas membuatnya mudah dikenali. Selain enak, kubis hijau juga kaya akan vitamin C dan K. Vitamin C dalam kubis hijau dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin K dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kubis hijau juga mengandung senyawa yang disebut sulforaphane yang dapat membantu mencegah kanker.

Kubis merah (red cabbage)

Kubis merah

Beda dengan kubis hijau, kubis merah punya warna yang lebih cerah. Selain sebagai bahan salad atau sup, kubis merah juga bisa digunakan sebagai bahan kue. Kubis merah memiliki manfaat yang hampir sama dengan kubis hijau. Namun, kubis merah mengandung senyawa yang disebut anthocyanin yang bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Kubis brussels (brussels sprouts)

Kubis brussels

Belum banyak yang tahu tentang kubis brussels, padahal sayur ini juga punya manfaat yang luar biasa. Kubis brussels mengandung senyawa yang disebut glucosinolate dan sulforaphane. Dua senyawa tersebut bisa membantu mencegah kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kubis brussels juga kaya akan vitamin C, K, dan folat.

Kubis savoy (savoy cabbage)

Kubis savoy

Kubis savoy punya tekstur yang lebih lembut dan berkerut-kerut. Selain sebagai bahan sup atau tumisan, kubis savoy juga bisa dicampurkan sebagai bahan salad. Kubis savoy mengandung vitamin C dan K yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, kubis savoy juga mengandung senyawa yang disebut sinigrin yang bisa membantu mencegah kanker.

Baca juga  Bumbu Kangkung Belacan

Kesimpulannya, konsumsi kubis secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, kubis juga bisa dijadikan sebagai alternatif bahan makanan untuk kamu yang sedang diet. Yuk, mulai saat ini jangan ragu untuk sering-sering makan kubis, ya!

Temukan postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *