Pemupukan Jagung Hibrida

Posted on

Jaga pertumbuhan tanaman jagung yang subur dan berkualitas dengan cara melakukan pemupukan yang tepat. Pada dasarnya, pemupukan jagung dibagi menjadi dua tahap, yaitu pupuk dasar dan pupuk tambahan.

Pupuk Dasar

Gambar tanaman jagung yang subur

Peran pupuk dasar adalah memberikan nutrisi pada tanaman jagung dalam fase awal penanaman. Anda harus melakukan pemupukan ini sebelum menanam jagung. Untuk itu, gunakanlah pupuk kandang atau pupuk organik lainnya.

Pupuk kandang adalah salah satu jenis pupuk organik yang dapat digunakan sebagai pupuk dasar. Pupuk ini dapat dibuat dari berbagai jenis sisa ternak seperti kotoran sapi, kuda, domba atau ayam. Selain itu, pupuk organik lain yang bisa digunakan adalah kompos, pupuk hijau dan pupuk fosfat (TSP).

Anda sebaiknya menaburkan campuran pupuk kandang dengan tanah sebelum menanam bibit jagung. Caranya, campurkan pupuk kandang dengan tanah sedalam 10 hingga 15 cm dan biarkan selama beberapa hari hingga pupuk masuk ke dalam tanah.

Pupuk Tambahan

Gambar tanaman jagung yang subur

Pupuk tambahan diberikan pada tanaman jagung setelah masa penanaman atau ketika tanaman sudah memasuki fase pertumbuhan. Pupuk tambahan ini dapat diberikan dalam bentuk pupuk kimia atau pupuk organik.

Pupuk kimia atau pupuk urea adalah jenis pupuk yang biasanya digunakan sebagai pupuk tambahan. Pupuk jenis ini mengandung unsur nitrogen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan daun dan batang. Untuk memberikan pupuk kimia jenis ini, bersihkanlah gulma yang tumbuh di sekitar tanaman jagung dan siramkan pupuk kimia ini ke tanaman jagung dengan jumlah yang sesuai.

Selain pupuk kimia, Anda juga bisa menggunakan pupuk organik sebagai pupuk tambahan. Salah satu jenis pupuk organik yang bisa digunakan adalah pupuk kandang. Tambahkan pupuk kandang ke sekitar pangkal atau akar tanaman jagung dan campur dengan tanah. Jangan lupa untuk menyiraminya dengan air setelah memberikan pupuk organik tadi.

Baca juga  Vas Bunga Dari Kulit Jagung

Selain pupuk kimia dan organik, Anda juga bisa menggunakan pupuk daun. Pupuk jenis ini disiram ke daun dan dapat membantu meningkatkan kualitas tanaman jagung.

Itulah cara pemupukan tanaman jagung yang benar. Dengan melakukan pemupukan yang tepat, pertumbuhan tanaman jagung akan lebih maksimal dan hasil panennya akan lebih berkualitas.

Simak postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *