10 Cara menghaluskan rambut secara alami dan cepat dengan bahan rumahan

Cara menghaluskan rambut secara alami
Cara menghaluskan rambut secara alami
image from flavourmag.co.uk

Cara menghaluskan rambut secara alami dan cepat menggunakan bahan-bahan rumahan yang aman dan juga memiliki tingkat keefektifan cukup baik. Memiliki rambut yang lembut dan halus adalah suatu hal yang banyak diperjuangkan oleh wanita di seluruh dunia. Meskipun demikian, kenyataannya tidak banyak wanita yang mampu mengusahakan untuk memiliki rambut yang halus dambaan mereka. Beberapa gaya hidup yang kurang sehat terutama perawatan rambut yang salah dapat membuatnya tampak kering dan mudah rapuh.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. Diantaranya adalah terlalu sering mencuci rambut, paparan sinar matahari berlebih, produk perawatan rambut berbahan kimia, dan penggunaan panas yang berlebihan.

 

Cara menghaluskan rambut secara alami

Untuk mengembalikan kesehatan rambut dan membuatnya tampak halus dan lembut secara alami, ada beberapa tips yang harus anda lakukan. Berikut cara menghaluskan rambut secara alami:

 

1. Masker rambut dari lidah buaya

Menggunakan bahan alami untuk merawat rambut Anda agar tampak lebih halus dan sehat secara alami sangatlah penting. Penggunaan bahan-bahan alami relatif lebih aman dan tentunya cukup efektif. Penggunaan lidah buaya akan menambah kilau rambut sekaligus membuatnya lebih kuat secara alami. Bahan utama dari masker rambut ini adalah lidah buaya.

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk rambut, salah satunya adalah memanjangkan rambut, melembabkannya, sekaligus membuatnya lebih hitam. Dengan adanya fakta ini maka tidak heran jika banyak produk perawatan rambut yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya.
Cara membuat masker lidah buaya untuk menghaluskan rambut Anda sangatlah mudah. Pertama haluskan 1 buah gel lidah buaya berukuran sedang menggunakan blender. Tambahkan sedikit susu ke dalamnya lalu aduk hingga merata. Gunakan sebagai masker rambut selama setidaknya 30 menit. Jika sudah selesai, Anda Bisa membilasnya sampai bersih.

 

2. Minyak zaitun dan alpukat

Minyak zaitun memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan rambut Anda. Diantaranya adalah membuat rambut tampak lebih halus dan sehat secara alami. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan beberapa lemak sehat yang berguna menguatkan sekaligus menjaga kelembaban rambut Anda. Cara menghaluskan rambut secara alami dengan lidah buaya tidaklah sulit. Sebagai bahan tambahan Anda membutuhkan 1 buah alpukat. Berikut langkah-langkah untuk menghaluskan rambut menggunakan minyak zaitun dan alpukat:

Pertama tuangkan 2 sendok makan minyak zaitun ke dalam mangkuk kemudian kalender 1 buah alpukat berukuran sedang. Campur kedua bahan tadi dengan cara mengaduknya sampai merata. Gunakan pada rambut selama 30 menit kemudian bilas rambut Anda dari akar sampai ke ujung hingga bersih.

 

3. Masker rambut dari mayones

Cara menghaluskan rambut secara alami yang tidak kalah efektif adalah menggunakan masker mayones. Mayones mengandung minyak dan telur emulsi, dimana keduanya sangat baik digunakan sebagai conditioner alami rambut. Penerapan mayones akan membuat rambut tampak lebih halus dan sehat serta berkilau. Pilihan terbaik adalah dengan membuat mayones sendiri sesuai dengan resep klasik.

Tetapi jika anda kesulitan untuk membuatnya, membeli mayones di t bisa toko bisa menjadi pilihan. Pastikan Anda memilih mayones organik dengan bahan-bahan alami untuk memberikan manfaat lebih. Bagaimana menggunakan mayones untuk menghaluskan rambut? berikut tipsnya untuk anda: Lapisi seluruh rambut Anda dengan mayones dari ujung hingga ke akar. Biarkan selama setengah jam sebelum akhirnya dibilas menggunakan air hangat.

 

4. Cuka sari apel

Cara menghaluskan rambut secara alami yang selanjutnya adalah memanfaatkan cuka sari apel. Ingin memiliki rambut yang halus dan terawat? sebaiknya jangan lupakan cuka sari apel. Cuka sari apel memang sangat terkenal terutama saat digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan. Selain berguna menghalsukan rambut secara alami, cuka sari apel juga bermanfaat melembabkan kulit kepala sehingga dapat mencegah ketombe dan gatal.

Untuk menggunakan cuka sari apel, berikut langkah-langkahnya: Pertama campur setengah cangkir cuka sari apel dengan satu cangkir air hangat. Masukkan ke dalam botol semprot lalu semprotkan pada rambut Anda. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin setidaknya 1 kali seminggu untuk mendapatkan hasilnya.

 

5. Masker pisang dan alpukat

Buah pisang mengandung vitamin B kompleks, mineral serta beberapa nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk kesehatan rambut Anda. Saat nutrisi tersebut diterapkan pada rambut, maka akan membuatnya lebih halus dan lembut secara alami. Cara menghaluskan rambut dengan pisang sangatlah mudah, berikut tipsnya:

Langkah pertama: hancurkan satu buah pisang berukuran sedang dengan menggunakan sendok. Di saat yang bersamaan, ambil satu buah alpukat yang sudah dihaluskan kemudian campur keduanya hingga menyatu dengan baik. Tambahkan dua sendok makan minyak gandum ke dalam campuran bahan tadi lalu pijatkan ke kulit kepala dan rambut Anda. Biarkan selama 30 menit sambil bersantai lalu bilas setelahnya.

 

6. Masker madu dan putih telur

Madu adalah anugerah Allah yang sangat menakjubkan. Produk lebah ini memiliki banyak kegunaan mulai dari kesehatan, kecantikan kulit, dan rambut. Madu memiliki sifat antibakteri, antiseptik dan pelembab alami yang kesemuanya sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan rambut. Pelembab alami yang dimiliki madu dapat membantu menghaluskan rambut serta membuatnya tampak lebih sehat dan berkilau.

Sedangkan telur adalah bahan yang murah, tetapi memiliki tingkat keefektifan yang sangat baik saat digunakan sebagai masker rambut. Untuk mengkombinasikan kedua bahan ini berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:
Pertama: siapkan satu mangkuk kaca kemudian tuangkan 2 sendok makan madu dan 1 butir putih telur yang sudah dihaluskan ke dalamnya. Aduk hingga menyatu dengan baik, lalu terapkan pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh. Biarkan masker tadi tetap di rambut Anda selama setengah jam kemudian bilas setelahnya.

 

7. Minyak kelapa

Salah satu cara menghaluskan rambut secara alami yang praktis dan mudah adalah dengan menerapkan minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk rambut sangat banyak sekali, di antaranya adalah mencegah ketombe, melembabkan kulit kepala, dan menghaluskannya secara alami.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghaluskan rambut: pertama siapkan 2 sendok makan minyak kelapa lalu panaskan dengan cara memasukkannya ke dalam microwave. Tunggu hingga sedikit hangat, lalu gunakan pada rambut dan kulit kepala anda. Pijat selama kurang lebih 3 menit lalu biarkan selama 10 menit. Langkah terakhir bilas rambut Anda hingga bersih menggunakan air dingin.

 

8. Minyak almond

Selain minyak kelapa dan minyak zaitun, minyak almond juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan perawatan rambut. Minyak almond memiliki segudang nutrisi termasuk vitamin E, yang sangat baik untuk menghaluskan rambut Anda. Cara menghaluskan rambut secara alami menggunakan minyak almond: pertama hangatkan minyak almond terlebih dahulu. Lalu balurkan ke seluruh rambut dan kulit kepala anda. Gunakan penutup rambut setelah itu biarkan selama 15 menit sambil bersantai. Setelah 15 menit, bilas menggunakan air dingin hingga tidak ada sisa minyak almond di rambut Anda.

 

9. Menggunakan conditioner alami

Penggunaan conditioner dapat membantu menghaluskan rambut secara alami. Conditioner juga berguna melembabkan kulit kepala dan rambut sehingga mencegah munculnya berbagai macam masalah rambut. Ada banyak conditioner di pasaran yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Diantara manfaat conditioner tersebut adalah membuat rambut tampak halus dan berkilau dengan cepat. Akan tetapi terkadang, conditioner semacam itu memiliki efek samping yang kurang baik untuk kesehatan rambut karena mengandung bahan kimia.

Sebagai gantinya Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk dibuat menjadi conditioner rambut. Bahan-bahan alami ini bukan hanya aman tetapi juga memiliki tingkat keefektifan yang sangat bagus. Bukan hanya membantu menghaluskan rambut Anda secara alami, tetapi juga mencegahnya dari kekeringan. Salah satu conditioner alami yang cukup baik adalah yoghurt. Cara menghaluskan rambut secara alami menggunakan yoghurt sangat praktis, karena anda tinggal menerapkan yoghurt ke seluruh rambut Anda, kemudian gunakan penutup kepala selama 10 menit. Setelah selesai Anda tinggal membilasnya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

10. Menggunakan minyak vitamin E

Minyak vitamin E terbukti sangat baik untuk menghaluskan rambut Anda dengan cepat. Minyak vitamin E bisa dibeli di toko jadi anda tidak perlu membuatnya sendiri di rumah. Penggunaan minyak vitamin E juga relatif lebih praktis karena anda hanya perlu mengoleskannya ke rambut kemudian tunggu beberapa menit. Seperti biasa, setelah selesai penggunaan bilas rambut Anda dengan air bersih.