Kayu Berjamur

Posted on

Jamur merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada lantai kayu. Serangan jamur bisa menimbulkan kerusakan yang cukup serius jika tidak segera diatasi. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan jamur pada lantai kayu.

Seperti Apa Serangan Jamur pada Lantai Kayu?

Serangan Jamur pada lantai kayu

Serangan jamur pada lantai kayu biasanya terlihat seperti bercak kecil berwarna hitam atau cokelat. Bercak itu akan semakin besar dan menyebar ke seluruh permukaan lantai kayu jika tidak segera diatasi. Selain itu, serangan jamur juga bisa membuat lantai kayu terasa lembab dan berbau tidak sedap.

Apa Penyebab Serangan Jamur pada Lantai Kayu?

Serangan jamur pada lantai kayu biasanya disebabkan oleh kelembaban yang berlebihan. Kelembaban bisa berasal dari berbagai faktor seperti kelembaban udara yang tinggi, kebocoran pipa, atau air hujan yang masuk ke dalam rumah. Selain itu, serangan jamur juga bisa disebabkan oleh kurangnya sirkulasi udara di dalam ruangan.

Bagaimana Mengatasi Serangan Jamur pada Lantai Kayu?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan jamur pada lantai kayu, di antaranya:

1. Membersihkan Lantai Kayu

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan jamur pada lantai kayu adalah dengan membersihkan lantai kayu. Bersihkan lantai kayu dengan sapu atau vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran. Kemudian, lap lantai kayu dengan kain lembab yang telah dibasahi dengan air bersih. Pastikan kain lembab tersebut tidak terlalu basah agar lantai kayu tidak terlalu lembab.

Baca juga  Kalori Jamur Tiram

2. Mengeringkan Lantai Kayu yang Basah

Jika serangan jamur disebabkan oleh kebocoran pipa atau air hujan yang masuk ke dalam rumah, segeralah mengeringkan lantai kayu tersebut dengan menggunakan hair dryer atau kipas angin. Pastikan lantai kayu benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Selain itu, pastikan pipa yang bocor segera diperbaiki agar tidak mengeluarkan air lagi.

3. Mengurangi Kelembaban Udara

Jika serangan jamur disebabkan oleh kelembaban udara yang tinggi, maka bisa dilakukan beberapa cara untuk mengurangi kelembaban udara di dalam rumah, seperti:

  • Menggunakan air conditioner atau dehumidifier untuk menurunkan kelembaban udara di dalam rumah
  • Menggunakan exhaust fan di dapur atau kamar mandi untuk mengalirkan udara segar
  • Membuka jendela atau pintu ketika cuaca sedang cerah agar udara segar masuk ke dalam rumah

4. Menggunakan Antijamur

Jika serangan jamur sudah cukup parah, maka bisa digunakan antijamur untuk membunuh jamur tersebut. Namun, sebelum menggunakan antijamur, pastikan lantai kayu telah dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Penggunaan antijamur juga harus dilakukan dengan hati-hati dan mengikuti petunjuk yang ada pada kemasan.

Bagaimana Mencegah Serangan Jamur pada Lantai Kayu?

Untuk menghindari serangan jamur pada lantai kayu, bisa dilakukan beberapa hal berikut:

  • Menjaga kebersihan lantai kayu dengan membersihkan debu dan kotoran secara teratur
  • Mengeringkan lantai kayu yang basah segera setelah terkena air
  • Menjaga kelembaban udara di dalam rumah agar tidak terlalu tinggi
  • Menerapkan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, diharapkan serangan jamur pada lantai kayu bisa diatasi dan mencegah terjadinya serangan jamur di masa mendatang. Sekarang, lantai kayu Anda bisa kembali bersih, sehat, dan indah lagi!

Baca juga  Jamur Di Pohon

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *