Rizoid Jamur

Posted on

Hayoo siapa yang suka makan bermacam-macam makanan seperti roti, kue, dan jajanan pasar lainnya? Pasti semuanya suka kan? Tapi kamu tahu gak sih kalau ternyata dibalik enaknya makanan tersebut, masih ada bahaya yang mengintai! Bahaya ini bernama jamur Rhizopus

Apa itu jamur Rhizopus?

jamur rhizopus

Sebenarnya jamur Rhizopus juga termasuk dalam keluarga jamur yang sering kita jumpai saat memasak, namun sebagian orang tidak mengetahui bahaya dari jamur Rhizopus itu sendiri. Ternyata, jamur Rhizopus ini bisa memicu penyakit yang cukup serius bagi tubuh, loh!

Apa saja penyakit yang disebabkan oleh jamur Rhizopus?

Beberapa macam penyakit akibat jamur Rhizopus yakni:

  • Mukormikosis rhinokukorea
  • Mukormikosis sistemik

Mukormikosis rhinokukorea

Mukormikosis rhinokukorea

Kamu pasti tahu bahwa hidung merupakan bagian tubuh yang sangat penting, kan? Nah, jika hidung terkena jamur Rhizopus dan menyebabkan infeksi, maka inilah yang disebut mukormikosis rhinokukorea yang dapat memicu gejala seperti pembengkakan pada wajah dan mata, serta kesulitan saat bernapas.

Mukormikosis sistemik

Mukormikosis sistemik

Penyakit yang satu ini lebih serius, lho! Jika kamu tidak segera memeriksakan diri ketika mulai mengalami gejala awal infeksi jamur Rhizopus ini, maka dapat berdampak pada sistemik atau menyebar ke seluruh tubuhmu. Efeknya bisa berdampak pada berbagai organ dan mengakibatkan kondisi kesehatanmu semakin memburuk.

Bagaimana cara mencegah infeksi jamur Rhizopus?

Nah, untuk kamu yang suka makan makanan yang diduga terkontaminasi jamur Rhizopus, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah infeksi jamur Rhizopus ini, seperti:

  • Memastikan makanan yang dimakan telah bersih dan matang sempurna
  • Menjauhkan makanan dari tempat yang lembab dan lembut
  • Menjauhkan makanan dari jamur yang terlihat
  • Membersihkan makanan dengan baik sebelum dimasak
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan diri sendiri
Baca juga  Jamur Lemari

Jangan lupa ya, menjaga kesehatan jauh lebih baik daripada mengobati penyakit. Tetap jalankan pola hidup sehat dan pastikan makanan yang dikonsumsi dalam keadaan bersih dan matang sempurna. Selamat mencoba!

Temukan tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *