Tembang Jamuran

Posted on

Ayolah, jangan malu-malu! Kita semua tahu kalau era digital sudah mengambil alih waktu kita sehari-hari. Aplikasi, gadget, dan internet sudah jadi bagian dari hidup kita. Tapi, ada hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu tradisi dan budaya. Kita harus tetap melestarikan hal-hal yang sudah ada sejak nenek moyang kita dulu.

Yuk, Main Permainan Tradisional Indonesia!

Siapa bilang mainan hanya mengandalkan smartphone atau laptop? Eits, jangan salah, ada banyak permainan tradisional Indonesia yang bisa dimainkan tanpa teknologi. Salah satunya adalah lompat tali. Tehniknya sederhana, cuma lompat-lompatan saja, tapi butuh kecepatan mata dan ketahanan kaki.

Lompat Tali

Kalau kamu lebih suka permainan yang mengandalkan kecepatan tangan, bisa coba batu seremban. Permainan yang kerap dimainkan oleh para gadis-gadis jaman dahulu ini menggunakan batu kecil atau biji, dan bisa dimainkan sendiri atau berkelompok. Bukan hanya seru, batu seremban juga bisa melatih konsentrasi dan koordinasi tangan-mata.

Kapan Terakhir Kali Kamu Main Ular Tangga?

Jangan-jangan kamu sudah lama sekali tidak main ular tangga? Padahal game ini adalah salah satu game paling populer pada zamannya. Dengan menggunakan dadu, kamu akan bergantian menjalankan pion di antara ular dan tangga. Jangan lupa, kalau kamu menginjak kepala ular, kamu harus turun ke bawah, tapi kalau kamu menaiki tangga, kamu bisa cepat naik ke atas.

Ular Tangga

Atau kalian lebih suka main layangan? Tentu bukan layangan digital, tapi layangan asli yang dijajakan di pasar tradisional. Ada berbagai macam bentuk layangan, mulai dari yang kecil sampai yang besar dengan bentuk binatang. Kamu bisa belajar untuk membuat layang-layang sendiri, atau membeli yang sudah jadi. Rasakan sensasi naik-turun layangan, seolah-olah kamu bisa terbang bebas.

Baca juga  Kenapa Lemari Olympic Berjamur

Mau Coba Permainan Dulu Kali?

Mungkin kamu sudah tahu permainan apa saja yang sudah disebutkan di atas. Atau mungkin kamu masih awam terhadap beberapa permainan tradisional lain. Tidak masalah, yang penting jangan malu untuk belajar dan mencoba. Ada permainan dakon, benteng-bentengan, congklak, dan masih banyak lainnya.

Belajar permainan tradisional tidak hanya menyenangkan, tapi juga memiliki banyak manfaat. Kamu bisa mempererat tali persaudaraan dan kerjasama dengan teman dan keluarga. Kamu juga bisa mengenal budaya Indonesia lebih dekat. Kalau kamu ingin, kamu bahkan bisa mengembangkan permainan tradisional dengan sentuhan modern yang sesuai dengan zamannya.

Jadi, ayo! Luangkan waktu kamu sejenak dari gadget dan teknologi. Mari kita kembali ke sumber kearifan dan kesederhanaan yang diwariskan oleh leluhur kita. Siapa tahu, di antara permainan tradisional ini, kamu menemukan sesuatu yang sangat kamu sukai.

Simak artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *