Alat Reproduksi Ayam

Posted on

Brothers and sisters, hari ini kita akan membahas mengenai salah satu hal yang sangat penting dalam ternak jantan yaitu organ reproduksi. Mari kita simak bersama-sama anatomi organ reproduksi pada ternak jantan. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, organ reproduksi ayam jantan terdiri dari beberapa bagian.

Testis

Testis Ayam Jantan

Bagian pertama yang akan kita bahas adalah testis. Testis adalah organ yang berfungsi untuk menghasilkan sperma. Pada ayam jantan, testis berjumlah dua dan terletak di bagian bawah dari kanalis inguinalis. Cara terbaik untuk mengetahui apakah ayam jantan telah mencapai masa pubertas atau belum adalah dengan melihat ukuran testisnya. Biasanya, testis ayam jantan yang telah mencapai masa pubertas akan memiliki ukuran sekitar 3-4 cm.

Duktus Deferens

Duktus Deferens Ayam Jantan

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai duktus deferens. Duktus deferens adalah saluran yang membawa sperma dari testis ke vesicula seminalis. Pada ayam jantan, duktus deferens berjumlah dua dan terletak di sebelah kiri dan kanan.

Vesicula Seminalis

Vesicula Seminalis Ayam Jantan

Vesicula seminalis adalah tempat sperma disimpan sebelum dikeluarkan dari tubuh ayam jantan. Pada ayam jantan, vesicula seminalis berjumlah dua dan terletak di atas duktus deferens.

Sifat Seminalis

Sifat Seminalis Ayam Jantan

Selain itu, kita juga harus mengetahui mengenai sifat seminalis. Sifat seminalis adalah cairan yang terdapat di dalam vesicula seminalis. Cairan ini berfungsi untuk menjaga kehidupan sperma selama dalam perjalanan dari testis hingga ke tempat pembuahan. Sifat seminalis memiliki pH yang berkisar antara 7,2-7,5, sehingga bersifat basa.

Kelamin Luar

Kelamin Luar Ayam Jantan

Akhirnya, kita akan membahas kelamin luar dari ayam jantan. Pada ayam jantan, kelamin luar terdiri dari beberapa bagian seperti penis, cloaca, dan undertail.

Baca juga  Macam Macam Kerajinan Dari Bulu Ayam

Demikianlah penjelasan mengenai anatomi organ reproduksi pada ternak jantan. Semoga pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Baca artikel lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *