Ukuran Meja Makan 4 Orang

Posted on

Meja makan adalah salah satu perabotan utama dalam sebuah rumah. Baik di ruang makan atau di dapur, meja makan berfungsi sebagai tempat untuk menyantap makanan bersama keluarga atau teman-teman. Namun ada yang perlu diperhatikan, yaitu ukuran meja makan yang ideal. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai ukuran meja makan.

Ukuran Meja Makan

Ukuran meja makan yang ideal tergantung pada kebutuhan dan ruang yang tersedia di rumah Anda. Dalam memilih ukuran meja makan, biasanya dilihat dari kapasitas kursi yang ingin diatur pada meja tersebut. Berikut adalah ukuran meja makan minimalis dan tinggi serta lebarnya yang ideal:

Ukuran Meja Makan Minimalis Beserta Tinggi Dan Lebarnya Yang Ideal

Ukuran Meja Makan Minimalis Beserta Tinggi Dan Lebarnya Yang Ideal

Ukuran meja makan minimalis dengan kapasitas empat kursi memiliki ukuran sekitar 90 x 90 cm hingga 100 x 100 cm. Sedangkan untuk kursi dengan tipe berukuran minimalis, tingginya berkisar antara 70 hingga 80 cm. Sedangkan lebar kursi minimalis ini adalah 30-35 cm.

Baca juga  Nomor Meja Makan

Ketika memilih ukuran meja makan, perhatikan pula jarak antar kursi agar tidak terlalu rapat atau terlalu jauh. Sebuah ruangan yang ideal untuk kursi makan dan meja adalah yang memiliki jarak minimal 60-70 cm dari ujung ke ujung antara masing-masing kursi.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran makanan yang akan disajikan di meja tersebut. Pastikan ada cukup ruang agar makanan dapat disajikan dengan nyaman di atas meja tanpa harus menumpuk atau terlalu dekat dengan kursi.

Model Meja Makan Kayu

Model Meja Makan Kayu

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat meja makan adalah kayu. Kayu memberikan kesan alami, hangat, dan elegan pada ruangan. Berikut adalah beberapa model meja makan kayu yang cocok untuk rumah Anda:

APA ITU Meja Makan Kayu?

Meja makan kayu adalah meja makan yang terbuat dari kayu. Kayu yang digunakan antara lain kayu jati, kayu kelapa, kayu suar, dan lain sebagainya. Meja makan kayu umumnya memiliki tampilan alami, elegan, dan hangat yang dapat meningkatkan kenyamanan ruangan makan di rumah.

MENGAPA Harus Memilih Meja Makan Kayu?

Memilih meja makan kayu memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bahan lainnya. Di antaranya adalah:

1. Tahan lama

Kayu yang digunakan untuk membuat meja makan kayu biasanya tergolong bahan berkualitas tinggi. Selain itu, kayu juga tahan terhadap goresan dan benturan yang biasanya terjadi saat menggunakannya secara berkala.

2. Ramah lingkungan

Kayu adalah bahan yang dapat terurai secara alami sehingga tidak memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan. Selain itu, kayu juga dapat didaur ulang menjadi produk lainnya sehingga lebih ramah lingkungan.

3. Berkarakter

Tiap kayu memiliki karakteristik berbeda-beda sehingga setiap meja makan kayu unik dengan warna dan serat kayu yang berbeda pula. Hal ini memberikan kesan alami dan estetis yang indah di ruangan makan.

Baca juga  Meja Makan Minimalis 4 Kursi Warna Putih

4. Fleksibel

Kayu dapat diolah secara mudah sehingga meja makan kayu dapat dibuat dengan berbagai macam model dan ukuran. Anda dapat memilih model meja makan yang terlihat sederhana atau mewah dengan hiasan ukiran dan berbagai aksesoris lainnya.

JENIS-JENIS Meja Makan Kayu

Ada beberapa jenis meja makan kayu yang dapat Anda pilih untuk rumah Anda. Berikut adalah beberapa jenis meja makan kayu yang sering digunakan:

1. Meja makan kayu jati

Kayu jati merupakan jenis kayu yang paling sering digunakan untuk membuat meja makan kayu. Kayu jati memiliki serat yang indah dan warna yang khas. Selain itu, kayu jati juga tahan lama dan mudah diolah.

2. Meja makan kayu suar

Kayu suar memiliki serat yang khas dan warna yang unik. Kayu suar juga tahan lama dan tidak mudah dimakan rayap. Meja makan kayu suar biasanya terlihat mewah dan elegan.

3. Meja makan kayu kelapa

Kayu kelapa memiliki warna yang lembut dan halus. Meja makan kayu kelapa biasanya terlihat lebih sederhana dan minimalis. Namun, kayu kelapa memiliki keunggulan dalam daya tahan dan ketahanan terhadap rayap.

CARA KERJA Membuat Meja Makan Kayu

Membuat meja makan kayu tidaklah sulit. Anda bisa membuat meja makan kayu dengan menggunakan bahan dan peralatan sederhana. Berikut adalah beberapa langkah dalam membuat meja makan kayu:

1. Persiapkan alat dan bahan

Persiapkan kayu yang telah dipoles, gergaji tangan atau mesin, matras, klem, kikir, gergaji halus, dan amplas.

2. Buat kerangka meja

Gunakan kayu sebagai kerangka meja. Potong kayu sesuai ukuran yang diinginkan dan susun seperti gambar di bawah ini. Secara umum, Anda membutuhkan empat bagian untuk kaki, dua bagian untuk gawangan, dan dua atau tiga bagian untuk bagian atas meja.

Baca juga  Pembersih Meja Makan

Cara Membuat Meja Makan Kayu

3. Gabungkan bagian-bagian meja dengan sekrup atau paku

Setelah semua bagian meja diletakkan pada posisi yang diinginkan, bagian-bagian dapat diikat dengan menggunakan paku atau sekrup untuk membuat semua bagian merekat satu sama lain.

4. Ratakan permukaan meja

Gunakan gergaji atau kikir untuk meratakan permukaan meja. Permukaan meja harus diratakan sebelum dilapisi cat warna agar nanti cat lebih merata.

5. Lapisi meja dengan cat atau finis

Setelah permukaan meja diratakan, lapisi dengan cat atau finis. Pilih warna dan jenis cat yang diinginkan. Pastikan cat merata dan sesuai dengan warna furnitur dan suasana ruangan.

KEUNTUNGAN Menggunakan Meja Makan Kayu

Meja makan kayu memberikan beberapa keuntungan. Berikut di antaranya:

1. Mudah diatur ulang

Meja makan kayu mudah diatur ulang dan dapat dicat ulang sehingga terkesan seperti meja baru.

2. Lebih awet

Kayu merupakan bahan yang lebih awet dibandingkan dengan produk lainnya, sehingga meja makan kayu akan lebih tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

3. Lebih ramah lingkungan

Meja makan kayu lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan pada saat pembuatannya.

MANFAAT Meja Makan Kayu

Meja makan kayu memberikan beberapa manfaat bagi rumah Anda. Berikut adalah manfaat dari penggunaan meja makan kayu:

1. Menambah keindahan rumah

Meja makan kayu memberikan kesan natural dan kehangatan yang meningkatkan keindahan ruangan di rumah Anda.

2. Menciptakan atmosfer hangat dan akrab

Meja makan kayu menciptakan atmosfer dalam ruangan yang hangat dan akrab, membuat penghuni rumah merasa nyaman dan rileks saat makan bersama keluarga atau tamu.

3. memberikan nuansa alami

Meja makan kayu memberikan nuansa alami di dalam rumah, sehingga memberikan rasa santai dan tenang.

Demikianlah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai ukuran meja makan dan keuntungan serta manfaat penggunaan meja makan kayu. Pastikan untuk memilih ukuran yang tepat dan model meja makan yang cocok dengan desain dan jenis ruangan di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *