Sistem Informasi Desa

sistem informasirmasi desa

sistem informasirmasi desa

Sistem informasirmasi desa – Bagi Anda yang bekerja di dalam lingkup pemerintahan desa, maka sudah seharusnya menggunakan Sistem informasirmasi Desa. SID atau Sistem informasi Desa ialah sebuah platform atau aplikasi yang digunakan untuk mengelola beragam data yang ada di desa. Sistem informasi yang baik di desain sebagai platform untuk mendukung layanan desa.

Baca Juga: Sistem Komputer 

Sistem Informasi Desa

Pengertian dan Fungsi SID

SID dapat diambil kesimpulan sebagai aplikasi dan proses berbasis komputer untuk mengelola informasi yang terkait dengan kantor desa, mendukung tugas dan fungsi kantor desa, terkait administrasi kependudukan, pelaporan, perencanaan, pengelolaan aset, fasilitas publik, pengelolaan anggaran, dan lain sebagainya.

Berdasarkan pengertian di atas, jenis aplikasi informasi desa yang tercakup pada Sistem informasi Desa di dalam suatu desa sendiri dapat terdiri dari lebih dari satu aplikasi, layaknya OpenSID sebagai aplikasi untuk pengelolaan data mengenai kependudukan, BUMDes, SISKEUDES untuk pengelolaan keuangan desa, dan lain sebagainya.

Fungsi dari Sistem Informasi Desa

Ada lebih dari satu fungsi dan manfaat SID, diantaranya sebagai berikut:

Menjadikan Kantor Desa Lebih Efektif

Contohnya karena di dalam SID tersimpan data-data masyarakat berikut atributnya, maka kantor desa pun menjadi lebih ringan untuk memilah data kependudukan dengan akurat sesuai persyaratan spesifik yang diinginkan. Maka dari itu, dapat menargetkan program pemerintah agar pas sasaran.

Kantor Desa Menjadi Lebih Efisien

sistem informasirmasi desa

Dengan menggunakan OpenSID sebagai proses informasi kependudukan, maka kantor desa dapat menambahkan fasilitas berbentuk surat informasi untuk warga lebih cepat daripada menggunakan cara manual. Melalui OpenSID ini data masyarakat sudah tersimpan dengan baik dan dapat diisikan otomati ke di dalam surat yang dapat segera dicetak.

Pemerintah Desa Menjadi Lebih Transparan

Melalui SID, maka pemerintah desa dapat mengelola informasi mengenai kegiatan desa secara ringan kepada warganya sekaligus dapat diakses lebih ringan oleh warga. Seperti, kantor desa dapat menggunakan SID untuk pengelolaan informasi mengenai perencanaan pengembangan desa. Selain itu termasuk dapat menampilkan informasi di beragam media, baik itu berbentuk papan pengumuman, situs desa, dan lain sebagainya.

Menjadikan Layanan Publik Lebih Baik

SID kantor desa menjadi lebih efektif dan efektif untuk lakukan tugas dan fungsi mereka dengan baik. Mengingat tugas utama dari kantor desa sendiri ialah menambahkan fasilitas kepada masyarakat, agar fungsi berikut dapat bekerja lebih baik. Sederhananya, warga dapat meraih surat informasi secara cepat dengan data lebih akurat.

Lebih Akuntable

Melalui informasi perencanaan, pemanfaatan dana desa, kegiatan pembangunan dan lain sebagainya di dalam SID dapat diakses warga dengan msudah, tak sekedar itu pemerintah desa termasuk dituntut lebih akuntable.

Warga Lebih Aktif Berpartisipasi Dalam Proses Pembangunan Desa

Dengan ketersediaan informasi dan data desa yang ringan diakses ini, dapat menaikkan potensi masyarakat untuk dapat berpartisipasi pada pembangunan desa. Masyarakat atau warga akan sadar apa saja kegiatan yang tengah direncanakan dan berjalan, agar dapat ikut mengawal kegiatan berikut atau dapat termasuk dengan berikan saran, masukan dan usul terkait pembangunan desa.

Sistem informasi ini termasuk berpotensi menyediakan tempat elektronik di dalam menggalang partisipasi warganya, seandainya dengan terdapatnya forum warga desa untuk berdiskusi, mengemukakan usulan atau komentar secara elektronik.

Warga Memperoleh Akses Informasi Desa Lebih Baik

Melalui SID, perencanaan, informasi kependudukan, anggaran, aset dan sebagainya dapat segera terekam lewat proses elektronik. Seluruh informasi berikut memiliki potensi lebih ringan diakses oleh masyarakat. Kantor desa memiliki peluang di dalam menyediakan fasilitas yang pas bagi warga agar dapat mengakses informasi mengenai kegiatan desa dengan msudah.

Sistem informasi Manajemen Pelayanan Desa atau Simpeldesa

sistem informasirmasi desa

Simpeldesa merupakan singkatan dari Sistem informasi Manajemen dan Pelayanan Desa ialah aplikasi berbentuk situs base atau dashboard yang sudah terintegrasi di dalam wujud Apps untuk memsudahkan pelayanan, jalinan administrasi dan juga usaha desa yang berlangsung antara masyarakat dengan pemerinta desa. Berikut obyek dibuatnya Simpel desa, diantaranya:

  • Mendigitalkan proses layanan dan administrasi desa.
  • Mempermsudah perangkat desa untuk mengerjakan layanan dan administrasi pada masyarakat.
  • Melakukan transparansi komunikasi secara vertikal antara masyarakat dengan pemerintah desa dan publik.
  • Menambah unit usaha BUMDes atau Badan Usaha Millik Desa
  • Mengembangkan proses ekonomi kreatif dari masyarakat desa lewat e-Bisnis Desa sekaligus menaikkan usaha makro atau mikro masyarakat desa
  • Menambah Pendapatan Asli Desa yang biasa disebut sebagai PADes
  • Mempermsudah pemerintahan sekaligus lembaga desa untuk menambahkan informasi ke semua masyarakat desa.

Adapun fitur-fitur simpel desa, meliputi :

Administrasi

Mengerjakan beragam jenis administrasi pemerintah desa menurut regulasi yang dirancang oleh K/L/D/I di atasnya lewat situs atau dashboard. Dimana segala proses administrasi dapat dikerjakan dengan cepat dan ringan dan juga dapat dikerjakan lewat proses online.

Ekonomi Desa

Simpel Desa dapat menambahkan ruang tempat ke pemerintah desa lewat BumDes manfaat lakukan usaha di dalam bidang e-bisnis untuk pemerintah desa sekaligus masyarakat di dalam menggali potensi usaha ekonomi digital.

Pelayanan

Aplikasi ini dapat menambahkan kemsudahan bagi masyarakat desa untuk mengajukan administrasi dari Pemerintah Desa sekaligus fasilitas masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif di dalam mengemukakan ide, saran, aspirasi ataupun kritik lewat ponsel android.

Sistem Informasi Simpel Donor

Sistem informasi donor darah berbasis situs ialah cara untuk dapat menampilkan situs proses inormasi mengenai golongan darah berbasis online. Dengan demikian, diinginkan bagi masyarakat yang butuh informasi mengenai donor darah dapat mengakses informasi.

Sistem Informasi Simpeljek

Simpeljek merupakan aplikasi jasa online berbentuk kurir, ojek, sampai delivery online lewat ponsel android. Ada banyak keuntungan menggunakan aplikasi berbasis teknologi, ramah bagi pelanggan dan mitra, harga lebih terjangkau bagi semua golongan, mempunyai jaringan driver lebih luas, mengakses lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sekaligus dapat mendukung mempromosikan usaha.

Sistem Informasi Simpel Donasi

Simpel donasi adalah aplikasi atau platform yang dapat digunakan oleh masyarakat bagi penerima dan pemberi donasi dengan msudah.

Sistem Informasi Simpel Dokter

Simpel Dokter adalah aplikasi fasilitas kesegaran yang dapat menambahkan informasi mengenai penjadwalan dokter berbasis web. Sehingga mempermsudah masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter sesuai area mereka berada.

Nah, itulah sedikit informasi tentang sistem informasi desa yang semoga membantu anda yang sedang mencari informasi tentang SID. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

About Neizam Taufiq

Menulis atau memberi informasi adalah salah satu hal yang bisa membuat seseorang dikenal oleh orang lain. Tulisakan apa yang ingin dituliskan dan lakukan apa yang ingin di lakukan.

View all posts by Neizam Taufiq →