Nama Ilmiah Jamur Merang

Posted on

Ada yang tahu ga sih gimana cara menanam jamur merang? Emang jamur merang tuh kayak apa sih? Nah, gue bakal kasih tau nih cara menanam jamur merang dan rasanya gimana!

Jamur Merang, Si Jamur yang Gampang Tumbuh

Jamur Merang

Yap, jamur merang ini salah satu jenis jamur yang banyak dibudidayakan. Selain karena rasanya yang nikmat, jamur merang juga punya tekstur yang unik dan enak buat dibuat masakan. Selain itu, menanam jamur merang juga gampang banget dan bisa dilakukan di rumah.

Langkah-Langkah Menanam dan Budidaya Jamur Merang

Jamur Merang

Pertama-tama, siapin deh bahan-bahannya:

  • Baglog jamur merang
  • Kantong plastik tanah
  • Serbuk kayu
  • Alat pengocok serbuk kayu
  • Kapur tohor
  • Selang air
  • Spray

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, siapkan serbuk kayu yang sudah dicampur dengan kapur tohor. Campurkan dengan air hingga menjadi adonan yang lembab.
  2. Siapkan kantung plastik tanah sebagai tempat untuk menanam jamur merang. Buatlah lubang kecil-kecil di kantong plastik tadi.
  3. Isi kantung plastik tersebut dengan campuran serbuk kayu tadi.
  4. Tambahkan baglog jamur merang ke dalam kantung tersebut. Sisakan beberapa ruangan kosong agar jamur itu bisa tumbuh di sana.
  5. Kocok kantung tersebut agar campuran serbuk kayu dan baglog jamur merang tercampur dengan rata.
  6. Semprotkan air ke dalam kantung sampai kondisi kantung menjadi cukup lembab.
  7. Tempatkan kantung plastik tersebut di tempat yang gelap dan dingin.
  8. Setelah 10-14 hari, jamur merang sudah mulai tumbuh. Setelah itu, keluarkan kantung plastik tersebut dari tempat gelap dan dingin, dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari selama 3-4 hari.
  9. Jamur merang sudah siap untuk dipanen!
Baca juga  Manfaat Jamur Lingzhi

Cukup gampang dan simple kan? Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan langkah-langkah dan membuatnya dengan bahan-bahan yang kamu suka. Rasakan senangnya budidaya sendiri dan menikmati hasilnya!

Rasanya Gimana Sih?

Jamur Merang

Jamur merang memang memiliki rasa yang unik dan nikmat. Rasanya cenderung agak manis dengan tekstur yang kenyal dan juicy. Cocok banget buat kreasi masakan kamu seperti tumis, sup, dan salad. Selain itu, konsumsi jamur merang juga baik untuk kesehatan tubuhmu karena kaya akan nutrisi yang bermanfaat.

Mau tau cara mengolah dari mulai menanam sampai memasak? Yuk, praktikin cara menanam dan budidaya jamur merang serta rasakan sensasinya!

Simak postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *