Jumlah Kromosom Jagung

Posted on

Sudah pernahkah kamu membayangkan berapa jumlah kromosom yang dimiliki oleh 40 jenis makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, dan jamur? Rupanya, ada satu gambar yang mampu memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut, loh. Apakah kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini? Yuk, simak penjelasan berikut!

Hewan

Jumlah Kromosom pada 40 Jenis Makhluk Hidup

Dalam gambar ini, kamu akan menemukan bahwa hewan terbesar yang ada di dunia, yakni paus biru, memiliki jumlah kromosom yang sedikit, yakni hanya sebanyak 44. Hal ini cukup mengejutkan, mengingat paus biru dapat mencapai berat lebih dari 180 ton. Sementara itu, hewan terkecil di dunia, yakni rotifer, mampu memiliki jumlah kromosom tertinggi hingga mencapai 2.400. Jumlah kromosom pada hewan lainnya bervariasi, seperti pada manusia yang memiliki 46 kromosom, sapi memiliki 60 kromosom, dan kuda memiliki 64 kromosom.

Tumbuhan

Jumlah Kromosom pada Tumbuhan

Tumbuhan juga ternyata memiliki jumlah kromosom yang berbeda-beda, seperti pada jagung yang memiliki jumlah kromosom sebanyak 20. Sementara itu, kentang memiliki jumlah kromosom terbanyak pada tumbuhan, yakni 48. Sedangkan pada manusia, jumlah kromosom pada tumbuhan lebih banyak dibandingkan dengan hewan, yakni sebanyak 46.

Jamur

Jumlah Kromosom pada Jamur

Berbeda dengan hewan dan tumbuhan, jamur juga memiliki jumlah kromosom yang beragam. Salah satu contoh, yakni khamir yang umumnya digunakan untuk membuat roti dan bir memiliki jumlah kromosom yang sedikit, yakni 16. Sedangkan pada jamur tiram, jumlah kromosomnya sebanyak 78. Meskipun jumlah kromosom pada hewan, tumbuhan, dan jamur sangat beragam, namun semuanya memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan hidup.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan dari gambar jumlah kromosom pada 40 jenis makhluk hidup. Meskipun terlihat sederhana, namun informasi ini mampu memberikan banyak manfaat bagi kita, terutama dalam memahami lebih lanjut tentang berbagai jenis makhluk hidup di sekitar kita. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu, ya!

Baca juga  Jagung Bulai

Temukan artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *