manfaat baking soda untuk wajah
image from Flickr.com

12 Manfaat baking soda untuk wajah dan efek sampingnya

Posted on
manfaat baking soda untuk wajah
image from Flickr.com

Manfaat baking soda untuk wajah dan efek samping yang ditimbulkannya. Sehingga membuat anda lebih bijak dalam menggunakan baking soda sebagai bahan perawatan kulit. Baking soda merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk perawatan kulit wajah. موقع رهان كرة القدم Baking soda cukup terkenal karena memiliki tingkat keefektifan yang sangat baik dalam mengatasi berbagai macam masalah kecantikan. Ada banyak alasan kenapa orang menggunakan baking soda, selain murah penggunaan baking soda juga relatif lebih aman dan tidak memiliki efek samping terlalu banyak, dibandingkan penggunaan bahan kimia lainnya.

Meskipun demikian, anda tetap tidak boleh menggunakan baking soda terlalu sering karena dikhawatirkan dapat menimbulkan iritasi terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. لعبة سلوتس Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan baking soda sebagai bahan perawatan wajah, berikut informasi seputar manfaat baking soda untuk wajah yang perlu Anda ketahui:

 

Daftar Isi

Manfaat baking soda untuk wajah Anda

1. Mengatasi sengatan sinar matahari

Salah satu manfaat baking soda untuk wajah adalah membantu mengatasi efek buruk dari sengatan sinar matahari. Sengatan sinar matahari dapat menyebabkan kemerahan dan hitam pada kulit yang ini bisa diatasi dengan menggunakan baking soda. Anak bisa menerapkan baking soda di kulit wajah dengan mencampurnya dengan air untuk membantu meringankan efek sengatan sinar matahari. بيتواي Sebaiknya Anda tidak menggunakan baking soda lebih dari satu kali dalam seminggu untuk mencegah iritasi dan masalah kulit kering yang ditimbulkan.

2. Merawat wajah yang berjerawat

Diantara kegunaan baking soda yang cukup terkenal adalah membantu menghilangkan jerawat di wajah. Penggunaan baking soda untuk masalah kulit yang satu ini memang sudah banyak dibuktikan. Bagi Anda yang memiliki jerawat tidak ada salahnya memanfaatkan baking soda untuk mengatasinya. Baking soda berguna mengempeskan jerawat secara alami dan tentunya aman.

3. Mengatasi wajah berminyak

Karena beberapa kandungan yang terdapat dalam baking soda, membuatnya sangat baik untuk merawat wajah berminyak. Wajah berminyak tentu sangat mengganggu karena dapat menyebabkan komedo dan jerawat. Untungnya baking soda bisa anda gunakan untuk mengatasinya. Penggunaan baking soda akan mengurangi produksi minyak berlebih di wajah Anda.

Baca juga  Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Wajah

Baca juga: 20 Cara mengatasi wajah berminyak secara alami dan efektif

4. Menghilangkan sel-sel kulit mati

Manfaat baking soda untuk wajah yang tidak kalah mengagumkan adalah kemampuannya dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Baking soda dapat bertindak sebagai exfoliator alami yang berguna mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Menggosokkan baking soda secara lembut akan sangat berguna dalam mengurangi penumpukan kulit mati yang dapat menyebabkan masalah pada wajah anda. Untuk melakukannya anda perlu mencampur baking soda dengan air. Setelah itu terapkan pada wajah, gunakan ujung jari untuk memijat secara lembut. Jika sudah selesai bilas dengan air dingin.

5. Memiliki efek antibakteri

Baking soda memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu mengatasi infeksi pada kulit wajah anda. Kemampuan baking soda ini sangat diperlukan untuk mencegah berbagai macam masalah kulit seperti jerawat. Dengan menerapkan baking soda maka pertumbuhan bakteri dapat dikendalikan.

6. Memiliki sifat anti-inflamasi

Baking soda memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan, nyeri, dan bengkak pada jerawat. Selain itu, karena sifatnya tersebut baking soda juga berguna mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Anda bisa menerapkan baking soda pada kulit yang terbakar sinar matahari untuk mengurangi rasa perih dan gatal.

7. Menghilangkan komedo di hidung

Manfaat baking soda untuk wajah yang selanjutnya adalah mampu mencegah dan menghilangkan komedo secara alami. Penggunaan baking soda dapat mengurangi produksi sebum di wajah yang dapat menyebabkan komedo. Produksi sebum yang berlebihan bukan hanya dapat menyebabkan jerawat, tetapi juga berpotensi memicu munculnya jerawat di wajah. Untuk itu sangat penting sekali bagi anda mengontrol produksi sebum tersebut.

8. Memutihkan wajah secara alami

Baking soda dapat bertindak sebagai exfoliator alami yang berguna menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menutupi kecerahan kulit wajah anda. Jadi dengan menggunakan baking soda, maka kulit wajah akan tampak bersinar dan putih secara alami. Kulit mati yang menumpuk terlalu banyak dapat menyebabkan kusam pada wajah sehingga membuat Anda tampak murung.

Baca juga  6 Cara menghilangkan jerawat dengan madu secara alami

9. Menghilangkan flek hitam di wajah

Baking soda merupakan bahan perawatan yang cukup luar biasa. Selain berguna menghilangkan jerawat, baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah flek hitam di wajah. Flek hitam tentu sangat mengganggu dan anda ingin segera menghilangkannya. Kemampuan baking soda dalam mengelupaskan kulit dan membuatnya tampak cerah secara alami berguna menyamarkan flek hitam di wajah anda.

10. Mengelupaskan sel-sel kulit mati

Sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan komedo dan jerawat. Untuk itu, Anda harus segera menghilangkannya agar tidak menimbulkan masalah. Untungnya, baking soda bisa anda manfaatkan sebagai exfoliator alami. Caranya cukup dengan menerapkan baking soda pada wajah anda. Setelah itu gosok dengan lembut untuk mengangkat sel kulit mati.

11. Menghaluskan kulit secara alami

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit halus dan cerah secara alami, tidak ada salahnya menggunakan baking soda. Manfaat baking soda untuk wajah yang satu ini patut anda perhitungkan. Penggunaan baking soda secara teratur dan tidak berlebihan sangat baik untuk membuat kulit wajah tampak cerah dan halus.

12. Mengatasi gigitan nyamuk

Salah satu obat alami yang dapat mengatasi gigitan nyamuk adalah baking soda. Ramuan ini cukup efektif untuk menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Caranya cukup dengan membalurkan baking soda yang dicampur air pada area kulit yang terkena gigitan nyamuk. Diamkan selama tidak lebih dari 5 menit kemudian anda bisa membilasnya dengan air.

 

Efek samping baking soda untuk wajah

Meskipun manfaat baking soda untuk wajah dan kecantikan kulit sangat memuaskan, akan tetapi berlebihan dalam menggunakannya ternyata bisa berdampak buruk untuk kulit. Apa saja efek negatif dari penggunaan baking soda secara berlebihan mari simak ulasannya berikut ini:

Baca juga  Bedak Marcks Yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang

1. Membuat kulit menjadi lebih kering

Penggunaan baking soda pada wajah secara berlebihan akan memicu kulit kering. Untuk itu, sebaiknya batasi penggunaan baking soda tidak lebih dari satu kali seminggu. Jika anda ingin menggunakan baking soda sebagai bahan perawatan sebaiknya campur dengan bahan-bahan lainnya yang lebih ramah. Hal ini berguna untuk mengurangi efek samping yang ditimbulkannya.

2. Merusak lapisan kulit wajah

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa di antara manfaat baking soda untuk wajah adalah membantu mengelupaskan sel kulit. Hal ini memang bisa dengan cepat memutihkan kulit wajah, akan tetapi jika dipakai secara berlebihan maka justru dapat merusak permukaan kulit anda. Prinsipnya masih sama yaitu gunakan dengan bijak dan tidak terlalu berlebihan.

3. Dapat membakar kulit

Usahakan saat Anda menggunakan baking soda tidak langsung berada di luar rumah. Hal ini dikarenakan penggunaan baking soda akan membuat kulit menjadi lebih sensitif saat terkena sinar matahari. Jika anda ingin berada di luar rumah yang mengharuskan kulit wajah terkena sinar matahari, pastikan anda menunggu setidaknya 2 jam setelah penerapan baking soda.

4. Dapat mengiritasi kulit

Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan baking soda untuk wajah. Karena bagi mereka yang memiliki kulit sensitif penggunaan baking soda dapat mengiritasi kulit wajah mereka. Wajah merupakan bagian tubuh yang memiliki kulit paling sensitif diantara bagian tubuh lainnya. Untuk mengetahui apakah kulit anda termasuk sensitif atau tidak, sebaiknya lakukan tespatch terlebih dahulu dengan menerapkan baking soda pada tangan. Tunggu selama 15 menit, jika tidak ada reaksi apapun pada kulit anda maka baking soda bisa diterapkan pada wajah.

Demikian tadi manfaat baking soda untuk wajah sekaligus informasi mengenai efek samping yang ditimbulkannya. Pastikan anda tidak berlebihan dalam menggunakan baking soda, agar tidak menimbulkan dampak negatif pada kulit wajah.