Pengertian multimedia pembelajaran, kegunaan dan jenis-jenisnya

Pengertian multimedia pembelajaran
Pengertian multimedia pembelajaran
image quora.com

Pengertian multimedia pembelajaran yang diulas secara lengkap dan mendetail dalam sebuah artikel. Sebelum kita membahas lebih banyak mengenai multimedia pembelajaran sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apa pengertian multimedia tersebut. 

Pengertian multimedia

Secara istilah multimedia merupakan sebuah sarana yang menggunakan media berupa suara/audio, animasi, video dan teks dalam komputer yang terintegrasi atau terkoneksi untuk berkomunikasi. Penggunaan multimedia sangat sering sekali terutama di bidang informatika. Beberapa jenis pekerjaan yang berhubungan dengan multimedia diantaranya seperti:

Webmaster

Salah satu pekerjaan yang bisa didapat saat anda mengambil kuliah jurusan multimedia adalah webmaster. Webmaster merupakan seorang pengelola web yang biasanya mereka menguasai bahasa pemrograman khususnya html.

Animator

Animator merupakan seorang yang membuat animasi atau objek bergerak dengan menggunakan aplikasi atau tool khusus. Beberapa jenis animasi diantaranya seperti kartun dan juga game.

Video editor

Salah satu hal yang bisa anda lakukan jika menguasai multimedia dengan baik adalah dapat melakukan proses editing video. Proses editing video tentu membutuhkan kemampuan multimedia yang baik. 

Fotografer atau video shooting

Kegunaan lain dari menguasai multimedia adalah bisa menjadi seorang fotografer yang baik atau video shooting. Keduanya tentu membutuhkan kemampuan multimedia karena mengandalkan komputer sebagai pengolah video atau gambar tersebut.

Pengertian multimedia pembelajaran

Dari definisi multimedia di atas tentu anda bisa memahami apa pengertian multimedia pembelajaran. Jika multimedia adalah sebuah alat yang menggabungkan antara foto, gambar, dan grafik yang terintegrasi dengan baik.

Sedangkan pengertian pembelajaran adalah sebuah lingkungan atau usaha untuk melakukan proses belajar. Jadi yang paling penting dalam proses pembelajaran adalah bagaimana siswa dapat belajar dengan baik di lingkungan tersebut. 

Selain itu, pembelajaran juga bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas siswa dalam berinteraksi terhadap lingkungannya sehingga mampu menghasilkan sebuah perilaku atau perubahan yang bersifat konstan. Jadi pembelajaran bukan hanya bisa dilakukan di dalam kelas saja melainkan juga di alam dengan cara mengamati lingkungan sekitar.

Oleh sebab itu, salah satu komponen yang paling penting dalam proses pembelajaran adalah lingkungan itu sendiri. Dalam prosesnya lingkungan yang mendukung akan membantu proses pembelajaran menjadi maksimal dengan cara diciptakannya unsur-unsur untuk merubah perilaku siswa menuju ke arah yang lebih baik.

Sedangkan pengertian multimedia pembelajaran adalah sebuah proses pembelajaran menggunakan alat atau multimedia seperti menggunakan komputer.  Alat atau aplikasi yang digunakan dalam multimedia pembelajaran tersebut harus bisa menyalurkan pesan berupa pengetahuan serta keterampilan dalam rangka untuk memberikan perubahan kepada peserta didik.

Jenis-jenis multimedia pembelajaran

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai pengertian multimedia ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis dari multimedia tersebut. Beberapa jenis multimedia yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran diantaranya seperti:

Multimedia interaktif

Sesuai namanya multimedia interaktif tentu akan memungkinkan kita dalam berinteraksi dengan multimedia tersebut. Kita bisa menerima informasi sekaligus juga membuat informasi. Selain itu, kita juga bisa dengan mudah mengendalikannya atau membuat sesuatu dengan nya. Salah satu jenis multimedia interaktif diantaranya adalah aplikasi atau software (pengolah teks, gambar dll) termasuk game.

Multimedia linier

Multimedia linier adalah sebuah multimedia yang tidak dilengkapi kemampuan dalam berinteraksi antara alat yang digunakan dengan pengguna tersebut. Jadi kita tidak bisa mengontrol multimedia semacam ini dan kita hanya menerima informasi dari satu arah karena multimedia linier biasanya berjalan secara berurutan atau sekuensial. Salah satu contoh multimedia linier adalah saluran televisi. 

Multimedia hiperaktif

Multimedia pembelajaran interaktif ini biasanya menggunakan unsur web didalamnya. Beberapa jenis multimedia hiperaktif yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran diantaranya adalah penggunaan website atau animasi.

Multimedia kits

Jenis multimedia pembelajaran yang kedua adalah multimedia kits. Sedikit berbeda dengan multimedia hiperaktif multimedia jenis ini biasanya bersifat sedikit lebih pasif. Beberapa jenis multimedia kits diantaranya adalah kaset audio CD ROM, gambar statis, dan transparansi overhead.

Kegunaan multimedia pembelajaran

Tentu dengan menggunakan multimedia pembelajaran ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Selain membuat proses pembelajaran menjadi tidak monoton menggunakan multimedia dalam proses pembelajaran juga relatif mampu mempersingkat waktu.

Selain itu multimedia juga berguna dalam memperjelas proses pembelajaran yang tidak bisa hanya dituturkan dengan kata-kata. Misalnya dengan menggunakan animasi atau video akan membuat siswa akan lebih mudah memahami topik yang sedang dipelajari tersebut.

Berikut beberapa keunggulan serta manfaat penggunaan multimedia dalam pembelajaran:

  • Bisa memberikan gambaran yang lebih jelas kepada peserta didik mengenai sesuatu yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.
  • Mempersingkat waktu dan mempermudah proses pembelajaran.
  • Membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak monoton.
  • Menyajikan benda-benda tertentu yang tidak mungkin bisa dihadirkan di lingkungan pembelajaran. Misalnya saat para siswa sedang mempelajari gunung meletus mereka tidak mungkin mendatangkan nya di tempat.

Pengertian media pembelajaran

Media pembelajaran bisa juga diartikan sebuah alat atau sarana yang digunakan untuk proses interaksi yang dilakukan antara guru dan siswa. Penggunaan media pembelajaran ini penting sekali sebagai sarana dalam mempermudah transfer pengetahuan serta mengembangkan keterampilan siswa.

Salah satu media pembelajaran yang paling mudah dan membantu dalam proses belajar mengajar adalah penggunaan multimedia. Beberapa contoh multimedia pembelajaran  seperti:

Media audio

Multimedia yang berupa audio akan membantu proses pembelajaran menjadi semakin mudah terutama pelajaran seperti bahasa. Media audio biasanya dibuat dalam bentuk radio atau tape recorder yang bisa dioperasikan di dalam laboratorium bahasa.

Media visual

Selain audio, salah satu multimedia yang paling banyak membantu dalam proses pembelajaran adalah media visual. Media visual ini akan membantu menjelaskan sesuatu yang sulit diungkapkan dengan media audio. Salah satu media visual adalah peta. Selain peta ada beberapa jenis media visual lainnya seperti poster, diagram grafik, dan bagan. 

Media project motion

Media proyek motion merupakan salah satu jenis media yang lebih atraktif dengan gambar bergerak atau motions. Media jenis ini juga bisa disebut sebagai multimedia seperti penggunaan VCD, DVD, komputer, atau video.

Media project still

Media project still sebenarnya hampir mirip dengan media visual biasa, akan tetapi terkadang juga menggunakan multimedia seperti menampilkan slide show dengan menggunakan media komputer dan proyektor.

Demikian tadi ulasan mengenai pengertian multimedia pembelajaran yang mungkin masih belum anda ketahui. Semoga artikel di atas bisa membantu anda memahami apa itu multimedia pembelajaran dan manfaatnya untuk proses belajar mengajar.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →