10 Cara mencegah kerusakan pada rambut dengan metode sederhana

cara mencegah kerusakan pada rambut
cara mencegah kerusakan pada rambut
image from livestrong.com

Cara mencegah kerusakan pada rambut dengan menerapkan beberapa metode sederhana, tetapi cukup baik untuk mengembalikan kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Ada banyak hal yang dapat merusak rambut Anda seperti angin, matahari, polusi dan penggunaan pemanas pada rambut. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan rambut mulai kehilangan kekuatannya, kering, mudah rontok, dan bercabang. Jika anda mengalami beberapa kerusakan rambut tersebut, ada baiknya untuk mengubah cara anda dalam merawatnya. Berikut tips mencegah kerusakan pada rambut yang perlu Anda ketahui:

 

Cara mencegah kerusakan pada rambut

1. Jangan terlalu sering menggunakan hair dryer

Menggunakan hair dryer secara berlebihan dapat menyebabkan rambut cepat kering dan mudah rusak. Untuk itu, sebaiknya kurangi penggunaan hair dryer pada rambut Anda. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan membiarkan rambut kering dengan sendirinya. Jika ingin menggunakan hairdryer, sebaiknya lakukan saat benar-benar butuh saja dan jangan terlalu sering.

2. Kurangi penggunaan shampo berbahan kimia

Melakukan keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat dalam rambut sehingga akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Hal ini diperparah jika anda menggunakan shampo berbahan kimia. Jadi salah satu cara mencegah kerusakan pada rambut adalah dengan menggunakan sampo berbahan alami yang memiliki efek negatif lebih ringan. Selain itu, sebaiknya kurangi frekuensi keramas tidak lebih dari 2 hari sekali. Kecuali jika aktivitas Anda memang mengharuskan untuk keramas lebih dari itu.

3. Lakukan perawatan menggunakan teh

Membilas rambut menggunakan teh dapat mengembalikan kilau alami dan memperbaiki kerusakan pada rambut. Teh mengandung tinggi antioksidan penting yang berguna melindungi rambut dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV dan juga radikal bebas. Caranya: seduh teh dengan cara seperti biasa kemudian biarkan hingga dingin. Gunakan untuk membilas rambut anda setelah keramas. Kemudian bilas lagi menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa teh yang masih menempel di rambut.

4. Perlakukan rambut yang basah secara hati-hati

Rambut yang basah lebih rentan mengalami kerusakan sehingga Anda harus memperlakukannya dengan hati-hati. Menggosok rambut yang basah terlalu kasar juga dapat meningkatkan resiko kerusakan pada rambut. Untuk itu, sebaiknya gunakan handuk yang benar-benar halus untuk menggososk rambut Anda. Selain itu gunakan sisir yang tidak terlalu rapat terutama jika rambut masih dalam keadaan basah untuk menghindari kerontokan.

5. Gunakan humidifier di kamar anda

Penggunaan AC secara berlebihan terkadang dapat menghilangkan kelembaban alami pada rambut. Sehingga membuatnya menjadi lebih mudah rusak dan kering. Untuk itu salah satu cara mencegah kerusakan pada rambut adalah dengan meletakkan humidifier di kamar anda. Humidifier dapat menjaga kelembaban udara di sekitar Anda sehingga mampu menghentikan kekeringan pada rambut.

6. Lakukan perawatan dengan minyak panas

Diantara cara mencegah kerusakan pada rambut yang tidak kalah penting adalah dengan menggunakan minyak panas sebagai bahan perawatan. Penggunaan minyak panas ini berguna merawat rambut Anda secara alami untuk mencegahnya dari kerusakan. Beberapa minyak yang sangat direkomendasi untuk bahan perawatan rambut diantaranya seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak almond.

Caranya mudah cukup panaskan salah satu dari ketiga minyak tersebut kemudian tunggu hingga hangat. Oleskan pada seluruh rambut dan kulit kepala kemudian tutupi dengan topi mandi. Diamkan selama setengah jam lalau bilas dengan air dingin sampai bersih. Penggunaan minyak panas ini akan membantu mengembalikan kesehatan rambut Anda secara alami.

Baca juga: 17 Cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami

7. Jangan terlalu sering mengikat rambut

Sesekali Anda harus membiarkan rambut terurai untuk membiarkannya lebih mudah bergerak. Terlalu sering mengikat rambut seperti kuncir kuda akan membuatnya tertarik, sehingga menyebabkan ketegangan pada folikel rambut. Hal ini pada gilirannya akan membuat rambut mudah rusak.

8. Jangan terlalu sering menggunakan air hangat pada rambut

Sesekali menggunakan air hangat pada rambut boleh-boleh saja. Akan tetapi jika terlalu sering akan menghilangkan kelembaban alami pada rambut. Jadi sebaiknya kurangi penggunaan air hangat. Sebagai gantinya sering lah membilas rambut menggunakan air dingin saat keramas.

9. Gunakan conditioner minimal sekali seminggu

Menggunakan conditioner dapat meningkatkan kelembaban dan juga tekstur alami rambut. Hal ini sangat penting sekali untuk mencegah kerusakan pada rambut. Selain itu, menggunakan bahan-bahan alami sebagai conditioner juga sangat direkomendasikan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Sebaiknya gunakan kondisioner yang cocok dengan rambut Anda. Selain conditioner, penggunaan shampo juga harus sesuai dengan karakteristik rambut agar membuatnya tidak mudah rusak.

10. Gunakan masker rambut secara berkala

Melakukan perawatan masker rambut seperti menggunakan buah-buahan atau minyak esensial sangat penting sekali. Dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut anda akan membantu mengembalikan keremajaan rambut, sekaligus menutrisi nya dari luar. Sehingga membuatnya tampak sehat dan cantik secara alami. Hal ini harus dilakukan secara rutin dan berkala minimal 2 minggu sekali. Beberapa bahan yang baik untuk digunakan sebagai masker rambut diantaranya seperti minyak zaitun, minyak kelapa, buah pepaya, kuning telur, lidah buaya dan yoghurt.

Nah demikian tadi cara mencegah kerusakan pada rambut yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan menerapkan tips di atas bisa berguna untuk mengembalikan kesehatan dan kecantikan rambut Anda.