Ini dia Perbedaan Antara Grammar dan Sintaksis

Posted on

Ini dia Perbedaan Antara Grammar dan Sintaksis yang perlu kamu tahu. Mungkin Anda berpikir bahwa grammar dan sintaksis adalah satu kata yang sama. Kebanyakan orang berpikir demikian, kecuali jika Anda memiliki studi yang mendalam tentang perbedaan keduanya atau Anda mungkin tidak akan pernah menyadari bahwa sebenarnya kedua kata tersebut berbeda. Namun, ada garis tipis yang memisahkan mereka kecuali jika Anda sangat tertarik untuk mendapatkannya, Anda mungkin tidak pernah tahu perbedaannya.

Grammar dan sintaks adalah dua disiplin kata yang saling tumpang tindih karena keduanya berguna dalam konstruksi kalimat, frasa, serta kata-kata dalam bahasa apa pun. Baik grammar maupun sintaksis berurusan dengan aturan dan struktur yang mengatur bahasa yang membuat kebanyakan orang menyimpulkan bahwa mereka mengacu pada konsep yang sama. Namun, asumsi ini tidak pernah bisa benar dan tergantung juga pada kebutuhan yang harus Anda ketahui garis pemisah mereka, Anda bisa mendapatkan variasi yang berbeda dari beberapa perspektif.

Definisi Grammar

Grammar dapat didefinisikan sebagai keseluruhan sistem dan struktur yang didasarkan pada bahasa dan biasanya terdiri dari sintaks dan morfologi. Kadang-kadang juga diambil sebagai terdiri dari fonologi dan semantik. Grammar juga mengacu pada satu set struktur aturan yang mengatur bagaimana kalimat, klausa, kata, dan frasa dalam bahasa dikonstruksi.

Grammar dalam studi yang lebih luas mempelajari kelas kata, fungsi mereka, infleksi, dan relasi dalam kalimat tertentu. Aspek-aspek lain seperti aksidensi, perubahan kata-kata, ortografi mengacu pada ejaan, dan sintaksis, mengacu pada struktur kalimat yang juga termasuk dalam kategori grammar.

Baca juga  Perbedaan Warna Mustard dan Kuning

Fitur Grammar

Grammar dapat berupa perspektif atau deskriptif. Tata bahasa perspektif, di satu sisi, menetapkan atau menentukan bagaimana pengguna harus menggunakan struktur bahasa sementara tata bahasa deskriptif, di sisi lain menggambarkan bagaimana pembicara dan penulisnya menggunakan struktur bahasa.

Aturan dan struktur gramatika sangat bervariasi. Variasi keduanya didasarkan pada bahasa berbeda yang tersedia. Misalnya, bahasa Inggris mengikuti struktur subjek, kata kerja, dan objek sementara bahasa Hindi mengikuti subjek, objek, serta pola kata kerja.

Definisi Sintaksis

Sintaksis didefinisikan sebagai pengaturan kata dan frasa dalam bahasa untuk membuat kalimat yang terstruktur dengan baik atau terbentuk dengan baik.

Ini juga dapat digambarkan sebagai bidang linguistik yang mempelajari struktur kalimat. Ia juga mempelajari serangkaian prinsip, aturan, dan proses yang mengatur struktur kalimat dalam bahasa apa pun. Sintaksis adalah disiplin linguistik yang penting karena makna kalimat dapat berubah tergantung pada strukturnya. Urutan kata dalam frasa atau kalimat, oleh karenanya, menjadi penting dalam mewujudkan pembentukan kalimat itu.

Fitur Sintaksis

Sintaks pada dasarnya mempelajari kalimat-kalimat yang menggambarkan pembagian batin yang jelas antara bagian-bagian kalimat yang berbeda. Sebuah kalimat dibagi menjadi dua bagian utama. Bagian-bagiannya adalah subjek dan predikat.

Persamaan Antara Grammar dan Sintaksis

Grammar dan sintaksis berhubungan dengan aturan dan struktur bahasa. Mereka menentukan sebagian besar hasil tentang apa yang ingin disampaikan oleh kalimat. Sementara sintaks mempelajari aturan dan struktur, tata bahasa adalah seperangkat aturan

Perbedaan Antara Grammar dan Sintaksis

  • Sintaksis bersifat deskriptif (yaitu hanya mengamati aturan) sedangkan tata bahasa bersifat preskriptif (ketat tentang bagaimana mereka harus digunakan dan memberikan panduan).
  • Grammar adalah aturan bahasa sementara sintaksis adalah aturan yang mengatur urutan kata.
  • Grammar adalah istilah linguistik yang lebih umum dan diterapkan dalam penggunaan sehari-hari. Sintaks, di sisi lain, adalah disiplin linguistik.
Baca juga  Bagaimana Cara Melupakan Mantan? Inilah Cara Paling Berhasil !

Ringkasan Perbedaan Grammar dan Sintaksis

Meskipun perbedaan antara tata bahasa dan sintaks seperti mesin dan mobil, itu bukan setiap cangkir air. Ini bukan tugas yang mudah membedakan mereka, terutama karena kebanyakan orang belum menemukan tugas yang membutuhkan kecakapan mereka dalam, misalnya, sintaks. Namun, dengan aturan tata bahasa yang tepat, Anda dapat membuat jalan melalui apa pun. Namun, bagi para sarjana, istilah menjadi minat yang lebih tinggi serta bagaimana perbedaan mereka tiba.