50+ Lampu Hias Dari Barang Bekas Botol

Posted on

Pernahkah kamu membayangkan membuat kerajinan tangan sendiri dengan menggunakan bahan bekas? Ternyata, tak sulit lho membuat aneka kerajinan tangan dari bahan bekas yang ada di sekitarmu. Selain bisa menghemat pengeluaran untuk membeli dekorasi rumah, membuat kerajinan tangan dari bahan bekas juga bisa menjadi hobi yang mengasyikkan.

Kerajinan Hiasan Lampu dari Bahan Bekas

lampu hiasan dari botol bekas

Salah satu kerajinan tangan yang bisa kamu coba adalah membuat hiasan lampu dari bahan bekas seperti botol plastik. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memotong bagian bawah botol plastik seukuran centong makan, kemudian potong lagi beberapa bagian kecil di sekeliling potongan pertama untuk membentuk “kelopak” pada lampu hias ini.

Setelah itu, beri sedikit paku di bagian tengah potongan dan susun potongan-potongan tersebut dengan cara mengikatkan paku tadi secara kencang. Pasang lampu kecil di bagian dalam dan tutup dengan tutup botol plastik yang sudah diberi lubang di bagian atas. Voila! Hiasan lampu dari bahan bekas siap menghiasi ruanganmu.

Tempat Pensil dari Kaleng Bekas

tempat pensil dari kaleng bekas

Jangan buang-buang kaleng bekas dalam jumlah yang banyak, karena kaleng bekas juga bisa kamu manfaatkan sebagai bahan membuat kerajinan tangan. Salah satunya adalah dengan membuat tempat pensil dari kaleng bekas. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menggosok-gosokkan permukaan kaleng bekas dengan amplas hingga tidak terlalu bergelombang dan permukaannya halus.

Setelah itu, gunakan cat semprot untuk memberi warna pada kaleng bekas. Setelah kering, tambahkan ornamen seperti stiker atau decoupage untuk membuatnya semakin cantik. Tinggal taruh pensil, tipe-x, dan pulpenmu di dalamnya, dan tempat pensil dari kaleng bekas pun bisa kamu gunakan.

Baca juga  Sketsa Botol Minum

Tas dari Bungkus Makanan Ringan

tas dari bungkus makanan ringan

Selain untuk mengemas makanan ringan, bungkus makanan ringan yang bermotif menarik juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat tas unik. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memotong bungkus makanan ringan seukuran tas yang kamu inginkan, kemudian jahit bagian sampingnya dengan menggunakan benang dan jarum.

Setelah itu, buat pegangan tas dengan menggunakan pita yang kamu punya, lalu jahit ke bagian sisi kanan dan kiri tas. Kamu bisa membuat sebanyak dua atau tiga pegangan, sesuai dengan keinginanmu.

Rak Gantung dari Bahan Bekas

rak gantung dari bahan bekas

Apabila kamu memiliki banyak barang kecil seperti aksesori atau catatan, tak sulit untuk membuat rak gantung dari bahan bekas untuk menyimpan barang-barang tersebut. Misalnya, kamu bisa menggunakan bekas rak buku atau lemari kayu.

Anda cukup menambahkan beberapa gantungan dan beberapa tambahan seperti kain atau kertas, sehingga bisa digunakan sebagai rak kecil yang simpel. Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan bekas lain, seperti kantong plastik atau kain bekas, sebagai pengganti kertas atau kain sebagai bagian dari rak gantung.

Gantungan Kunci dari Tutup Botol Bekas

gantungan kunci dari tutup botol

Ini dia kerajinan tangan dari bahan bekas yang paling mudah dan cepat dibuat. Cukup siapkan beberapa tutup botol yang sudah tak terpakai, kemudian tambahkan gantungan seperti kawat atau pita di bagian atas tutup botol tersebut. Gantungan kunci dari tutup botol bekas pun siap digunakan.

Banyak cara kreatif lain yang bisa kamu gunakan untuk mengolah berbagai bahan bekas menjadi kerajinan tangan yang unik dan bermanfaat. Misalnya, kamu bisa membuat bunga hiasan dari kain bekas atau membuat kipas angin dari kertas bekas. Tak hanya ramah lingkungan dan berpotensi menghasilkan uang tambahan, membuat kerajinan tangan juga bisa menjadi acara seru bersama keluarga atau teman.

Baca juga  Menghias Botol Kaca

Find more articles about Bulls

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *