Layar Sentuh Xiaomi Tidak Berfungsi

layar sentuh xiaomi tidak berfungsi

layar sentuh xiaomi tidak berfungsi

Layar Sentuh Xiaomi Tidak Berfungsi – Touchscreen atau layar sentuh Xiaomi adalah bagian dari smartphone Xiaomi yang sangat berkaitan langsung dengan pengguna. Tidak heran apabila layar sentuh yang tidak berfungsi kerap menjadi keluhan para pengguna HP Xiaomi.

Perlu Anda ketahui, bahwa penyebab touchscreen tidak berfungsi ini kerap terjadi karena faktor kerusakan dari LCD HP Xiaomi itu sendiri ataupun software didalamnya.

Namun, selama kondisi tampilan layar HP Xiaomi tidak retak ataupun pecah, maka bisa jadi penyebab lainnya yaitu karena faktor penyimpanan memori internal terlalu penuh atau RAM HP Xiaomi terlalu kecil.

Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan sistem HP Xiaomi yang belum diupdate juga dapat menyebabkan layar sentuh lemot ketika disentuh.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai cara layar sentuh Xiaomi tidak berfungsi yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Cara Mengatasi Layar Sentuh Xiaomi Tidak Berfungsi

layar sentuh xiaomi tidak berfungsi

Sumber: https://phandroid.com

1. Restart HP Xiaomi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan jika touchscreen HP Xiaomi rusak dan tidak berfungsi optimal saat digunakan yaitu dengan merestart HP tersebut.

Untuk restart HP Xiaomi yang tidak merespon apabila layar LCD disentuh tersebut bisa Anda lakukan hanya dengan cara mematikan HP Xiaomi dan kemudian Anda hidupkan kembali.

Namun, jika Anda tidak menggunakan HP Xiaomi dengan jenis baterai tanam, maka sebaiknya Anda dapat melepas baterai HP terlebih dahulu sebelum menghidupkannya kembali.

Baca Juga: Keyboard Xiaomi Tidak Muncul

layar sentuh xiaomi tidak berfungsi

Sumber: https://tekno.kompas.com

2. Periksa RAM HP Xiaomi

Jika HP Xiaomi Anda tidak bergerak ketika disentuh (hang frezee), maka cobalah lihat penggunaan RAM pada HP Xiaomi Anda.

Sebab, terkadang penyebab layar sentuh HP Xiaomi rusak yaitu karena beban berlebih pada memori HP. Hal ini disebabkan banyaknya aplikasi ataupun game yang terinstall pada HP Xiaomi Anda.

layar sentuh xiaomi tidak berfungsi

Sumber: https://www.nextpit.com

3. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Langkah selanjutnya dalam mengatasi touchscreen tidak berfungsi pada HP Xiaomi yaitu dengan mengubah launcher. Bahkan, jika perlu hapus launcher yang menggunakan efek atau animasi dengan kapasitas berat di HP Anda.

Hal ini karena memori RAM akan tersita banyak jika launcher mempunyai beban yang berat pada sebuah HP Android. Contohnya, seperti memasang live wallpaper atau animasi bergerak pada layar HP Xiaomi.

Baca Juga: Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Sumber: https://www.gsmarena.com

4. Kalibrasi

Namun, apabila cara diatas masih belum bisa memperbaiki layar sentuh yang error, maka Anda perlu mencoba mengatur sensitif layar dengan cara kalibrasi touchscreen HP Xiaomi.

Dengan melakukan kalibrasi pada layar HP Xiaomi ini dipercaya dapat mengatur kembali sensitivitas dari touchscreen HP Xiaomi tersebut.

Untuk mengkalibrasi touchscreen HP Xiaomi, Anda dapat juga menggunakan bantuan aplikasi seperti multitouch tester.

Sumber: https://www.miuitutorial.com

5. Ganti Tempered Glass

Langkah terakhir, cobalah lepas pelindung layar yang terpasang di layar HP Xiaomi Anda. Tidak banyak pengguna yang menyadari bahwa pemakaian tempered glass dengan kualitas buruk akan mempengaruhi kinerja dari perangkat HP itu sendiri.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi layar sentuh Xiaomi tidak berfungsi yang dapat Anda coba. Semoga ulasan artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda.