Jamur Rhizopus

Posted on

Mucormycosis, atau yang lebih dikenal dengan sebutan black fungus, adalah infeksi jamur yang terjadi pada manusia. Penyakit ini sudah ada sejak lama, namun baru-baru ini semakin menjadi sorotan karena terjadi peningkatan kasus yang signifikan. Black fungus sedang menyebar secara cepat di kalangan pasien COVID-19 di India.

What is Mucormycosis?

Mucormycosis adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur dari kelompok Mucoromycetes. Jamur ini sering ditemukan di lingkungan sekitar, seperti tanah atau dedaunan yang membusuk. Infeksi disebabkan ketika spora jamur masuk ke dalam tubuh manusia melalui saluran napas atau luka terbuka pada kulit.

Mucormycosis bukan suatu penyakit menular, namun terjadi pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pasien COVID-19 yang sedang menjalani perawatan, terutama yang terikat atau pengobatan glukokortikoid, diketahui lebih rentan terhadap infeksi jamur ini. Penggunaan obat golongan glukokortikoid biasanya diberikan untuk meredakan gejala COVID-19, seperti batuk atau sesak napas.

Symptoms of Mucormycosis

Seperti penyakit infeksi lainnya, gejala Mucormycosis dapat bervariasi tergantung pada lokasi infeksi. Namun, beberapa gejala yang umum terjadi pada pasien Melasma adalah:

  • Pembengkakan atau nyeri di sekitar mata
  • Keluar darah atau lendir dari hidung
  • Kesulitan bernapas
  • Nyeri pada dada
  • Luka terbuka pada kulit yang tidak kunjung sembuh

Prevention of Mucormycosis

Cara terbaik untuk mencegah Mucormycosis adalah dengan menjaga daya tahan tubuh yang kuat. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain:

  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang
  • Rajin berolahraga
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar
  • Hindari merokok atau terpapar asap rokok
Baca juga  Struktur Jamur Tiram

Selain itu, bagi pasien COVID-19 yang sedang menjalani perawatan, terutama penggunaan glukokortikoid, perlu diwaspadai terhadap kemungkinan infeksi jamur. Bagi pasien yang mengalami gejala yang mencurigakan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Treatment for Mucormycosis

Pengobatan Mucormycosis bertujuan untuk menghentikan infeksi dan memperbaiki kondisi pasien. Pengobatan biasanya melibatkan pemberian obat antijamur intravena, seperti amfoterisin B atau posakonazol. Selain itu, seringkali juga dilakukan tindakan pembedahan untuk mengangkat jaringan yang terinfeksi.

Namun, perlu diingat bahwa pengobatan Mucormycosis membutuhkan penanganan medis yang serius dan intensif. Pasien yang terinfeksi jamur ini perlu mendapatkan penanganan dari dokter ahli atau tenaga medis yang berpengalaman dalam menangani kasus ini.

Conclusion

Mucormycosis adalah infeksi jamur yang sering terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, terutama pasien COVID-19 yang sedang menjalani perawatan, terutama dengan penggunaan glukokortikoid. Untuk mencegah Mucormycosis, perlu dilakukan upaya menjaga daya tahan tubuh yang kuat dengan makan sehat, berolahraga, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Bagi pasien yang mengalami gejala yang mencurigakan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Mucormycosis

Mucormycosis and COVID-19

Saat ini, black fungus menjadi sorotan di India karena infeksi jamur yang terjadi pada pasien COVID-19 semakin banyak terjadi. Bahkan, beberapa rumah sakit di India melaporkan keterbatasan pasokan obat antijamur dan keterbatasan tempat tidur untuk pasien dengan Mucormycosis. Hal ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah India untuk mempercepat penanganan kasus Mucormycosis.

Tidak hanya di India, black fungus juga dilaporkan terjadi pada pasien COVID-19 di beberapa negara lain, seperti Amerika Serikat dan Brasil. Oleh karena itu, perlu adanya sosialisasi dan peningkatan kesadaran terkait risiko infeksi jamur pada pasien COVID-19, terutama bagi tenaga medis dan keluarga pasien.

Baca juga  Animasi Jamur

Penutupan

Black fungus atau Mucormycosis menjadi sorotan di tengah pandemi COVID-19. Infeksi jamur yang terjadi pada pasien COVID-19 semakin banyak terjadi, terutama di India. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesadaran dan menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari black fungus atau Mucormycosis.

Mucormycosis

Simak artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *