Manfaat minyak zaitun untuk rambut

10 Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang sangat mengagumkan

Perawatan, Rambut
Manfaat minyak zaitun untuk rambut
image from pixabay.com

Manfaat minyak zaitun untuk rambut Anda yang sangat mengagumkan. Serta cara membuat masker rambut dari minyak zaitun yang mudah dan praktis. Siapa yang tidak ingin memiliki rambut sehat secara alami?. Rambut yang sehat biasanya ditandai dengan rambut yang kuat dan juga berkilau secara alami. Namun usaha anda untuk memiliki rambut yang sehat terkadang harus berhenti karena beberapa faktor yang menjadi penghambat. Diantaranya adalah penggunaan bahan kimia, sinar UV yang berlebih, serta polusi yang juga dapat merusak kesehatan rambut Anda.

 

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Meskipun ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini, termasuk melakukan perawatan di salon, akan tetapi cara tersebut akan mengeluarkan banyak uang. Sehingga tidak semua dari wanita mampu melakukannya. Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan rambut sehat idaman, menggunakan bahan alami bisa dijadikan pilihan, bahan tersebut adalah minyak zaitun. Minyak zaitun dapat mengatasi hampir semua masalah yang berhubungan dengan kulit kepala dan rambut. Mari kita lihat apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut:

1. Mengatasi rambut rontok secara alami

Rambut rontok adalah masalah umum bagi semua orang baik pria maupun wanita. Masalah rambut rontok tidak memandang usia atau jenis kelamin. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok termasuk faktor keturunan, stres, penyakit lain seperti kanker, tiroid atau anemia. Selain itu, kulit kepala yang kering juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.

Minyak zaitun memiliki kemampuan dalam menjaga agar rambut Anda tetap kuat dan terbebas dari kebotakan. Hal ini dikarenakan minyak zaitun berguna meningkatkan produksi hormon DHT yang bertanggung jawab untuk mengontrol kerontokan pada rambut.

2. Menghilangkan kutu di kepala

Selain dapat menghilangkan kerontokan pada rambut, manfaat minyak zaitun untuk rambut yang tidak kalah penting adalah membantu menghilangkan kutu. Kutu rambut sangat mengganggu sekali dan tentunya anda ingin sekali segera menyingkirkannya dari kepala. Minyak zaitun berguna mengusir kutu secara alami tanpa efek samping berarti. Penggunaan minyak zaitun dalam menyingkirkan kutu juga sangat mudah dan praktis sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk membeli obat penghilang kutu yang mahal.

3. Mengatasi rambut bercabang

Memiliki rambut yang bercabang dan kering tentu membuat anda kurang nyaman. Rambut bercabang akan membuatnya tampak tidak sehat sehingga kebanyakan wanita harus melakukan pemotongan pada ujung rambut. Jika Anda membutuhkan solusi yang praktis dan juga aman untuk mengatasi rambut bercabang, minyak zaitun bisa menjadi jawabannya. Manfaat minyak zaitun untuk rambut ini bisa anda dapatkan hanya dengan rutin menggunakan minyak zaitun setidaknya dua kali seminggu.

4. Membantu menghilangkan ketombe

Memiliki ketombe di kulit kepala akan membuat rambut terasa gatal dan tidak nyaman. Selain itu, ketombe juga akan mengganggu penampilan karena serpihan yang dihasilkannya mengotori baju, terutama jika anda mengenaikan pakaian warna hitam. Minyak zaitun hadir sebagai obat alami yang bisa dengan cepat dan efektif menyingkirkan ketombe dari kulit kepala anda. Penggunaan minyak zaitun juga cukup mudah dan tentunya aman. Caranya cukup menerapkan minyak zaitun paling tidak satu minggu sekali sebagai bahan perawatan rambut.

5. Membersihkan kulit kepala

Kulit kepala yang kotor akan memicu munculnya masalah pada rambut termasuk kerontokan dan ketombe. Jadi, menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala merupakan hal yang sangat penting. Salah satu bahan alami yang patut Anda coba untuk membersihkan rambut adalah minyak zaitun. Minyak zaitun juga memiliki sifat antibakteri dan anti jamur yang berguna mencegah infeksi pada kulit kepala. Pembersih yang baik harus memiliki sifat di atas untuk memastikan kesehatan rambut Anda.

6. Melembabkan kulit kepala

Selain kotor, kulit kepala yang kering juga dapat memicu munculnya ketombe. Kulit kepala yang kering biasanya akan memicu munculnya serpihan kecil yang dapat menyebabkan gatal pada kulit kepala. Untuk membantu Anda melembabkan rambut dan kulit kepala menggunakan minyak zaitun sebagai masker rambut bisa menjadi pilihan.

7. Menghaluskan rambut secara alami

Cara menghaluskan rambut secara alami tidak harus mahal karena anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan utama. Kandungan vitamin E yang tinggi dalam minyak zaitun berperan penting dalam menjaga kelembaban sekaligus kelembutan rambut Anda. Menerapkan minyak zaitun secara rutin dan konsisten akan membantu menghaluskan rambut sekaligus meningkatkan kesehatannya. Pastikan anda memilih minyak zaitun murni yang memiliki kualitas baik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

8. Meningkatkan cahaya alami rambut

Satu lagi manfaat minyak zaitun untuk rambut yang tidak kalah penting yaitu membantu anda meningkatkan cahaya alami pada rambut. Debu dan kotoran yang menempel pada rambut terkadang akan menghalangi cahaya alami rambut anda. Melakukan pembersihan dengan cara keramas terkadang tidak cukup untuk mengembalikan kilau alami rambut.

Perawatan secara intensif sangat diperlukan seperti menggunakan conditioner atau pergi ke salon. Tetapi anda tidak boleh melupakan satu bahan alami yaitu minyak zaitun. Kandungan vitamin E dan juga asam lemak dalam minyak zaitun benar-benar berguna untuk meningkatkan cahaya rambut Anda sehingga bukan hanya membuatnya tampak halus tetapi juga bersih dan bersinar.

9. Meningkatkan kekuatan rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang selanjutnya adalah berguna meningkatkan kekuatannya. Tidak jauh berbeda dengan bagian tubuh lainnya, rambut juga membutuhkan nutrisi untuk membuatnya tetap kuat dan sehat. Minyak zaitun memiliki kandungan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan untuk rambut, maka tidak heran jika penggunaan minyak zaitun akan membuat rambut lebih kuat dan sehat.

Rambut yang tidak sehat ditandai dengan rambut yang rapuh dan mudah patah. Untuk mencegah masalah tersebut, terapkan minyak zaitun secara rutin ke kulit kepala dan rambut sambil sedikit memijatnya. Hal ini bertujuan agar kandungan nutrisi dalam minyak zaitun bisa meresap secara merata pada kulit kepala.

10. Membuat rambut lebih mudah diatur

Aktivitas yang padat terkadang membuat rambut lebih sulit diatur. Untungnya salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah membantu menghaluskannya secara alami sehingga mencegah rambut menjadi mengembang. Rambut yang halus dan juga lembut akan membuatnya lebih mudah diatur. Anda tinggal menerapkan minyak zaitun hangat ke rambut kemudian tutupi kepala anda dengan topi mandi selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah selesai bilas dengan shampo ringan sekedar untuk menghilangkan minyak zaitun dari rambut.

 

Cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut

Setelah kita mengetahui manfaat minyak zaitun untuk rambut di atas. Pastinya anda tidak sabar ingin segera mengambil minyak zaitun sebagai bahan perawatan rambut. Untuk melakukannya, berikut beberapa tips atau cara menerapkan minyak zaitun ke rambut Anda:

1. Minyak zaitun extra Virgin

Sebagai pembuka, untuk menggunakan minyak zaitun ini Anda tidak memerlukan bahan lainnya cukup dengan minyak zaitun saja. Cara menggunakan minyak zaitun pada rambut Anda cukup memanaskannya terlebih dahulu dengan cara memasukkannya ke dalam microwave selama beberapa menit. Setelah minyak zaitun mulai hangat terapkan ke kulit kepala dan rambut Anda dari ujung hingga ke akar. Pijat selama beberapa menit dengan gerakan memutar kemudian tutupi rambut dengan topi mandi selama beberapa waktu. Jika sudah selesai bilas rambut anda dengan air dingin.

2. Minyak zaitun, putih telur dan madu

Putih telur dikemas dengan komponen penting seperti protein dan mineral. Kandungan ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga mengurangi rambut rontok. Sedangkan madu berfungsi sebagai conditioner alami yang bermanfaat membuat rambut super halus dan lembut.

Cara menggunakan ketiga bahan tadi untuk rambut anda: pertama kocok 1 butir telur kemudian tambahkan dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok makan minyak zaitun ke dalamnya. Aduk sampai tidak ada gumpalan yang tersisa kemudian aplikasikan ke seluruh rambut dari akar hingga ke ujung. Diamkan selama 30 menit lalu bilas sesudahnya.

3. Kuning telur dan minyak zaitun

Jika tadi kita menggunakan bagian putihnya sebagai campuran minyak zaitun, sekarang kita akan mencoba memanfaatkan kuning telur. Caranya hampir sama, yaitu kocok kuning telur hingga tidak ada gumpalan lalu tambahkan dengan 1 sampai 2 sendok makan minyak zaitun. Aduk ke dalam sebuah mangkuk hingga kedua bahan tadi tercampur merata.

Jika anda sudah mendapatkan masker rambut yang diinginkan terapkan secara merata ke kulit kepala dan rambut. Lakukan pemijatan ringan dengan gerakan melingkar selama 5 menit kemudian diamkan setidaknya 15 menit. Jika sudah selesai langkah terakhir bilas dengan shampo untuk menghilangkan bau kuning telur. Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang akan didapat saat menggunakan metode ini adalah membuatnya tampak lebih lembab, kuat dan ternutrisi secara alami.

4. Minyak zaitun dan bawang putih

Paket ini merupakan salah satu metode terbaik untuk menyelesaikan semua permasalahan yang terjadi dengan rambut Anda. Bawang putih adalah agen anti bakteri yang memiliki banyak kegunaan termasuk mengendalikan masalah rambut rontok dan mencegah ketombe. Proses ini akan meningkatkan sirkulasi darah sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut.

Caranya ambil 4 hingga 5 siung bawang putih kemudian remas hingga hancur. Sekarang panaskan 3 sendok makan minyak zaitun ke dalam panci setelah itu biarkan hingga lebih hangat. Setelah itu, masukkan ke bawang putih yang sudah dihancurkan tadi ke dalam minyak zaitun kemudian pijatkan dengan lembut ke kulit kepala selama beberapa menit. Diamkan selama setidaknya satu jam agar semua nutrisi terserap dengan sempurna.

5. Minyak zaitun dan pisang

Agar bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk rambut secara sempurna ada satu bahan yang bisa dijadikan campuran yaitu pisang. Pisang kaya akan vitamin H atau biotin. Nutrisi ini berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan rambut anda. Caranya ambil satu buah pisang yang sudah masak lalu hancurkan hingga Anda mendapatkan pasta yang halus. Masukkan ke dalam mangkuk lalu tambahkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun ke dalamnya. Oleskan campuran ini ke seluruh kepala dan rambut kemudian diamkan selama setengah jam. Jika sudah selesai bersihkan rambut Anda seperti biasa.

6. Minyak zaitun dan Alpukat

Alpukat diperkaya dengan vitamin E, K, dan potasium yang membuatnya berpotensi besar sebagai bahan perawatan rambut. Dari ke semua nutrisi tersebut membuat alpukat dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan rambut anda. Caranya haluskan 1 buah alpukat hingga teksturnya lembut seperti pasta. Tambahkan dengan 1 hingga 2 sendok makan minyak zaitun setelah itu gunakan sebagai masker rambut. Diamkan selama sekitar 1 jam lalu bilas dengan sampo ringan.

7. Mengkonsumsi minyak zaitun secara langsung

Selain menerapkannya pada rambut mengkonsumsi minyak zaitun juga akan memberikan banyak manfaat yang tidak jauh berbeda. Minyak zaitun diperkaya akan nutrisi penting termasuk vitamin dan beberapa asam lemak sehat. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin, sangat membantu menutrisi rambut Anda dari dalam. Pastikan anda memilih minyak zaitun yang berkualitas tinggi karena beberapa minyak zaitun di pasaran ternyata banyak yang tidak layak untuk dikonsumsi.

Demikian tadi informasi mengenai manfaat minyak zaitun untuk rambut dan cara menggunakannya. Semoga informasi di atas bisa membantu anda mengatasi berbagai macam masalah pada rambut.