Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Bolehkah ibu hamil makan mie instant? menjaga dan mengonsumsi makanan yang sehat sangat penting selama kehamilan terjadi. Oleh karena itu, berhati-hati untuk mengonsumsi makanan mie instant khususnya untuk ibu hamil, karena kandungan garam yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan,meskipun garam atau natrium memiliki tiga manfaat penting untuk tubuh. Seperti membantu fungsi saraf, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan untuk mempengaruhi aksi otot.

Akan tetapi, asupan garam yang berlebih dalam jangka panjang juga bisa menimbulkan resiko seperti sakit jantung, edema, stroke dan tekanan darah tinggi.

Jadi, bolehkah saat hamil makan mie instan? makanan siap saji seperti mie intsant termasuk dalam produk olahan yang diawetkan. Zat berbahaya lainnya yang terkandung dalam mie instan adalah monosodium glutamat, yang dapat membahayakan bayi jika dikonsumsi berlebihan.

Perhatikan uraian berikut ini:

Mengurangi atau membatasi asupan garam
Mie Instant

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Seorang ilmuwan gizi mengungkapkan bahwa wanita hamil masih perlu asupan garam dalam jumlah yang cukup untuk membantu menjaga kadar cairan dalam tubuh. Ibu hamil juga boleh untuk mengonsumsi garam, hanya saja dianjurkan untuk membatasi ataupun memilih makanan rendah garam.

Adapun Salah satu resiko saat hamil makan mie instan ialah, kandungan natrium yang cukup tinggi terutama yang terdapat pada bumbu kaldu instan. Sebenarnya, asupan garam yang disarankan per hari untuk orang dewasa berusia di bawah 50 tahun, tidak boleh lebih dari 2.300 miligram per harinya. Apabila mempunyai riwayat diabetes, penyakit ginjal kronis, tekanan darah tinggi, lebih baik asupan garam tidak lebih dari 1.500 gram per harinya.

Pentingnya asupan gizi lengkap
Mie instan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Faktanya mie instan memang terasa Enak, akan tetapi nyatanya, mie instan tidak mengandung mineral, vitamin, protein dan serat yang menyediakan untuk tubuh wanita hamil. Karena itu, ketika Anda makan mie instan, juga bissa mencoba untuk melengkapi nutrisi yang harus dipenuhi.

Misalnya, bahan-bahan tambahan seperti telur, wortel, ayam, sayuran, jamur, atau bahan-bahan alami yang kaya akan nutrisi bisa ditambahkan. Selain itu, untuk membatasi asupan garam berlebihan, gunakanlah bumbu hanya setengah takaran mie instan saja.

Selain itu membatasi asupan garam, wanita hamil harus membatasi asupan gula dan lemak yang cukup tinggi. Makan berbagai makanan yang diklasifikasikan sebagai buah-buahan dan sayuran, seperti; gandum, biji-bijian, daging tanpa lemak, ikan dan kacang-kacangan.  Lalu hindarilah dehidrasi dengan mencukupi asupan air mineral setiap harinya.

Tips Ketika kehamilan makan mie instan

  • Rebus mie dengan dua kali takaran air dari yang sudah dianjurkan, setelah itu angkat mie lalu buang air rebusannya
  • Masukan kembali mie instan yang telah diangkat kedalam air yang sudah dipanaskan agar rasa dari mie tersebut tidak menghilang.
  • Menggabungkan makanan pelengkap mie lainnya, seperti ikan, telur, sayuran, ayam dan tomat untuk melengkapi nutrisi di dalamnya. Selain itu akan membuat rasa mie menjadi lebih istimewa, tetapi juga berfungsi untuk menambah nilai gizi.
  • Tidak makan mie dalam wadah plastik karena wadah akan sangat berisiko untuk kesehatan.

Lantas Bolehkah ibu hamil makan mie instant?

Bahan Mie Instant yang berbahya untuk Ibu Hamil

Ada beberapa bahan yang ada dalam mie instan yang dapat menimbulkan risiko pada pertumbuhan Si Kecil di dalam kandungan. Beberapa di antaranya bahan yang berbahaya dikonsumsi untuk ibu hamil  adalah:

1. Maida
Maida adalah tepung halus yang tidak memiliki nilai gizi sama sekali karena kandungan gizi benar-benar hilang dalam proses pemurnian. Bahan ini juga sulit untuk dicerna dan tetap dalam sistem pencernaan untuk jangka waktu yang lama. Selain Maida juga rendah serat dan dapat menyebabkan sembelit pada ibu hamil.

2. Garam
Mie mengandung banyak garam dan dapat mempengaruhi kehamilan jika ibu sering makan. Dan terlalu banyak asupan natrium selama kehamilan dapat membuat tubuh ibu hamil rentan terhadap hipertensi dalam jangka panjang.

3. Pengawet
Mie instan memiliki pewarna buatan dan penyedap aditif bertujuan untuk mengawetkan penyimpanan mie,dan  dapat menghambat pertumbuhan bayi dalam rahim.

4. MSG
MSG dikenal sebagai bahan yang umum dalam banyak makanan, terutama makanan ringan gurih. Bahan ini akan meningkatkan rasa produk, oleh karena itu, digunakan dalam jumlah besar di mie.

5. Lemak Trans
Lemak trans ditemukan dalam jumlah besar dalam makanan olahan, jenis bahan dapat meningkatkan kadar kolesterol selama kehamilan. Oleh karena itu, yang terbaik adalah untuk menghindari mie dan makanan olahan selama kehamilan.

 

Selain itu saat hamil, sebaiknya anda mengurangi atau tidak mengonsumsi  mie instan terlebih dahulu. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan seimbang untuk diet kehamilan yang sehat. Mie instan boleh dikonsumsi sekali waktu dan dilarang lebih dari 3 kali dalam seminggu. Selain itu ibu juga masih membutuhkan asupan makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, daging, ikan dan susu.

Memberikan nutrisi terbaik untuk janin agar kelahiran ibu dapat berjalan lancar dan janin berada dalam keadaan sehat sempurna.