Cara Perkembangbiakan Tomat

Posted on

Sobat, mungkin di antara kita ada yang gemar menanam sayuran di halaman rumah. Salah satu sayuran yang bisa ditanam sendiri adalah cabe dan tomat.

Cara Menanam Cabe

Cabe

Dalam menanam cabe, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah persiapan media tanam. Bisa menggunakan polybag, pot, atau langsung di tanah terbuka. Untuk media tanam yang lebih baik sebaiknya menggunakan campuran tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 5:3:2 atau 6:3:1. Sementara untuk lahan tanah terbuka, disarankan untuk membersihkan gulma dan menyiapkan pupuk kandang atau kompos sebelum menanam cabe.

Kedua adalah pemilihan bibit cabe. Usahakan memilih bibit cabe yang baik dan sehat. Bibit cabe bisa diperoleh dari toko pertanian atau petani lainnya. Pastikan bibit yang dipilih dalam keadaan baik dan tidak cacat.

Cara menanam cabe cukup sederhana. Setelah bibit dipilih, lubangi media tanam dengan jarak 40-50cm antar lubang dan kedalaman 3-5cm. Kemudian masukkan bibit cabe dengan hati-hati. Siram dengan air secukupnya. Selanjutnya lakukan penyiraman secara teratur setiap pagi dan sore hari.

Cara Menanam Tomat

Tomat

Sama seperti cabe, dalam menanam tomat juga perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama adalah persiapan media tanam. Media tanam yang baik untuk tomat adalah campuran tanah, sekam, kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:3:2:2. Pilih lahan yang terkena sinar matahari langsung dan tidak tergenang air.

Kedua adalah pemilihan bibit tomat. Bibit tomat bisa diperoleh di toko pertanian atau petani lainnya. Pastikan untuk memilih bibit tomat yang sehat dan tidak cacat.

Cara menanam tomat cukup mudah. Setelah bibit dipilih, lubangi media tanam dengan jarak 50-60cm antar lubang dengan kedalaman 5cm. Kemudian masukkan bibit tomat dengan hati-hati. Tanam satu bibit tomat di satu lubang. Siram bibit dengan air secukupnya dan lakukan penyiraman secara teratur setiap pagi dan sore hari.

Baca juga  Resep Donat Labu Kuning 500 Gram

Sobat yang budidaya cabai dan tomat di rumah, jangan lupa untuk memberikan pupuk pada tanaman secara teratur. Pupuk yang baik untuk cabai dan tomat adalah pupuk NPK. Selain itu, pastikan untuk melakukan pemangkasan dan pembersihan gulma pada tanaman secara rutin. Jangan lupa untuk mengontrol hama dan penyakit yang menyerang tanaman dengan menggunakan pestisida yang aman dan sesuai.

Dengan melakukan budidaya cabai dan tomat di rumah, kita bisa memperoleh sayuran segar dan berkualitas. Selain itu, kita juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli sayuran di pasar. Yuk, mulai menanam cabai dan tomat di rumah.

Simak artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *