Manfaat Makan Bawang Putih yang Wajib Diketahui. Check It!

manfaat makan bawang putih

manfaat makan bawang putih

Manfaat makan bawang putih – Bawang putih tidak cuma berfungsi sebagai bumbu dapur wajib yang tersedia di rumah, namun bawang putih juga dipercayai berfungsi untuk kebugaran tubuh Anda. Apalagi jika dikunyah mentah-mentah.

Sekedar info, bawang putih sudah digunakan sejak lama sebagai obat dan mempunyai dampak yang positif bagi kesehatan.

Bawang putih adalah jenis umbi-umbian yang mempunyai nama latin Allium sativum. Dalam satu buah bawang putih pada umumnya terdapat 1-10 siung. Satu siung bawang putih mentah (3 gram) mengandung:

  • 4,5 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 0,2 gram protein
  • 0,1 gram serat
  • 0,01 gram lemak
  • 0,03 gram gula alami
  • 5 miligram kalsium
  • 1 miligram magnesium
  • 11 miligram kalium
  • Mangan sebanyak 3% keperluan harian tubuh
  • Selenium sebanyak 1% keperluan harian tubuh
  • 0,9 miligram vitamin C atau setara bersama dengan 2% keperluan harian tubuh
  • 0,05 miligram zat besi atau setara bersama dengan 3% keperluan harian tubuh
  • Tembaga, fosfor, dan vitamin B1

Manfaat bawang putih untuk kebugaran juga berasal dari persentase senyawa sulfur aktif, seperti diallyl disulfide dan s-allyl cysteine. Saat bawang putih mentah dikunyah di dalam mulut, maka zat-zat yang nampak berasal dari bumbu dapur ini akan bereaksi membentuk persentase allicin.

Berikut ini berbagai macam manfaat kesehatan dengan makan bawang putih yang sudah dirangkum oleh caraprofesor.com yang wajib Anda ketahui:

1. Manfaat bawang putih sebagai penangkal pilek

manfaat makan bawang putih

Ingin menghindar hidung tersumbat akibat pilek? Anda dapat memasukkan bawang putih ke dalam masakan untuk menangkal pilek.

Salah satu fungsi bawang putih adalah menambah sistem imun tubuh. Sebuah riset menemukan bahwa persentase allicin di dalam bawang putih dapat mengurangi resiko terkena pilek dan mengakibatkan orang yang terjangkit pilek lebih cepat sembuh.

2. Manfaat bawang putih untuk meningkatkan performa olahraga

Bawang putih juga dapat menambah performa olahraga. Meskipun demikian, penelitian tentang dampak bawang putih terhadap performa fisik masih lebih banyak dijalankan terhadap tikus.

Terdapat studi menunjukkan bahwa sesudah memberikan minyak bawang putih sebanyak dua kali sehari sepanjang enam minggu, orang yang menderita penyakit jantung mengalami performa olahraga yang lebih baik.

Namun, penelitian-penelitian tentang bawang putih dan performa olahraga masih berkontradiksi dan butuh riset lebih lanjut.

3. Manfaat bawang putih sebagai antibiotik alami

manfaat makan bawang putih

Untuk melawan bakteri Campylobacter penyebab masalah pencernaan dapat diatas dengan kandungan diallyl sulfide di dalam bawang putih. Efeknya lebih 100 kali lipat lebih efisien daripada antibiotik umum yang sering digunakan.

Manfaat bawang putih yang dapat melawan bakteri khusus, membuatnya berpotensi untuk menjadi alternatif ‘antibiotik alami’.

4. Manfaat bawang putih untuk mengurangi resiko kanker paru

manfaat makan bawang putih

Orang yang mengonsumsi bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu mempunyai resiko terkena kanker paru yang lebih rendah sebesar 44 persen.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk meyakinkan fungsi bawang putih dalam menghindar kanker paru.

5. Manfaat bawang putih untuk meredakan keracunan logam berat

Selain persentase diallyl sulfide, persentase sulfur di dalam bawang putih dipercayai sanggup merawat organ tubuh dari kerusakan akibat keracunan logam berat, seperti timah.

Bawang putih ditemukan dapat mengurangi persentase timah di dalam darah sebesar 19% terhadap karyawan yang bekerja di pabrik yang memproduksi baterai untuk mobil.

Tidak cuma persentase timah, bawang putih juga dapat meringankan gejala keracunan, seperti sakit kepala dan sebagainya. Bahkan, mengonsumsi bawang putih sebanyak tiga kali sehari lebih ampuh di dalam meringankan gejala keracunan daripada obat D-penicillamine.

6. Manfaat bawang putih untuk mengurangi persentase kolesterol

Manfaat bawang putih yang lainnya adalah mengurangi persentase kolesterol jahat atau LDL. Pemberian suplemen bawang putih ditemukan dapat mengurangi persentase kolesterol LDL sebanyak 10-15 persen.

7. Manfaat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah

Bagi penderita hipertensi, fungsi bawang putih dalam menurunkan tekanan darah sudah sangat umum diketahui.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pada 600-1.500 miligram ekstrak bawang putih memberi tambahan dampak yang setara dalam menurunkan tekanan darah seperti obat Atenolol dalam jangka sekitar 24 minggu.

Bila doyan bawang putih mentah, maka Anda sanggup mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak empat siung per harinya untuk menurunkan tekanan darah.

8. Manfaat bawang putih untuk merawat jantung

Minyak bawang putih mengandung diallyl trisulfide yang bermanfaat untuk menopang merawat jantung sesudah serangan jantung dan seusai bedah jantung. Selain itu, juga mampu digunakan sebagai penanganan untuk gagal jantung.

Sebuah penelitian mengungkapkan, tikus yang terkena serangan jantung mengalami penurunan kerusakan jantung sebanyak 61% setelah diberikan zat dially sulfide,

9. Manfaat bawang putih untuk meningkatkan kebugaran tulang pada wanita

Pada tikus betina, pengeroposan tulang sanggup ditanggulangi dengan khasiat bawang putih untuk menambah persentase estrogen.

Oleh karenanya, bawang putih berpotensi tidak cuma menambah persentase estrogen tapi juga sanggup menghindar pengeroposan tulang terhadap wanita.

Akan tetapi, masih diperlukan riset lebih lanjut tentang fungsi bawang putih terhadap tulang.

10. Mencegah demensia dan Alzheimer dengan bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan juga menurunkan risiko terkena demensia dan Alzheimer.

Bawang putih bermanfaat mencegah demensia dan Alzheimer, dikarenakan kemampuannya dalam menghindari penurunan kognitif bersama dengan merawat sel saraf.

Namun, sama halnya dengan fungsi bawang putih terhadap kebugaran tulang, riset tentang fungsi bawang putih untuk menghindar demensia dan Alzheimer masih harus dipelajari lebih lanjut lagi.

11. Mengurangi risiko terkena osteoartritis pinggul dengan bawang putih

Riset menunjukkan bahwa wanita yang sering mengonsumsi sayuran jenis allium, seperti bawang putih, mempunyai resiko terkena osteoartritis pinggul yang lebih rendah.

Namun, untuk menjadikan bawang putih sebagai pengobatan alternatif untuk osteoartritis pinggul masih perlu diriset lebih lanjut.

12. Menurunkan risiko terjangkit kanker prostat

Resiko terkena kanker prostat juga dapat dicegah dengan bawang putih. Namun, penelitian tambahan masih diperlukan untuk membuktikan fungsi bawang putih terhadap penurunan resiko kanker prostat.

Manfaat bawang putih untuk kebugaran bisa didapatkan lewat bawang putih mentah maupun yang sudah dimasak. Anda bisa mengkombinasikan bawang putih ke dalam beragam masakan yang dikonsumsi, selamat mencoba!

Itulah berbagai manfaat makan bawang putih untuk kesehatan tubuh yang wajib diketahui. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?