Pengayam Ayaman Bali

Posted on

Sudahkah Anda pernah mendengar tentang upacara Pengayam Ayaman Bali? Upacara yang juga disebut dengan Tajen Bali ini merupakan salah satu tradisi khas Bali yang begitu menarik. Acara ini diselenggarakan oleh masyarakat Bali sebagai sarana kegiatan budaya dan tradisi yang wajib diikuti oleh setiap kalangan masyarakat Bali.

Pengertian Tajen Bali

Pengayam Ayaman Bali

Tajen Bali atau Pengayam Ayaman Bali merupakan salah satu bentuk upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Bali dalam rangka penyambutan hari raya dan dimana kuda ditempatkan pada arena pacuan yang sudah disiapkan. Upacara ini juga disebut dengan Sabung Ayam. Kuda tersebut digunakan untuk melalui pertarungan melawan ayam yang dianggap sebagai simbol kekuatan.

Cara Pelaksanaan Pengayam Ayaman Bali

Upacara Pengayam Ayaman Bali dimulai dengan memilih ekor ayam yang akan dipertandingkan dengan kuda. Ayam ini kemudian disiapkan dengan diberikan kulit telur pada serat adatnya. Setelah itu, kuda yang akan bertarung juga dipersiapkan. Selanjutnya, kuda dan ayam tersebut saling menyerang dan dilakukan pertarungan sebagai acara utama dari pengayaman ayaman Bali.

Arti Pertarungan Antar Kuda dan Ayam dalam Tajen Bali

Pertarungan antara kuda dan ayam dalam upacara Pengayam Ayaman Bali merupakan sebuah istrirahat dari monotonnya aktivitas di masyarakat Bali. Kepiawaian dalam mengelola kuda dan ayam merupakan salah satu cara dalam menjaga kondisi yang selama ini diwarisi dari nenek moyang. Kekuatan dalam menggelar pertandingan kuda dan ayam merupakan salah satu penghasilan dari kegiatan kuda kita supaya para member masyarakat bisa lebih mengenal kuda dan ayam dalam tradisi Bali.

Baca juga  Alat Pengupas Telur Puyuh

Bagaimana dengan Perlombaan Pengayam Ayaman Bali pada Tahun Ini?

Pada tahun ini, pengayaman ayaman Bali 2020 telah dilaksanakan dan telah memilih juara baru yang muncul pada pertandingan kali ini. Juara baru ini tentunya telah berhasil meraih kemenangan atas banyak peserta lainnya yang turut berpartisipasi dalam pengayaman ayaman Bali 2020. Setiap juara terlihat sangat bahagia dan bangga atas pencapaiannya tersebut. Mereka merasa bangga karena telah berhasil membuktikan bahwa mereka mampu bersaing di ajang Pengayam Ayaman Bali ini.

Kesimpulan

Untuk itu, upacara Pengayam Ayaman Bali merupakan salah satu alat untuk mengenalkan kebudayaan Bali kepada wisatawan dari luar negeri dua ajukan member masyarakat Bali tetapi juga menjadi alat pengenalan kebudayaan dari Bali untuk generasi penerus kita. Kegiatan ini juga memberikan banyak manfaat untuk kegiatan ekonomi masyarakat Bali karena selain menjadi acara adat yang harus diatur, acara ini juga memberikan peluang bagi para pedagang untuk bisa meramaikan acara ini dengan membuka berbagai macam usaha kuliner dan lain-lain. Selamat kepada para juara yang berhasil meraih kemenangan di Pengayam Ayaman Bali tahun ini! Teruslah merawat dan menjaga tradisi khas Bali ini.

Baca postingan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *