Puding Telur Ayam

Posted on

Telur ayam kampung asli memang sudah terkenal sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, menjadi menu sarapan pagi yang disukai banyak orang karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari memakan telur ayam kampung asli yang wajib Anda ketahui.

1. Mengandung Protein Tinggi

Telur Ayam Kampung Asli

Telur ayam kampung asli memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 6 gram per butir telur. Nggak heran kalau disarankan untuk memakan telur ayam kampung asli sebagai sumber protein bagi tubuh. Protein sendiri berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh, juga memberikan energi dan kekuatan pada otot.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Telur Ayam Kampung Asli

Kandungan vitamin A yang ada pada telur ayam kampung bisa membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A dikenal memiliki peran penting dalam menjaga retina mata dan melindungi penglihatan. Selain itu, vitamin A juga membantu menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mengandung Zat Besi

Telur Ayam Kampung Asli

Telur ayam kampung asli juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi diperlukan untuk membantu pembentukan sel darah merah, yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka dapat menyebabkan anemia atau kekurangan darah.

4. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Telur Ayam Kampung Asli

Seringkali, banyak orang yang takut makan telur karena mengandung kolesterol. Namun, sebenarnya telur ayam kampung asli justru bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, yaitu HDL (High Density Lipoprotein). Kolesterol baik ini berfungsi untuk membersihkan arteri dan memperbaiki jaringan yang rusak di dalam tubuh kita.

Baca juga  Cara Tanam Tebu Telur

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Telur Ayam Kampung Asli

Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 pada telur ayam kampung dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Asam lemak ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Selain itu, telur ayam kampung juga bisa membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang menderita hipertensi.

6. Mengandung Vitamin B12

Telur Ayam Kampung Asli

Vitamin B12 diperlukan tubuh untuk membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan juga memelihara sel saraf. Kandungan vitamin B12 yang ada pada telur ayam kampung asli bisa membantu mencegah kerusakan pada otak dan sistem saraf. Selain itu, vitamin B12 juga berperan dalam proses pembuatan sel darah merah.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Telur Ayam Kampung Asli

Terakhir, telur ayam kampung asli juga mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi. Kedua zat ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta memperkuat struktur tulang. Kekurangan kalsium dan fosfor dapat meningkatkan risiko terkena penyakit osteoporosis pada orang dewasa.

Nah, itulah tujuh manfaat dari memakan telur ayam kampung asli yang harus Anda ketahui. Sebagai sumber protein, telur ayam kampung asli bisa menjadi alternatif yang sehat dan bergizi. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi telur ayam kampung dengan cara yang sehat dan tepat, seperti direbus atau dipanggang, jangan digoreng. Semoga bermanfaat!

Baca postingan lainnya tentang Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *